sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Kiat Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Jangan Sampai Salah!

Rani Mutiara | Minggu, 18 Jul 2021 15:15 WIB
4 Kiat Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Jangan Sampai Salah!
caption

Kamu yang memiliki jenis kulit berminyak pasti sering merasa kesulitan saat mencari sunscreen yang sesuai dan nyaman. Terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat.

Oleh karena itu, beberapa tips berikut akan membantumu dalam menemukan sunscreen yang tepat untuk jenis kulit berminyak dan juga mudah berjerawat. Simak selengkapnya di sini ya, Beauties!

Memiliki Kandungan yang Bisa Mengontrol Sebum Wajah

Kulit Berjerawat | Foto : freepik.com/user18526052
Kulit Berjerawat | Foto : freepik.com/user18526052

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang memiliki jenis kulit berminyak yaitu karena adanya produksi sebum berlebihan di wajah mereka. Oleh karena itu, jika kamu mencari sunscreen yang nyaman untuk kulit berminyak, carilah sunscreen dengan kandungan yang mampu mengendalikan produksi sebum atau minyak wajah di kulitmu. Misalnya seperti kandungan Niacinamide yang mampu mencegah kelenjar sebasea untuk tidak menghasilkan minyak berlebihan.

Memiliki Formula Water-Based atau Bebas Minyak

Gel Sunscreen | Foto : instagram.com/id.biore
Gel Sunscreen | Foto : instagram.com/id.biore

Menggunakan sunscreen dengan kandungan oil-based tentu saja akan terasa berat dan lengket di jenis kulit berminyak. Maka kamu perlu memilih sunscreen dengan formula berbasis air yang biasanya bisa ditemukan di gel sunscreen. Selain terasa lebih ringan, gel sunscreen juga umumnya memiliki manfaat menenangkan kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

Memilih Sunscreen dengan Label Non-Comedogenic

Memilih Sunscreen yang Tepat | Foto : freepik.com/wayhomestudio
Memilih Sunscreen yang Tepat | Foto : freepik.com/wayhomestudio

Sama halnya dengan poin di sebelumnya, memilih sunscreen dengan label non-comedogenic juga merupakan ciri-ciri sunscreen dengan kandungan bebas minyak. Label non-comedogenic ini bisa mempermudahmu dalam mencari oil-free sunscreen, terutama jika kamu belum sempat mencari tau tentang sunscreen itu terlebih dahulu. Sunscreen dengan kandungan non-comedogenic ini sangat disarankan untuk kulit berminyak, berjerawat dan kombinasi karena tidak akan menyumbat pori-pori yang bisa beresiko menimbulkan jerawat dan komedo.

Memilih Sunscreen dengan Finish Satin to Matte

Menggunakan Sunscreen | Foto : freepik.com/gpointstudio
Menggunakan Sunscreen | Foto : freepik.com/gpointstudio

Tips terakhir yang bisa kamu ikuti yaitu memilih sunscreen dengan hasil akhir satin to matte ataupun matte. Hal ini karena wajah berminyak cenderung memiliki tampilan kulit yang kelihatan licin dan kilat karena produksi minyak wajah tadi.

Sunscreen dengan hasil matte tentu saja akan mengurangi kilat pada wajahmu dan umumnya juga memiliki kemampuan dalam menahan minyak pada wajah. Untuk mengetahui suatu suncreen memiliki tampilan akhir seperti apa, kamu bisa terlebih dahulu membaca review sunscreen tersebut di internet supaya tidak sampai salah membeli.

Beauties, itu dia tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Jangan sampai salah memilih lagi ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id