sign up SIGN UP

SKINCARE

Atasi Kulit yang Terkena Sunburn dengan Langkah-Langkah Ini!

Astari Dewi Larasati | Jumat, 19 Jun 2020 14:00 WIB
Atasi Kulit yang Terkena Sunburn dengan Langkah-Langkah Ini!
caption
Jakarta -

Sunburn biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan akibat terbakar sinar matahari. Kulit akan terasa sakit dan pedih bahkan ada yang hingga terkelupas. Karena tinggal di negara tropis kebanyakan wanita Indonesia mengalmi sunburn. Diawali dengan tanda kemerahan, gatal, dan peradangan.

Untuk meminimalisir sinar matahari yang langsung terkena kulit, biasanya wanita akan menggunakan sunscreen yang dilengkapi SPF tinggi. Namun adapula yang tidak berhasil menangkal terjadinya sunburn. Untuk itu, Beautynesia akan memberikan langkah-langkah untuk mengatasi sunburn pada kulit.


Mandi Air Dingin

Mandi air dingin dapat merelaksasi kulit yang terkena paparan sinar matahari.
Mandi air dingin/pexels.com

Saat kulit terkena sunburn, maka akan merasakan panas di tubuh. Maka dari itu hindari untuk mandi dengan menggunakan air panas, karena hal ini dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kering dan sensitif. Mandi lah dengan air dingin atau suhu ruangan agar kulit dapat relaksasi.

Hindari Sabun pada Area Sunburn

Area sunburn yang terkena sabun akan sangat kering.
Hindari sabun pada area sunburn/freepik.com

Alasan kulit yang sunburn akan sangat kencang adalah karena kehilangan minyak alami di kulit. Oleh karena itu, area sunburn tidak boleh terkena sabun. Jika sedang mandi sebaiknya hindari daerah tersebut. Sabun yang ringan pun akan membuat kulit menjadi sangat kering.

Pakai Pelembap dengan Oatmeal Koloid

Kandungan ini biasanya digunakan untuk penderita eksim agar memperbaiki lapisan kulit.
Pelembap oatmeal koloid/freepik.com

Setelah itu, sunburn akan membuat kulit menjadi sangat kering. Solusi terbaik dari masalah tersebut adalah gunakan moisturizer. Namun banyak dokter kulit merekomendasikan untuk mencari produk yang terdapat kandungan oatmeal koloid. Karena mampu untuk memperbaiki lapisan kulit yang telah rusak akibat sunburn.

Tenangkan dengan Aloe Vera

Mampu membantu mempercepat penyembuhan luka bakar tingkat pertama.
Aloe vera/freepik.com

Selanjutnya tenangkan kulit menggunakan aloe vera, bisa menggunakan produk kecantikan atau dari tumbuhannya langsung. Aloe vera dipercaya memberikan perasaan yang menenangkan dan mendinginkan luka bakar tingkat pertama. Namun pastikan kulit basah terlebih dahulu untuk menjaga kelembapan. Lakukan hal ini setiap hari hingga luka sembuh.

Hindari Skincare yang Dapat Mengiritasi Kulit

Jangan gunakan skincare yang dapat memicu timbulnya iritasi pada kulit.
Produk skincare/pexels.com

Untuk sementara waktu hindari penggunaan produk skincare yang mengandung lidocaine dan benzocaine. Karena beberapa orang dapat bereaksi terhadap produk ini seperti peradangan, iritasi, kemerahan, kulit kering, dan ketidaknyamanan pada kulit lainnya. Selain kandungan itu, ada juga yang harus dihindari misalnya retinol atau asam hidrokdi yang biasa digunakan pada produk anti aging.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id