sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Mitos Tentang Pori-pori Wajah yang Gak Perlu Lagi Dipercaya

Hijria Khatimi | Rabu, 07 Apr 2021 13:00 WIB
4 Mitos Tentang Pori-pori Wajah yang Gak Perlu Lagi Dipercaya
Foto: Kulit dan Pori Wajah Sehat/Freepik.com

Dalam merawat kulit wajah, pori-pori menjadi salah satu aspek yang diperhatikan oleh banyak wanita. Hal ini karena pori-pori wajah yang tidak terawat akan menimbulkan berbagai masalah dam membuat tampilan wajah kurang maksimal. Sehingga, mungkin banyak dari kamu yang rajin mencari berbagai informasi mengenai pori-pori wajah.

Namun, hati-hati ya, Ladies. Karena bisa jadi tidak semua informasi yang kamu dapatkan mengenai pori-pori wajah adalah fakta. Dilansir dari Insider, berikut ini 4 anggapan tentang pori-pori wajah yang ternyata cuma mitos.

1. Pori-Pori Wajah Dapat Membuka dan Menutup

Kulit Wajah Sehat
Kulit Wajah Sehat/freepik.com

Pori-pori tidak dapat melakukan gerakan membuka atau menutup. Hal ini karena pori-pori adalah lubang-lubang kecil pada permukaan kulit yang berisi kelenjar minyak dan folikel rambut. Karena itu menggunakan masker tertentu, menguapi wajah, ataupun berolahraga, tidak dapat membuat pori-pori menjadi terbuka.

Meski begitu, pori-pori wajah bisa meregang. Jika terdapat kotoran dan minyak yang menumpuk, maka pori-pori akan meregang dan terlihat seakan menjadi lebih besar.

2. Alat Penyedot dan Alat Scrubbing Membersihkan Pori-pori Wajah Secara Sempurna

Scrub Wajah
Scrub Wajah/freepik.com

Kamu mungkin pernah melihat di toko-toko kecantikan dijual alat-alat pembersih pori seperti alat penyedot komedo, sikat wajah, hingga alat scrub wajah. Alat-alat tersebut memang dapat mengurangi minyak berlebih dan serpihan kotoran, namun belum terbukti akan membersihkan pori dengan maksimal. Alat-alat tersebut malah berpotensi menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Dibandingkan alat pembersih pori, lebih baik menggunakan chemical exfoliator atau eksfoliator kimia seperti AHA dan BHA. Chemical exfoliator dapat membantu mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati tanpa perlu menimbulkan gesekan kasar pada kulit.

3. Mencuci Wajah Lebih dari 2 Kali Sehari Dapat Mencegah Pori Tersumbat

Membersihkan Wajah
Membersihkan Wajah/freepik.com

Pori yang tersumbat disebabkan oleh beberapa faktor seperti apa tipe kulit kamu dan kondisi hormon dalam tubuh, bukan disebabkan banyaknya frekuensi dalam mencuci wajah. Mencuci wajah memang membantu membersihkan kotoran dan minyak berlebih dari wajah.

Akan tetapi, kamu tetap perlu berhati-hati agar jangan mencuci wajah secara berlebihan. Hal ini hanya akan menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alaminya dan mengalami kekeringan yang memicu iritasi.

[Gambas:Instagram]

4. Pemilik Kulit Kering Tidak Memiliki Masalah Pori-pori Wajah

Kulit Kering
Ilustrasi Kulit Kering/freepik.com

Seringkali masalah pori-pori wajah seperti seperti pori tersumbat, komedo dan ukuran pori yang terlihat membesar banyak dialami oleh pemilik kulit berminyak. Namun, jangan salah, Ladies. Pemilik kulit kering juga memiliki potensi yang sama dalam mengalami masalah terkait pori-pori wajah.

Hal ini karena masalah pada pori-pori wajah tak hanya dipengaruhi oleh jenis kulit, tetapi juga dipengaruhi genetik, hormon, usia, dan efek buruk sinar matahari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id