sign up SIGN UP

SKINCARE

Mencegah Penuaan Dini Sejak Muda, Perhatikan Pilihan Produk Skincare!

Dian Aprilia | Minggu, 18 Jul 2021 10:30 WIB
Mencegah Penuaan Dini Sejak Muda, Perhatikan Pilihan Produk Skincare!
caption

Sebenarnya penuaan pada kulit adalah hal normal dan wajar yang akan dialami setiap orang seiring berjalannya usia. Namun ada kalanya penuaan menjadi masalah yang cukup mengganggu saat dialami ketika masih berusia muda. Penuaan dini dipengaruhi oleh berbagai penyebab, seperti pola hidup tidak sehat dan juga paparan polusi dan radikal bebas.

Tanda-tanda penuaan dini ditunjukkan dengan adanya garis halus di sekitar mata, bibir, noda-noda hitam di area pipi, kulit mengendur dan juga kulit kusam. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara mencegah penuaan dini di usia muda.

Gunakan Sunscreen Baik di Luar atau Dalam Rumah

Cara mencegah penuaan dini
Cara mencegah penuaan dini/pexels.com/Karolina Grabowska

Sunscreen adalah salah satu tameng untuk mencegah penuaan dini sejak usia muda. Sebab sunscreen termasuk investasi skincare antiaging yang cukup menjanjikan di masa depan. Penggunaan sunscreen secara rutin bisa menghambat penuaan kulit yang terjadi karena paparan sinar matahari.

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan sunscreen ialah menggunakan sunscreen yang bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB. Jangan lupa untuk gunakan setiap pagi dan sore hari baik di dalam ruangan atau pun di luar ruangan. Sebab sinar UV bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela, pintu dan ventilasi udara.

Pastikan Kulit Tidak Kering atau Dehidrasi

Cara mengatasi penuaan dini
Cara mengatasi penuaan dini/pexels.com/Ricardo Garcia

Pencegahan penuaan dini selanjutnya adalah dengan penggunaan pelembap secara rutin. Hal ini guna mencegah agar kulit tidak kering dan dehidrasi. Sebab kulit kering bisa menyebabkan elastisitas kulit jadi berkurang dan memicu munculnya garis-garis halus.  

Cara menghilangkan kerutan di wajah tak melulu harus dengan produk yang mahal. Kamu bisa menggunakan pelembap yang ramah di kantong asalkan mengandung zat humektan dan emollient. Contohnya adalah hyaluronic acid, glycerin ceramide, aloe vera, dan lainnya.

Eksfoliasi dengan Kandungan AHA

Cara mencegah penuaan dini
Cara mencegah penuaan dini/pexels.com/Gustavo Fring

Salah satu rutinitas perawatan kulit yang perlu kamu mulai sejak muda adalah eksfoliasi. Utamanya bagi kamu yang sudah memasuki usia 20 tahun. Eksfoliasi merupakan salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah, sebab bisa mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pembentuk kulit baru.

Produk eksfoliasi yang berperan sebagai antiaging adalah yang mengandung AHA. AHA berperan untuk meningkatkan produksi kolagen dan membuat wajah terlihat awet muda. Lakukan eksfoliasi secara rutin 1-2 kali dalam seminggu.  

Pilih Skincare dengan Kandungan Antioksidan

Cara mencegah penuaan dini
Cara mencegah penuaan dini/pexels.com/Polina Kovaleva

Terakhir, pilih produk skincare yang mengandung bahan antiaging dan antioksidan. Produk ini akan memaksimalkan perlindungan kulit dari segala jenis radikal bebas. Sifat antioksidan biasanya terkandung dalam berbagai jenis vitamin dan mineral. Contohnya adalah vitamin C, green tea, niacinamide dan lainnya. Usahakan memakainya saat rutinitas skincare pagi hari.

Itulah 4 tips mencegah penuaan dini sejak muda dengan memperhatikan pilihan produk skincare. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id