sign up SIGN UP

SKINCARE

Hati-hati! Beberapa Kesalahan Saat Melakukan Perawatan Wajah Ini Harus Dihindari

Pavita Sevilla | Rabu, 17 Feb 2021 10:15 WIB
Hati-hati! Beberapa Kesalahan Saat Melakukan Perawatan Wajah Ini Harus Dihindari
caption

Tujuan utama memakai skincare adalah merawat wajah secara maksimal agar kulit wajah tetap sehat. Namun, apa jadinya jika memakai skincare malah menimbulkan masalah baru bagi kulit? Ternyata, tidak selalu permasalahan kulit timbul karena ketidakcocokan terhadap suatu produk skincare.

Bisa jadi, karena kesalahan yang dilakukan saat mengaplikasikan skincare. Yakin sudah merawat wajah dengan benar? Berikut ini daftar kesalahan-kesalahan yang paling sering dilakukan saat mengaplikasikan skincare.

1. Tidak mencuci tangan

Mencuci tangan/freepik.com
Mencuci tangan/freepik.com

Sering terpikir bahwa saat mencuci muka tidak perlu mencuci tangan terlebih dahulu karena kita juga akan mencuci muka yang kotor. Namun, ternyata hal itu salah. Jika tidak mencuci tangan lebih dahulu, kuman, bakteri serta virus yang ada dalam tangan bisa berpindah ke muka dan menyebabkan timbulnya jerawat atau bahkan penyakit lainnya.

2. Menggunakan pembersih terlalu lama

Mencuci muka dengan air/freepik.com
Mencuci muka dengan air/freepik.com

Maksimal lamanya menggunakan pembersih adalah 1 menit. Jika menggunakan first cleanser (cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing balm) terlalu lama dikhawatirkan akan menyumbat pori-pori. Sama halnya dengan second cleanser (sabun cuci muka), maksimal digunakan selama 1 menit. Penggunaan yang terlalu lama dapat mengurangi minyak alami di wajah, sehingga dapat memunculkan masalah baru, misalnya bruntusan.

3. Mencuci muka dengan suhu air yang tidak sesuai

Air panas dan dingin/freepik.com
Air panas dan dingin/freepik.com

Usahakan mencuci muka dengan air yang tidak terlalu panas tapi juga tidak terlalu dingin. Jika mencuci muka dengan air yang terlalu panas, bukannya dapat membersihkan secara maksimal, namun dapat menyebabkan pori-pori semakin terbuka. Air yang terlalu dingin juga tidak baik, karena akan membuat kulit wajah semakin kering atau bahkan menimbulkan merah-merah bagi kulit yang sensitif.

4. Menggosok wajah secara kasar

Kapas untuk wajah/freepik.com
Kapas untuk wajah/freepik.com

Banyak yang menggosok wajah secara kasar dan sangat kencang dengan tujuan agar muka dapat bersih secara maksimal. Namun, cara tersebut salah karena dapat membuat muka iritasi dan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Jika ingin menggunakan kapas atau tisu untuk membersihkan, cukup gosok secara lembut saja.

5. Menggunakan handuk mandi

Handuk mandi/freepik.com
Handuk mandi/freepik.com

Jangan gunakan handuk untuk badan di muka kita. Hal itu karena badan kita lebih kotor dibandingkan muka. Dikhawatirkan kuman atau kotoran yang menempel di badan akan pindah ke muka dan menyebabkan jerawat. Jika ingin menggunakan handuk, pastikan rajin mencucinya dan hanya digunakan untuk bagian muka saja.

6. Mengarahkan kipas angin ke muka

Orang dengan kipas angin/freepik.com
Orang dengan kipas angin/freepik.com

Hal ini justru membuat produk skincare terbuang sia-sia. Bukannya kering karena sudah meresap, namun kering karena terbawa angin. Ini menyebabkan skincare lebih banyak yang terbuang daripada yang terserap. Jika ingin cepat menyerap, bisa dengan menepukkan produk di muka dengan lembut.

7. Tidak memberi waktu jeda

Jam kecil/freepik.com
Jam kecil/freepik.com

Menggunakan semua tahapan secara berurut tanpa jeda akan membuat produk yang satu dan yang lainnya bekerja tidak maksimal. Hal ini karena kemungkinan adanya kandungan yang tidak boleh dicampur menjadi ikut tercampur. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan skincare lebih sulit menyerap dari biasanya.

8. Sering melakukan eksfoliasi

Pemakaian scrub/freepik.com
Pemakaian scrub/freepik.com

Melakukan eksfoliasi terlalu sering justru akan membuat iritasi dan skin barrier rusak yang menyebabkan kulit lebih sensitif. Idealnya, melakukan eksfoliasi adalah 2x seminggu.

Selain pemilihan skincare yang tepat, penggunaannya juga harus tepat. Jadi, jika kalian masih melakukan kesalahan-kesalahan di atas, segera hentikan ya!

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id