sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jarang Berhubungan Intim dengan Suami? Begini 5 Dampak Buruk dari Sexless Marriage

Lifia Mawaddah Putri | Senin, 12 Jul 2021 23:30 WIB
Jarang Berhubungan Intim dengan Suami? Begini 5 Dampak Buruk dari Sexless Marriage
Masalah pernikahan/Foto: freepik/gpointstudio

Hubungan intim antara suami dan istri merupakan salah satu prioritas utama. Hal ini dikarenakan hubungan intim akan saling menerima satu sama lain, baik secara fisik maupun psikologis. Namun sayangnya terkadang padatnya aktivitas membuat hal ini jadi jarang dilakukan. Padahal, jarang melakukan hubungan seks dapat menimbulkan dampak negatif lho. Simak 5 dampak buruknya berikut ini!

Meningkatkan Stres

Dampak utama jika kamu dan suami jarang berhubungan intim adalah dapat meningkatkan stres.
Masalah seksual pernikahan/Foto; freepik/gpointstudio

Dampak utama jika kamu dan suami jarang berhubungan intim adalah dapat meningkatkan stres. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Family Psychology pada tahun 2010, dilaporkan bahwa tingkat stres berbanding terbalik dengan aktivitas seksual. Walaupun banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres, umumnya aktivitas seksual yang meningkat pasti mengubah tingkat stres secara signifikan.

Otot dan Syaraf Vagina Mengendur

Bagi kaum perempuan, jarang berhubungan seks juga dapat mengakibatkan vagina menjadi kering dan kurang elastis. Hal ini dapat terjadi karena perubahan hormon. Hubungan intim yang tetap terjaga dengan pasangan hingga usia senja akan merangsang aliran darah ke vagina. Selain itu, hal ini juga dapat mempertahankan otot-otot vagina agar tetap kencang untuk berfungsi optimal.

Disfungsi Ereksi

Bukan hanya bagi kaum perempuan saja. Jarang berhubungan intim juga dapat memberikan efek negatif bagi pria.
masalah seksual pernikahan/Foto: freepik/wayhomestudio

Bukan hanya bagi kaum perempuan saja, jarang berhubungan intim juga dapat memberikan efek negatif bagi pria. Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Medicine pada tahun 2008 menunjukkan bahwa pria yang berhubungan seksual minimal 1 kali seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria yang tidak melakukannya.

Imunitas Tubuh Menurun

Jarang berhubungan intim juga dapat menurunkan imunitas tubuh lho, Beauties! Faktanya, sentuhan, gairah, dan orgasme dapat memberikan rasa nyaman dan mengatur hormon agar tubuh tetap sehat. Ketika kamu dan suami jarang berhubungan intim, maka hal ini berpotensi membuatmu lebih rentan terhadap flu dan virus berbahaya.

Hormon Endorfin Menurun

Selain imunitas tubuh, kadar endorfin juga akan menurun jika pasangan suami istri jarang berhubungan intim.
Masalah pernikahan/Foto: freepik/maksymiv_yura

Selain imunitas tubuh, kadar endorfin juga akan menurun jika pasangan suami istri jarang berhubungan intim. Hal ini disebabkan karena gairah seksual dan orgasme dapat melepaskan hormon endorfin dan oksitosin di dalam tubuh. Hormon-hormon inilah yang dikenal dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan mood.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id