sign up SIGN UP

Kulit Gosong Akibat Terbakar Matahari? Hati-hati, 4 Hal Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan!

kotakisti | Sabtu, 21 Aug 2021 12:30 WIB
Kulit Gosong Akibat Terbakar Matahari? Hati-hati, 4 Hal Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan!
caption

Sunburn atau kulit terbakar matahari memang sering bikin mood berantakan. Apalagi bagi Beauties yang beraktivitas di luar ruangan.

Kulit kemerahan, menghitam, hingga bisa melepuh. Terbakarnya kulit wajah, tangan, hingga badan ini bukan hanya tak enak dipandang, tapi juga bisa memicu kanker kulit. 

Ada banyak cara menghilangkan wajah gosong atau kulit memerah karena paparan matahari. Namun, Beauties wajib menghindari hal-hal berikut jika tak ingin memperparah kondisi kulit. Penasaran apa saja? Berikut ringkasan yang dilansir dari Skincancer.org.

1. Memakai Balsem

Mengoleskan BalsemMengoleskan Balsem/ Foto: Freepik.com/gpointstudio

Kondisi kulit terasa gatal akibat paparan sinar matahari? Jangan sampai Beauties memakai balsem atau produk yang dapat menahan panas pada kulit. Hal tersebut dapat memperparah kondisi. 

Beauties bisa mencoba mengompresnya dengan air dingin atau suhu ruangan. Selain itu juga bisa memakai susu atau teh hijau. Mengompres kulit dengan es batu secara langsung juga tidak diperkenankan, ya!

2. Memakai Produk Berbahan Alkohol

Pakai pelembab/ Foto : Freepik.com/wayhomestudio
Pakai pelembab/ Foto : Freepik.com/wayhomestudio

Paparan sinar matahari bisa saja membuat kulit melepuh. Hal ini karena Beauties terlalu lama berada di bawah matahari tanpa menggunakan sunscreen. Agar tidak semakin parah, hindari menggunakan produk seperti gel atau pelembab berbahan alkohol. 

Produk berbahan alkohol bisa membuat kulit terbakar matahari mengalami iritasi. Anda bisa menggunakan cream untuk kulit terbakar atau gel lidah buaya murni untuk bisa mengembalikan kondisi kulit. Gel dalam keadaan dingin semakin efektif, loh. 

3. Mengelupas Lepuhan Kulit

Memakai pelembap/ Foto : Freepik.com/jcomp
Memakai pelembap/ Foto : Freepik.com/jcomp

Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya mengalami pengelupasan beberapa hari setelahnya. Namun, hindari mengelupas kulit sebelum kondisinya sembuh. Meski tidak enak dipandang, sebaiknya tunggu hingga kulit mengelupas dengan sendirinya.

Pengelupasan ini merupakan cara tubuh membersihkan sel-sel kulit yang rusak. Sebagai gantinya, sebaiknya gunakan pelembab berbahan dasar air. Pelembab tersebut dapat membuat kulit terhidrasi.

4. Mandi Air Panas

Mandi air panas/ Foto : Freepik.com/Yanalya
Mandi air panas/ Foto : Freepik.com/Yanalya

Kulit terbakar akibat sinar matahari perlu didinginkan. Sehingga, hindari mandi dengan air panas. Apalagi jika menggunakan pancuran dengan suhu tinggi. Tidak hanya itu, berendam di air panas atau sauna juga tidak dianjurkan untuk pemulihan akibat sunburn

Beauties bisa memakai air dingin untuk perawatan kulit terbakar matahari. Cara ini dapat membuat kondisi kulit lebih stabil. Bisa juga menambah soda kue untuk meredakan kemerahan. 

Sebagian besar dokter kulit merekomendasikan untuk mendinginkan kulit saat sunburn. Hal ini agar dapat membantu aliran darah secara lancar dan mengurangi peradangan. Tak ingin kondisi kulit makin parah karena salah perawatan? Jangan lupa untuk hindari hal di atas ya, Beauties

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id