sign up SIGN UP

SKINCARE

Jenis Masker Wajah Berdasarkan Permasalahan Kulit

Hani Arifah | Selasa, 04 May 2021 12:30 WIB
Jenis Masker Wajah Berdasarkan Permasalahan Kulit
Ilustrasi pemakaian masker wajah Foto:pinterest/westend61_image
Jakarta -

Masker wajah menjadi salah satu cara yang dilakukan kebanyakan orang untuk mengoptimalkan kerja skincare. Secara umum masker wajah berfungsi untuk membersihkan kotoran yang ada dalam pori.

Perlu diketahui, tiap jenis masker memiliki peranan masing-masing untuk kulit wajah. Akan lebih tepat jika kamu memperhatikan jenis masker dan permasalahan kulitmu agar maker wajah bekerja lebih optimal. Berikut adalah jenis masker yang bisa kamu sesuaikan dengan permasalahan kulitmu.

Wash Off Mask

Wash off Mask/freepik.com
Wash Off Mask

Wash off mask merupakan masker yang dilarutkan dengan air dahulu sebelum menggunakannya. Sesuai dengan namanya, cara menggunakan masker ini adalah dengan mengoleskan adonan masker pada wajah dan dibilas setelah beberapa menit.

Fungsi dari masker ini juga berbeda-beda sesuai dengan kandungan yang ada di dalamnya. Untuk pemilik kulit kering, kamu bisa menggunakan wash off mask yang mengandung hyaluronic acid, ekstrak aloevera, chamomile, atau shea butter. Namun, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, akan lebih efektif jika memilih wash off mask yang mengandung sulfur atau salicylic acid di dalamnya.

Peel Off Mask

Foto:pinterest/elitedaily
Peel Off Mask

Berbeda dengan wash off mask, peel off mask berbentuk krim atau gel. Peel off mask ini akan mengering setelah beberapa saat dioleskan ke wajah. Setelah masker mengering, kamu dapat mengelupas masker wajah secara perlahan.

Fungsi masker ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, atau bahkan komedo yang ada di kulit. Jenis masker ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit kusam dan berkomedo. Namun, bagi pemilik kulit sensitif, masker jenis ini sebaiknya tidak digunakan untuk menghindari iritasi.

Clay Mask

Clay Mask/freepik.com
Clay Mask

Clay Mask merupakan masker yang mengandung mineral dari tanah liat. Masker ini memiliki tekstur yang lembut. Cara memakai masker ini hampir sama seperti masker pada umumnya, yaitu dioleskan pada kulit dan dibilas setelah beberapa menit.

Fungsi dari masker ini adalah untuk menyerap minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Masker ini dapat digunakan pada semua jenis kulit. Namun, karena memiliki fungsi menyerap minyak dengan baik, pemilik kulit kering harus memperhatikan frekuensi pemakaiannya agar tidak menjadikan kulit makin kering.

Exfoliating Mask

Foto:pinterest/pranciermagazine
Exfoliating Mask

Exfoliating mask adalah masker yang mengandung kandungan-kandungan yang bersifat exfolian. Baik itu bahan kimia seperti Retinol, AHA, BHA  atau bahan alami seperti oat, kopi, atau gula halus.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan masker wajah ini. Untuk exfoliating mask dengan bahan kimia di dalamnya cukup dengan cara dioles pada wajah kemudian dibilas setelah beberapa menit. Sedangkan untuk exfoliating mask dengan scrub, kamu perlu mengaplikasikannya dengan cara menggosok perlahan dan mendiamkannya beberapa saat sebelum dibilas.

Seperti namanya, exfoliating mask berfungsi untuk mengeksfoliasi atau membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Sama seperti produk exfoliating lainnya, exfoliating mask juga tidak bisa dipakai setiap hari, terlebih pada kulit sensitif. Penggunaan produk eksfoliasi secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Sheet Mask

Foto:pinterest/100percentpure
Sheet Mask

Sheet mask adalah masker wajah yang berbentuk lembaran sesuai dengan bentuk wajah. Sheet mask ini berisi cairan yang berfungsi untuk melembapkan wajah. Biasanya, sheet mask mengandung bahan-bahan yang bisa melembapkan kulit seperti hyaluron dan lain-lain.

Pemakaian sheet mask cukup berbeda dengan masker lainnya. Cukup tempelkan sheet mask pada wajah. Diamkan beberapa saat sampai cairannya meresap lalu buka sheet mask tanpa perlu dibilas. Sheet mask berfungsi untuk melembapkan wajah. Sehingga sheet mask ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya untuk kulit kering.

Sleeping Mask

Foto:pinterest/dreamstime
Sleeping Mask

Berbeda dari masker lainnya, sleeping mask dapat didiamkan dalam waktu yang lama. Sleeping mask biasanya dipakai di malam hari dan didiamkan sampai pagi.

Sleeping mask berfungsi untuk mengunci skincare yang sudah dipakai sebelumnya. Sleeping mask juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit saat kamu tidur. Sleeping mask bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Dari beberapa jenis masker di atas, mana yang paling sering kamu gunakan?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id