sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Faktor yang Dapat Mengakibatkan Penuaan Dini

Penny Fatikasari | Selasa, 28 Jul 2020 15:30 WIB
4 Faktor yang Dapat Mengakibatkan Penuaan Dini
caption
Jakarta -

Memiliki kulit yang glowing dan sehat pasti menjadi dambaan setiap wanita, namun faktanya tidak semua wanita memilki kulit yang diidam-idamkan tersebut, terdapat beragam faktor yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini di usia wanita yang cukup terbilang muda. Nggak jarang kamu dpanggil tante padahal usia mu masih kepala dua, lho! Duh, sayang sekali bukan, maka dari tahu ketahui  4 faktor ini ternyata bisa mengakibatkan penuaan dini. Simak artikel ini, yuk!

Gaya Hidup Tidak Sehat

gaya hidup tidak sehat
Gaya Hidup Tidak Sehat/Freepik.com

Salah satu yang menjadi faktor akibat penuaan dini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Semakin bertambah usia kamu nggak boleh tenang-tenang saja karena level antioksidan pada tubuh semakin berkurang. Selain dari luar tubuh juga harus dirawat dari dalam, jika kamu sering mengonsumsi makanan cepat saji serta makanan yang terlalu banyak mengandung bahan pengawet, perasa, dan pewarna sebaiknya harus dikurangi dari sekarang. Selain itu sering mengonsumsi alkohol pun bisa mengakibatkan penuaan dini, lho. Akibatnya kulit cepat keriput dan kendur. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur yang baik untuk menutrisi kulit serta kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh.


Sering Begadang

sering begadang
Sering Begadang/Freepik.com

Kamu sering banget begadang? Hati-hati Ladies, sering begadang juga bisa mengakibatkan munculnya mata panda, bahkan kulitmu akan mudah mengerut, lho! Selain kurangnya waktu istirahat yang cukup, collagen dalam tubuhmu lama kelamaan bisa menjadi rusak. Yuk, kurangi tidur larut malam agar kondisi tubuhmu bisa fit keesokan harinya.

Kurangnya Perlindungan Terhadap Kulit

kurangnya perlindungan kulit
Kurangnya Perlindungan Terhadap Kulit/Freepik.com

Kamu si aktif yang suka beraktivitas di luar ruangan? Nah, kamu juga perlu memberikan perhatian lebih terhadap kulitmu. Pasalnya, semakin banyaknya aktivitas sehingga kamu lupa akan kesehatan kulit. Maka dari itu, kamu juga kudu  rajin menggunakan sunblock ketika beraktivitas di luar ruangan. Jika perlu kamu juga bisa menggunakan masker untuk perlindungan kulit agar terhindar dari polusi dan debu kotor yang bisa mengakibatkan kulitmu menjadi menua perlahan.

Bakteri Baik dalam Kulit Tidak Seimbang

bakteri tidak seimbang
Bakteri Baik Tidak Seimbang/Freepik.com

Wanita emang nggak bisa terlepas dari yang namanya skincare, tahukah kamu penggunaan produk skincare yang berlebihan juga bisa mengikis bakteri baik pada tubuhmu, lho! Bakteri microbiome juga berperan untuk menjaga kondisi kulit agar lebih seimbang, tidak mudah kering serta mencegah terjadinya iritasi kulit. Nggak hanya itu stres dan diet ketat juga bisa mengurangi keseimbangan bakteri baik yang ada pada tubuhmu, lho!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id