sign up SIGN UP

Wajib Tahu, Ini 4 Kiat Penting untuk Jaga Skin Barrier dan Cegah Penuaan Dini pada Kulit

Meydiana Adinda | Senin, 23 Aug 2021 10:00 WIB
Wajib Tahu, Ini 4 Kiat Penting untuk Jaga Skin Barrier dan Cegah Penuaan Dini pada Kulit
caption

Proses penuaan pada kulit tentu merupakan sebuah proses yang alami. Sebab, semakin bertambah usia, produksi kolagen pada kulit juga semakin berkurang sehingga kulit juga kehilangan kekenyalannya. Namun, tentu kita tidak menginginkan proses penuaan pada kulit di usia yang masih muda.

Karena jika kita terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat, maka kulit kita juga rentan mengalami penuaan dini, seperti garis-garis halus yang mulai kelihatan hingga kemunculan flek hitam pada kulit. Untuk itu, kita mesti menerapkan gaya hidup yang sehat serta merawat kulit dengan rutin.

Ada beberapa kiat penting yang bisa kamu terapkan untuk mencegah penuaan dini pada kulitmu, Beauties. Apa saja kiatnya? Simak artikel berikut ini!

1. Selalu Gunakan Sunscreen

Cegah penuaan dini
Sunscreen untuk cegah penuaan dini/foto: instagram.com/skinaquaid

Sunscreen memang kunci penting dalam perawatan kulit karena dapat melindungi kulit dari sinar UV. Dilansir dari Healthline, pada studi PubMed di tahun 2013 dijelaskan bahwa penggunaan sunscreen secara rutin dapat memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Untuk melindungi kulit secara maksimal, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen dengan SPF 30-50 secara rutin. Kamu juga bisa mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2-3 jam agar kulit terlindungi sepanjang hari.

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cegah penuaan dini
Gaya hidup sehat mencegah penuaan dini/foto: freepik.com/freepik

Kiat penting selanjutnya tentu saja dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini. Sebaliknya, jika memakan terlalu banyak gula atau olahan karbohidrat lainnya maka dapat mempercepat penuaan dini.

Selain makanan yang sehat, kamu juga perlu menjaga hidrasi tubuhmu dengan minum air yang cukup, berolahraga secara rutin untuk melancarkan sirkulasi darah, serta menghindari rokok dan alkohol yang dapat mempercepat penuaan pada kulit.

3. Bersihkan Wajah dengan Gentle

Cegah penuaan dini
Cegah penuaan dini dengan kulit bersih/foto: freepik.com/jcomp

Wajah yang bersih dapat mengoptimalkan kinerja produk skincare karena produk dapat meresap lebih sempurna ke lapisan dalam kulit. Namun, membersihkan wajah juga tidak boleh sembarangan, lho.

Bersihkan kulit dengan lembut dan perlahan agar terhindar dari iritasi. Jika kamu menggunakan produk pembersih yang terlalu keras atau menggunakan air dengan suhu yang ekstrem, maka skin barrier kulitmu akan jadi lebih rapuh. Akibatnya, kulit rentan iritasi dan dapat memicu kemunculan tanda-tanda penuaan.

4. Mulai Gunakan Produk Anti-Aging

Cegah penuaan dini
Skincare untuk cegah penuaan dini/foto: freepik.com/lifeforstock

Jika kondisi kulitmu sudah memerlukan produk anti-aging, maka jangan ragu untuk mulai menggunakannya. Ada banyak kandungan yang dapat kamu gunakan seperti retinol, snail mucin, peptide, atau bakuchiol.

Umumnya, kandungan-kandungan tersebut akan merangsang pembentukan kolagen pada kulit sehingga kulit tetap kencang dan kenyal. Sebelum menggunakan produk anti-aging, pastikan kamu melakukan patch test terlebih dahulu dan menggunakannya secara bertahap agar kulit dapat beradaptasi.

Nah, itu dia empat kiat penting yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari penuaan dini. Yuk sama-sama kita terapkan!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id