sign up SIGN UP

SKINCARE

Apa Bedanya Essence, Serum dan Ampoule?

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 21 Feb 2021 14:00 WIB
Apa Bedanya Essence, Serum dan Ampoule?
caption

Bagi kamu yang menggemari skincare Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah serum, essence dan ampoule. Ketiga produk ini tidak jarang membuat bingung karena tekstur dan cara pemakaiannya yang hampir sama. Tahapan skincare Korea yang cukup panjang membuat ketiganya harus dipakai pada urutan yang benar.

Saat memutuskan memiliki salah satu atau ketiganya, tentu harus bisa mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Dengan mengetahui perbedaannya Ladies bisa menilai apakah produk yang bersangkutan memang dibutuhkan kulit atau tidak. Lantas, apa perbedaan essence, serum dan ampoule? 

Essence

Essence memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah dibanding serum/freepik.com
Essence/freepik.com

Sebelum membahas lebih detail tentang perbedaan ketiganya, maka terlebih dahulu dibahas satu per satu. Pertama adalah essence. Produk skincare yang satu ini menggunakan air sebagai bahan utamanya. Selain itu, terdapat kandungan bahan aktif, hydroxycitric acid (HCA) dan ekstrak yang mampu melembapkan dan mencerahkan kulit dari dalam.

Apabila suatu brand hanya mengeluarkan essence saja, biasanya fungsinya bisa dianggap sama dengan serum. Namun, apabila brand yang bersangkutan mengeluarkan essence dan serum bersamaan, maka biasanya tekstur essence akan lebih kental. Jika ingin memakainya secara berurutan, maka tinggal dipakai dari produk yang teksturnya lebih encer atau cair.

Serum

Serum memiliki tekstur yang lebih cair dan kandungan bahan aktif lebih tinggi/freepik.com
Serum/freepik.com

Selanjutnya ada serum yang tidak kalah sering disamakan dengan essence. Biasanya serum dikemas dalam botol kecil dengan pipet. Serum memiliki konsentrasi yang tinggi sehingga mampu menembus lapisan kulit dan menutrisi hingga ke dalam. Pada umumnya, bahan dasar yang digunakan berupa air atau minyak. Dari segi tekstur, biasanya serum punya formula gel yang ringan dan tebal.

Tekstur yang demikian membuatnya mudah diaplikasikan dan menyatu dengan kulit. Dikarenakan konsentrasinya yang tinggi, takaran pemakaian serum tidak boleh terlalu banyak. Cukup 2-3 tetes saja sudah bisa untuk seluruh wajah. Usai memakai serum, Ladies dianjurkan untuk menepuk-nepuk wajah agar formulanya semakin mudah meresap.

Ampolue

Ampoule memiliki konsentrasi paling tinggi/freepik.com
Ampoule/freepik.com

Ampoule juga menjadi salah satu produk skincare yang cukup banyak digandrungi. Ampoule memiliki konsentrasi yang lebih tinggi sehingga dipercaya lebih kuat untuk menuntaskan berbagai permasalahan kulit. Oleh sebab itu pula, harga produk Ampoule biasanya juga lebih mahal dibanding serum dan essence.

Ampoule mengandung bahan aktif seperti asam esensial, vitamin, ekstrak tumbuhan dan peptida. Dari segi tektur, biasanya memang tergantung pada brand yang mengeluarkannya. Ada yang cenderung paling tipis dan ada yang cenderung paling tebal. Untuk itu, takaran pemakaiannya pun harus benar-benar diperhatikan di petunjuk masing-masing produk.

Apabila Ladies memiliki permasalahan kulit yang harus segera dipulihkan, ampoule bisa menjadi salah satu produk yang dicoba. Ampoule akan bekerja dengan melembapkan kulit dan meningkatkan kolagen dalam waktu relatif singkat.

Perbedaan Essence, Serum dan Ampoule

perbedaan esssence, serum dan ampoule terletak pada tekstur dan kandungan bahan aktif/freepik.com
perbedaan esssence, serum dan ampoule/freepik.com

Nah, setelah mengetahui karakteristik dari masing-masing produk skincare essence, serum dan ampoule, maka bisa diketahui perbedaan dari ketiganya. Pertama, jika dilihat dari segi tekstur, biasanya serum akan lebih cair dibanding essence sehingga biasanya lebih dulu dipakai.

Sementara itu, ampoule bisa saja punya tekstur paling cair maupun paling tebal dibandingkan essence dan serum. Semua tergantung pada brand yang mengeluarkannya. Namun perlu diketahui bahwa ampoule ini hanya digunakan dalam waktu jangka waktu tertentu saja, tidak untuk jangka waktu yang panjang.

Kedua, dari segi konsentrasi bahan aktif, urutan paling rendah ke tinggi adalah essence, serum dan ampoule. Ya, dari sini bisa diketahui bahwa ampoule memiliki konsentrasi bahan aktif tertinggi sehingga bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit dalam waktu relatif singkat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id