sign up SIGN UP

SKINCARE

Di Rumah Aja Malah Jerawatan? Ketahui 5 Penyebabnya dan Cara Menghilangkan Jerawat!

Ni Made Dwi Agustina | Kamis, 15 Jul 2021 08:00 WIB
Di Rumah Aja Malah Jerawatan? Ketahui 5 Penyebabnya dan Cara Menghilangkan Jerawat!
caption

Munculnya jerawat tentu hal yang menjengkelkan. Jerawat bisa timbul karena dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang bisa memicu timbulnya jerawat adalah hormon yang tidak seimbang, stress dan asupan gizi yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yang bisa memicu timbulnya jerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan wajah maupun kurang menjaga kebersihan daerah-daerah di sekitar kita yang sering bersentuhan dengan wajah.

Jerawat juga bisa muncul saat di dalam rumah, lho. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan di rumah, sehingga menjadi alasan terbesar munculnya jerawat. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini sekaligus mengetahui cara menghilangkan jerawat!

Malas Cuci Muka

Cara menghilangkan jerawat dengan rajin cuci muka
Cara menghilangkan jerawat dengan rajin cuci muka/ sumber: freepikc.om

Menjaga kebersihan merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan, termasuk kebersihan wajah. Walaupun sebagian besar aktifitas hanya dilakukan di rumah, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan cuci muka. Sebab, jika dibiarkan terus menerus tentu akan menimbulkan permasalahan pada kulit wajah, seperti jerawat. Oleh karena itu, cara mengatasi jerawat dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan rajin mencuci muka. Sebaiknya, cuci muka 2 kali dalam sehari saat pagi hari dan malam sebelum tidur.

Tidak Menggunakan Sunscreen

Cara menghilangkan jerawat dengan skincare
Cara menghilangkan jerawat dengan skincare/ sumber: freepik.com

Tidak sedikit yang menganggap bahwa di dalam rumah tidak perlu menggunakan tabir surya atau sunscreen. Ternyata pernyataan ini salah besar. Sebab, sinar matahari akan tetap masuk melalui ventilasi rumah. Selain sinar matahari, sinar uv ada di dalam rumah. Seperti layar handphone, layar televisi dan layar gadget lainnya yang terdapat sinar blue light yang tidak baik untuk wajah karena dapat menyebabkan keriput.

Untuk itu, pemakaian sunscreen adalah hal yang wajib. Pemakaian sunscreen mampu melindungi wajah dari sinar matahari, debu dan sinar blue light yang terdapat pada gadget, serta mencegah terjadinya jerawat. Kemudian, kamu bisa menggunakan skincare lainnya sebagai cara mengempeskan jerawat yang sedang meradang.

Jarang Mengganti Sarung Bantal

Cara menghilangkan jerawat dengan menjaga kebersihan
Cara menghilangkan jerawat dengan menjaga kebersihan/ sumber: freepik.com

Sarung bantal bisa menjadi alasan timbulnya jerawat pada wajah kamu. Sarung bantal hingga sprei yang digunakan untuk tidur, apabila tidak diganti secara rutin mampu menghasilkan debu, kotoran maupun bakteri sehingga saat terkena wajah, kemudian memicu timbulnya jerawat. Mengganti sarung bantal beserta sprei merupakan salah satu cara mengatasi jerawat dengan selalu menjaga kebersihan daerah yang sering bersentuhan dengan wajah. Sebaiknya mengganti sarung bantal dan sprei kamar tidur dilakukan maksimal 2 minggu sekali agar tetap bersih.

Stress Berlebihan

Cara menghilangkan jerawat dengan mengatur stress
Cara menghilangkan jerawat dengan mengatur stress/ sumber: freepik.com

Ketidakmampuan untuk mengatur tingkat stress juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat selama di rumah saja. Stress yang berkepanjangan pun dapat memengaruhi seluruh elemen dalam tubuh, sehingga pengaturan stress ini sangat diperlukan. Makan, untuk mengurangi intensitas stress bisa dilakukan dengan cara “me time”. Lakukan kegiatan positif apapun yang membuat kamu tenang, misalnya melakukan self treatment, mendengarkan musik, memasak, membaca buku, tidur, menonton, dan masih banyak lagi kegiatan positif lainnya yang dapat membantu mengurangi stress.

Kurang Asupan Bergizi

Cara menghilangkan jerawat dengan makanan sehat
Cara menghilangkan jerawat dengan makanan sehat/ sumber: freepik.com

Faktor penyebab jerawat bisa terjadi karena 2 (dua) hal, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal ini, kurangnya asupan bergizi termasuk faktor internal penyebab jerawat. Sebab, kulit juga membutuhkan zat-zat baik yang ada dalam makanan. Kurangnya asupan bergizi dalam tubuh akan membuat wajah menjadi kusam hingga munculnya jerawat. Oleh karena itu, tetap perhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari makanan berlemak secara berlebihan agar tidak membuat jerawat semakin parah. Walaupun di rumah aja, bukan berarti kamu tidak melupakan asupan gizi baik, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id