sign up SIGN UP

Penyebab Maskne, Jerawat yang Muncul karena Masker dan Cara Mengatasinya

Dian Aprilia | Minggu, 11 Jul 2021 22:00 WIB
Penyebab Maskne, Jerawat yang Muncul karena Masker dan Cara Mengatasinya
caption

Maskne merupakan singkatan dari Mask-Acne, yang berarti jerawat yang timbul karena pemakaian masker. Maskne tergolong sebagai Acne Mechanica atau jerawat yang disebabkan oleh gesekan kulit dengan kain atau benda lain yang digunakan dalam waktu lama. Biasanya maskne terletak di area hidung, dagu, pipi dan juga mulut.

Kondisi maskne akan semakin parah jika seseorang memiliki kulit sensitif dan kulit berminyak. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat maskne agar wajah tetap flawless meski pakai masker seharian. Sebelum memahami cara mengatasi jerawat maskne sebaiknya pahami dulu penyebab munculnya jerawat maskne.

Penyebab Jerawat Maskne 

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat/pexels.com/Ivan Samkov

Gesekan Masker

Penyebab yang perlu diketahui sebelum menerapkan cara menghilangkan jerawat ialah gesekan masker. Gesekan antara kulit dengan masker bisa membuat kulit jadi stres. Dampak selanjutnya adalah kulit menjadi lecet dan iritasi.

Udara yang Lembap

Penyebab jerawat maskne yang perlu diketahui sebelum melakukan cara menghilangkan jerawat adalah udara yang lembap. Akibatnya keringat bisa memperparah iritasi yang terjadi dan membuat bakteri tumbuh dengan mudah dan membentuk jerawat.

Debu, Kotoran dan Sisa Makeup

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat/pexels.com/freestocks.org

Sebelum menerapkan cara mengatasi jerawat, kamu juga perlu tahu bahwa debu, kotoran dan sisa make up juga bisa memicu jerawat maskne. Selama memakai masker, maka ada potensi pori-pori tersumbat dengan debu, kotoran dan sisa makeup.

Alergi

Terakhir, alergi juga bisa menyebabkan jerawat maskne. Biasanya dikarenakan adanya bahan kimia atau tekstur yang kasar sehingga menyakiti kulit dan menimbulkan jerawat maskne.

Cara Menghilangkan Jerawat Maskne

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat/pexels.com/Anna Shvets

Berikut beautynesia.id telah merangkum cara mengatasi jerawat maskne:

Pakai Masker yang Lembut

Cara mengempeskan jerawat maskne yang pertama adalah dengan memilih bahan masker yang lembut. Pilih masker dengan bahan katun, atau amannya adalah masker medis yang sudah terjamin kualitasnya.

Ganti Masker Secara Berkala

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat/pexels.com/Engin Akyurt

Cara mengempeskan jerawat maskne yang selanjutnya adalah mengganti masker secara berkala. Para dokter dan ahli menyarankan agar mengganti masker setiap 4 jam sekali atau saat bagian dalam masker sudah terasa basah dan tak nyaman.  

Tidak Mengenakan Makeup

Cara mengempeskan jerawat maskne selanjutnya adalah tidak mengenakan makeup. Sebab penggunaan makeup bisa memicu munculnya jerawat. Jika ingin memakai makeup setidaknya pilih yang ringan di wajah, seperti bedak tabur, bb cream atau tone up cream.

Gunakan Basic Skincare Secara Rutin

Terakhir, kamu wajib memperhatikan basic skincare rutin guna mencegah timbulnya jerawat. Mulai dari pemakaian cleanse, toner, serum, pelembap, sunscreen, cleanser dan lainnya.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id