sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tanpa Gagdet, Ini Dia Cara Tepat Menenangkan Anak

Rumaysha Milhania | Selasa, 26 May 2020 14:00 WIB
Tanpa Gagdet, Ini Dia Cara Tepat Menenangkan Anak
caption
Ingin menenangkan si kecil yang sedang rewel dan sulit diatur? Eits, jangan asal memberikan gadget! Intip alternatif cara untuk menenangkan anak yang rewel selain dengan memberikan gadget berikut ini!

Saat anak sedang rewel dan sulit diatur, hindari membiasakannya untuk bermain gadget hanya untuk membuatnya diam dan tenang. American Academy of Pediatrics mengeluarkan panduan mengenai pendampingan anak bermain gadget dan menyatakan orangtua harus benar-benar cermat dalam memperatikan intensitas dan frekuensi anak bermain gadget. Jika dibiarkan, paparan gadget terlalu dini dapat berisiko tinggi menyebabkan kecanduan pada anak-anak. Nah, untuk menghindari hal itu, berikut ini adalah beberapa alternatif kegiatan menenangkan anak yang rewel selain gadget.

1. Berikan Perhatian

Ini memang akan sedikit menyulitkan, khususnya jika kamu harus sedang berada di luar rumah. Namun, sadari bahwa di masa tumbuh kembangnya, rewelnya anak-anak adalah bagian dari perkembangan yang tidak boleh diacuhkan. Usahakan untuk memberikannya perhatian yang cukup agar ia merasa dirinya benar-benar dihargai dan diprioritaskan.


Foto: https://www.healthline.com/


2. Berikan Pengalihan selain Gagdet

Bayangkan apa yang dilakukan orangtua kita pada kita saat kecil dulu. Sebelum ada gadget, orangtua di masa lalu bisa menenangkan dan membuat anak-anaknya diam tanpa harus mempertontonkan YouTube atau memberikannya akses pada game. Kamu bisa mengajaknya berkeliling sambil mengkomunikasikan bahwa menangis dan berteriak bukanlah cara yang baik untuk mengungkapkan perasaan. 
 



3. Ajak Anak Bermain Bersama

Banyak permainan yang bisa dilakukan untuk melatih tumbuh kembang anak. Cobalah untuk mengajak anak bermain balok, boneka, mobil, atau jika kamu bisa, ajaklah anak bermain rumah-rumahan bersama. Saat anak rewel karena bosan, yang ia butuhkan hanyalah permainan untuk mengalihkan fokus dan membuatnya sibuk.
 



Foto: Istimewa


4. Ajak Anak Bernyanyi

Saat anak rewel dan sulit diatur, gendonglah ia dan ajaklah ia untuk bernyanyi. Buatlah nyanyianmu lebih heboh dan menarik hingga fokusnya teralihkan. Selanjutnya, ajak ia bercanda dan buat ia lupa dengan apa yang membuatnya menjadi rewel dan tantrum. Langkah ini tidak hanya akan bisa membuat anak menjadi tenang, tetapi juga mendekatkan hubungan ibu dengan anak.
 



5. Biarkan Anak dengan Emosinya

Terakhir, jika ia memang sangat sulit untuk dikendalikan, mungkin ini saatnya untuk membiarkannya sejenak dengan emosinya hingga ia lelah dan diam dengan sendirinya. Hal ini akan lebih baik dibandingkan dengan memberikannya gadget atau menuruti langsung apa keinginannya. Selain itu, cara seperti ini juga dapat membuat anak sadar bahwa menangis dan mengamuk bukan cara yang tepat untuk meminta sesuatu karena itu tidak akan menghasilkan apa-apa. Jangan lupa untuk mengajaknya berkomunikasi setelah ia cukup tenang untuk mengajarkan bahwa ia tidak boleh mengulangi hal yang tidak baik.
 


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id