sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips Ajarkan Si Kecil Mengelola Angpau Lebaran untuk Latih Kesabaran dan Kedisiplinan

Dian Aprilia | Sabtu, 22 May 2021 20:00 WIB
Tips Ajarkan Si Kecil Mengelola Angpau Lebaran untuk Latih Kesabaran dan Kedisiplinan
Muslim/ freepik.com

Tidak heran jika ada yang menyebut Hari Raya Idul Fitri adalah lebarannya anak-anak. Pasalnya, momen lebaran jadi ajang bagi-bagi angpau orang dewasa yang sudah menikah pada anak-anak. Alhasil, anak-anak bersuka cita mendapatkan puluhan amplop yang berisi uang tersebut. Bahkan ada yang sudah berencana untuk membeli berbagai mainan, makanan, atau jalan-jalan dengan uang angpau tersebut.

Agar anak-anak tidak impulsif saat membelanjakan uang tersebut, sebaiknya orang tua perlu mengajarkan anak untuk mengelola angpau lebaran. Hal ini bisa melatih kesabaran anak untuk menahan diri dari sikap boros atau membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Berikut beautynesia.id telah merangkum tips mengajarkan si kecil mengelola angpau lebaran untuk latih kesabaran dan disiplin:

Menyisihkan untuk Donasi

Donasi
Donasi/pexels.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengajarkan anak untuk menyisihkan sebagian dananya untuk donasi. Kamu bisa membuat kisaran 5-15% dari keseluruhan angpau yang diterima anak. Beri pengertian kepada anak, bahwa ada hak orang lain dalam setiap rezeki. Jadi perlu untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan.

Beri juga gambaran manfaat sedekah untuk anak-anak. Mulai dari mendapatkan pahala dan kasih sayang Allah SWT, kebahagiaan karena melihat orang lain senang, dan lainnya. Beri pemahaman tersebut secara perlahan dan jangan sampai memaksa anak. Sebab hal itu justru akan membuat mereka memiliki pandangan negatif terhadap sedekah.

Menabung Angpau Lebaran

Menabung
Menabung/pexels.com

Langkah selanjutnya adalah mengajarkan anak untuk menabung angpau lebaran. Jika anak-anak sudah menginjak usia remaja, kamu juga bisa ajarkan anak untuk berinvestasi. Jadi anak-anak memiliki kecerdasan mengelola finansial sejak dini. Nominal untuk menabung atau investasi bisa sekitar 40-50%.

Kamu bisa memberikan motivasi kepada anak-anak untuk membeli barang yang memang diidamkannya sejak lama. Dengan begitu, anak akan semangat untuk menabung dan sabar menunggu hingga uang cukup. Selain itu, orang tua tidak boleh menggunakan uang tabungan anak demi menjaga kepercayaannya.

Membeli Barang yang Diinginkan

Mainan anak-anak
Mainan anak-anak/pexels.com

Selanjutnya, jangan lupakan kebahagiaan anak dengan memperbolehkannya membeli barang yang diinginkan. Jadi tidak semua dana yang dimiliki untuk ditabung dan disedekahkan, melainkan juga membeli barang yang diinginkan atau memenuhi keinginan anak untuk jalan-jalan. Nominal yang bisa kamu sisihkan untuk membeli barang yang diinginkan adalah 40-50%.

Arahkan anak untuk membeli barang yang sesuai dengan angpau lebaran. Jika harga barang terlalu mahal, jangan beri uang tambahan untuk anak. Kamu bisa memintanya untuk membeli barang yang lebih murah atau menunggu sampai uang tabungan cukup. Dengan begitu anak belajar untuk sabar dan disiplin untuk menabung.

Bersyukur atas Uang yang Dimiliki

Bersyukur
Bersyukur/pexels.com

Selain itu, ajarkan anak untuk bersyukur atas uang yang dimiliki. Ingatkan anak bahwa semua yang dimiliki itu adalah pemberian Allah SWT. Sehingga perlu berterimakasih kepada pemberinya. Tidak hanya kepada Allah SWT, anak juga perlu memiliki adab yang bagus saat menerima angpau lebaran dengan berterimakasih pada orang yang memberikannya.

Melatih Wirausaha Sejak Dini

Melatih wirausaha
Melatih wirausaha/pexels.com

Terakhir, kamu bisa melatih wirausaha kepada anak sejak dini. Hal ini bisa jadi tantangan kepada anak jika uang angpau lebaran tidak cukup membeli barang yang diinginkan. Jadi kamu bisa memintanya untuk membeli barang dan dijual kembali dengan harga lebih mahal. Dengan begitu anak akan mendapatkan keuntungan guna mencukupi budget untuk membeli barang yang diinginkan.

Itulah 5 tips ajarkan si kecil kelola angpau lebaran untuk melatih kesabaran dan kedisiplinan. Orang tua juga perlu bersabar dalam melatih anak hingga anak memiliki karakter yang diinginkan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id