sign up SIGN UP

Kiat Memilih Skincare untuk Kulit Kering dan Berjerawat agar Tetap Lembap

Dian Aprilia | Selasa, 13 Jul 2021 15:30 WIB
Kiat Memilih Skincare untuk Kulit Kering dan Berjerawat agar Tetap Lembap
caption

Jerawat tidak hanya timbul pada wajah berminyak saja, melainkan juga wajah kering. Hal ini bisa terjadi karena saat kulit kekurangan kandungan air menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan banyak sebum. Akibatnya bisa menyumbat dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, kulit kering juga bisa menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati yang berlebihan dan menyumbat pori-pori. Untuk itu kamu perlu mengetahui skincare yang tepat untuk kulit kering dan cara menghilangkan jerawat pada kulit kering.

Produk Cleanser yang Hidrasi Kulit

cleanser
cleanser/pexels.com/ron lach

Perawatan kulit kering berjerawat yang pertama adalah melakukan cara mengilangkan jerawat dengan penggunaan cleanser yang tepat. Pembersih wajah untuk kulit kering berjerawat adalah cleanser yang berperan untuk menghidrasi dan menenangkan kulit.

Sebaiknya pilih cleanser mild foam atau yang minim busa (zat surfaktan), pilih pH yang seimbang, dan cleanser yang melembabkan serta menenangkan. Kandungan cleanser yang cocok untuk kulit kering berjerawat adalah hyaluronic acid, glycerin, aloe vera, dan niacinamide. Produk ini juga bisa mendukung cara menghilangkan jerawat pada kulit kering.

Pilih Jenis Pelembap yang Tepat

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat/pexels.com/Monstera

Salah satu produk skincare yang penting untuk kulit kering berjerawat adalah pelembab. Pemilih produk pelembap yang tepat juga termasuk cara mengatasi jerawat yang cukup ampuh. Apabila kelembapan wajah terjaga maka lapisan pelindung kulit bisa melindungi kulit dari peradangan dan jerawat.

Kandungan pelembap yang diperlukan untuk kulit kering berjerawat adalah aloe vera, hyaluronic acid, ceramide, mineral oil, dimethincone. Usahakan untuk menggunakan pelembap setidaknya dua kali sehari (pagi dan malam) guna menjaga agar kulit tetap terhidrasi. Upaya ini juga termasuk cara mengempeskan jerawat yang sangat penting.  

Produk Obat Jerawat untuk Kulit Kering

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat/pexels.com/Anna Shvets

Cara menghilangkan jerawat pada kulit kering adalah dengan menggunakan produk obat jerawat yang tepat. Kandungan obat jerawat untuk jenis kulit ini adalah glycolic acid, lactic acid dan niacinamide. Kandungan ini membantu mengatasi jerawat dan membuat wajah tetap terhidrasi dan lembap.

Cara mengempeskan jerawat yang lain adalah memastikan penggunaan obat jerawat dengan konsisten dan tepat. Gunakan obat jerawat dengan bahan aktif yang rendah, dan aplikasikan usai menggunakan pelembab di area yang berjerawat saja.

Jangan Lupa Sunscreen untuk Kulit Kering

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat/pexels.com/Sora Shimazaki

Cara mengatasi jerawat selanjutnya adalah mengaplikasikan sunscreen. Sunscreen pada kulit kering berjerawat berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen juga bisa mencegah kondisi jerawat bertambah parah dan semakin meradang.

Cara mengatasi jerawat dengan sunscreen harus diikuti dengan pemilihan kandungan yang tepat. Kandungan sunscreen yang baik untuk kulit kering berjerawat adalah aloe vera, centella asicatica, dan hyaluronic acid. Jangan lupa untuk mengaplikasi ulang sunscreen secara berkala dan teratur.

Itulah tips memilih skincare untuk kulit kering dan berjerawat agar tetap lembap dan sehat. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id