sign up SIGN UP

Persiapkan Tabungan Pendidikan Anak, 4 Investasi Ini Bisa Jadi Pilihanmu Sekarang!

Zeyra Haya | Rabu, 06 Oct 2021 23:00 WIB
Persiapkan Tabungan Pendidikan Anak, 4 Investasi Ini Bisa Jadi Pilihanmu Sekarang!
Foto: Investasi untuk Tabungan Anak/Pexels.com/Julia M Cameron

Kesalahan fatal yang kerap dilakukan oleh orang tua adalah tidak mempersiapkan keuangan untuk pendidikan anaknya dengan baik. Banyak dari mereka berpikir bahwa menabung dan menghemat saja sudah cukup, nyatanya biaya pendidikan anak harus dipersiapkan secara matang agar tidak salah mengambil langkah.

Biaya pendidikan menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan dari jauh hari. Besarnya biaya pendidikan anak yang terus menerus mengalami kenaikan kini menuntut orang tua untuk menabung lebih. Investasi menjadi jalan yang paling baik bagi orang tua untuk mempersiapkan pemenuhan biaya pendidikan anak.

Investasi Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Tabungan Biaya Pendidikan Anak

Biaya pendidikan diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 10 sampai 12 persen per tahunnya. Tentu menabung saja tidak lagi cukup untuk bisa menjamin pemenuhan biaya pendidikan.

Lalu apa saja investasi jangka panjang yang tepat? Beauties, yuk simak tips investasi biaya pendidikan berikut ini!

1. Deposito

Deposito untuk investasi biaya pendidikan anak/Foto: pexels.com/Pixabay
(Deposito untuk investasi biaya pendidikan anak/Foto: pexels.com/Pixabay)

Deposito merupakan investasi yang mirip dengan tabungan namun memiliki bunga yang lebih tinggi sekitar 4-6 persen per tahun. Keunggulannya adalah deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu.

Penarikan deposito hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian. Deposito sangat tepat digunakan untuk mempersiapkan biaya pendidikan jangka pendek seperti biaya bimbingan belajar atau biaya tes akhir.

2. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sebagai investasi biaya pendidikan jangka panjang/Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich
(Asuransi pendidikan sebagai investasi biaya pendidikan jangka panjang/Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Asuransi pendidikan bisa menjadi pilihan investasi biaya pendidikan keluarga kamu. Asuransi adalah sebuah proteksi dana atas nama orang tua.

Jadi jika terjadi risiko pada orang tua, maka sang anak tetap mendapat biaya sesuai perjanjian yang disepakati tanpa harus membayar lagi. Sebelum mengambil asuransi, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan agen asuransi agar dapat disesuaikan dengan dana pendidikan yang dibutuhkan.  

3. Emas

Keuntungan berinvestasi emas untuk kebutuhan pendidikan/Foto: pexels.com/Michael Steinberg
(Keuntungan berinvestasi emas untuk kebutuhan pendidikan/Foto: pexels.com/Michael Steinberg)

Emas menjadi barang yang cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai investasi sebab harganya yang stabil. Emas dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang bagi persiapan dana pendidikan anak.

Keuntungan berinvestasi emas adalah nilai jualnya yang cenderung stabil bahkan kerap mengalami kenaikan dan juga emas tidak mudah diperjual-belikan sehingga lebih mudah disimpan. Saat ini, berinvestasi emas juga semakin mudah karena tersedianya program cicilan kepemilikan emas batangan dengan bunga.

4. Properti

Benarkah investasi properti adalah investasi paling efektif? ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Pixabay
(Benarkah investasi properti adalah investasi paling efektif? ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Pixabay)

Selain emas, properti juga menjadi barang yang cukup menjanjikan untuk investasi jangka panjang karena memiliki risiko kehilangan atau kerugian yang kecil. Hal ini dikarenakan nilai jual tanah yang tidak pernah turun bahkan berpotensi mengalami kenaikan.

Investasi properti bisa menjadi tips investasi biaya pendidikan anak yang efektif karena dapat sekaligus memenuhi kebutuhan pendidikan jangka pendek dan jangka panjang. Rumah yang kamu miliki sebagai investasi bisa disewakan sebagai tabungan biaya pendidikan anak saat ini. Lalu saat keperluan pendidikan sudah semakin besar, kamu bisa menjualnya.

Beauties, itulah beberapa tips investasi untuk pendidikan anak yang cukup efektif dilakukan. Tertarik untuk mencoba?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id