sign up SIGN UP

Duh! Rambut Rontok Emang Selalu Bikin Keki, Inilah 4 Cara Mudah Perawatan Rambut di Rumah

Octavia Tunggal Dewi | Sabtu, 21 Aug 2021 23:15 WIB
Duh! Rambut Rontok Emang Selalu Bikin Keki, Inilah 4 Cara Mudah Perawatan Rambut di Rumah
caption

Menjaga kesehatan rambut perlu dilakukan agar rambut tetap terawat, sehat, kuat, dan pastinya tidak mudah rontok. Namun kamu juga harus mengetahui cara merawat rambut yang benar dan tepat.

Mungkin banyak orang mengira bahwa menjaga kesehatan rambut harus dengan pergi ke salon atau menggunakan produk mahal, sebenarnya yang paling penting adalah dengan memperhatikan kebiasaan yang selalu dilakukan.

Bagaimana cara merawat rambut agar tidak mudah rontok? Yuk intip tipsnya di bawah ini, Beauties!

1. Gunakan Sampo yang Cocok dan Tepat

Gunakan sampo yang cocok
Gunakan Sampo yang Cocok/Foto: Freepik.com/Valuavitaly

Pastikan kamu menggunakan jenis sampo yang tepat dengan kulit kepala dan rambut kamu, bukan berdasarkan list harga yang paling mahal. Sebab, produk mahal belum tentu cocok dengan rambut kamu dan bahkan dapat membuat kulit rusak jika jenis sampo tidak sesuai.

Selain itu, gunakan jenis sampo yang tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti sodium lauryl sulfat dan ammonium lauryl sulfat.

2. Pakai Kondisioner

Gunakan kondisioner
Pakai Kondisioner/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Pakai kondisioner setelah menggunakan sampo, kamu dapat menggunakan kondisioner merk serupa dengan jenis sampo atau dapat juga berbeda. Penggunaan kondisioner juga tidak jauh berbeda dengan sampo, carilah kondisioner yang cocok dan sesuai dengan rambut dan kulit kepala.

Penggunaan kondisioner juga termasuk jenis perawatan penting agar rambut menjadi lebih lembut, mudah disisir, dan lebih bersinar.

3. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Jangan mengikat rambut rerlalu kencang
Hindari Ikat rambut terlalu kuat/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Hindari ikatan rambut terlalu kuat merupakan salah satu cara merawat rambut agar rambut tidak mudah rontok. Sebab, mengikat rambut terlalu kuat dapat membuat rambut rusak, rontok, mudah patah karena nutrisi yang beredar ke setiap helai rambut menjadi terhambat oleh ikat rambut.

Selain itu, dengan mengikat rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan rambut tertarik dan rontok.

4. Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan pola makan sehat
Pola Hidup Sehat/Foto: Freepik.com/Jcomp

Untuk mencegah kerontokan rambut, maka terapkanlah pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, melakukan meditasi, konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur, serta atur waktu tidur yang cukup. Selain itu, gunakanlah vitamin rambut untuk menjaga nutrisi dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Nah Beauties, merawat rambut untuk mencegah terjadinya kerontokan bukan hal yang sulit. Cukup dengan menjaga kesehatan dan memperhatikan kebiasaan yang sering dilakukan. Karena rambut merupakan mahkota yang harus dirawat agar tetap indah dan sehat juga ya. Semoga bermanfaat!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id