sign up SIGN UP

Demi Kulit dan Rambut yang Sehat, Pilih Sarung Bantal yang Tepat untuk Musim Hujan

Febriyani Rahmania | Rabu, 24 Nov 2021 13:45 WIB
Demi Kulit dan Rambut yang Sehat, Pilih Sarung Bantal yang Tepat untuk Musim Hujan
Foto: pexels.com/Polina Kovaleva
Jakarta -

Memasuki musim hujan seperti sekarang, terjadi beberapa penyesuaian pada tubuh manusia. Salah satunya adalah rambut dan kulit. Cuaca dingin yang menerpa membuat rambut dan kulit menjadi lebih kering. Maka dari itu, dibutuhkan penyesuaian untuk membuatnya tetap terhidrasi. 

Merawat dengan skincare dan hair care yang tepat menjadi upaya dalam hal ini. Selain itu, kamu juga bisa mengganti sarung bantal yang kamu pakai setiap malam. Kendati tidak 100% efektif mengembalikan kerusakan, tetapi sarung bantal yang tepat mampu meminimalkan kerutan, melawan jerawat, dan memperbaiki tampilan rambut.

"Sarung bantal tidak dapat secara aktif membalikkan kerusakan kulit atau rambut, melainkan mendukung kesehatan kulit dan rambut dan membantu memperlambat pembentukan kerutan saat kamu tidur," kata dr. Dendy Engelman, MD, FACMS, FAAD, seorang dokter kulit kosmetik dan ahli bedah yang dikutip dari Bustle.

Manfaat sarung bantal sutra untuk kulit/ Foto: instagram/blissybrandIlustrasi sarung bantal sutra. (Foto: instagram/blissybrand)/ Foto: tyana

Lebih lanjut, menurut dr. Engelman, bahan sutra bisa menjadi bahan yang tepat untuk sarung bantalmu. Menurutnya, bahan ini minim gesekan yang tidak membuat menjiplak di kulit. Itu artinya nggak akan membuat lipatan atau garis.

Ditambah lagi, daya serap sutra yang baik, nggak akan membuat sarung bantal lembap dan menjadi sarang bakteri. Sarung bantal sutra akan menyerap skincare yang kamu pakai sebelum tidur. "Saya penggemar berat sarung bantal dan tempat tidur sutra karena sutra mendukung kecantikan kamu saat tertidur," kata dr. Engelman.

Senada dengan dr. Engelman, seorang ahli kecantikan dan pemilik brand skincare, Sarah Akram, mengatakan bahwa sarung bantal sutra bisa menjadi penyelamat bagi pemilik kulit sensitif. "Teksturnya yang ringan tidak menyebabkan iritasi pada kulit," kata Sarah dikutip dari Bustle.

Proning position, teknik proning, covid-19Ilustrasi sarung bantal sutra. (Foto: freepik.com/user18526052)/ Foto: Siti Mukaromah

Plus, seperti yang telah dikatakan di atas, sutra juga memberi kebaikan pada rambut, terutama rambut keriting. Daya serap sutra yang rendah dapat membantu helaian rambut. Menurutnya, sarung bantal sutra berkualitas tidak harus mahal. Jika sutra tidak cukup affordable untukmu, kamu bisa memilih sarung bantal satin sebagai alternatif.

Serupa dengan sutra, satin juga memiliki manfaat yang sama baik. Namun, bahan apa pun yang kamu pilih, pastikan jumlah benang pada produk yang kamu pilih memiliki minimal 400 momme, satuan yang digunakan untuk mengukur kepadatan kain sutra. Akhir kata, penting untuk diingat bahwa sarung bantal sutra dan satin bukanlah pengganti skincare yang baik, kata Akram.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id