sign up SIGN UP

SKINCARE

Ladies, Inilah 4 Vitamin Terbaik untuk Kulit Sehat dan Cerah

Lulu Lukyani | Rabu, 07 Apr 2021 13:15 WIB
Ladies, Inilah 4 Vitamin Terbaik untuk Kulit Sehat dan Cerah
Ilustrasi kulit sehat dan cantik/Freepik
Jakarta -

Salah satu cara merawat kulit agar selalu tampak sehat dan awet muda adalah dengan memastikan kulit mendapat vitamin yang cukup.

Dengan vitamin yang mencukupi, kulit akan terhindar dari kerutan, noda hitam, kemerahan, dan kekeringan. Kulit akan tampak sehat, segar, dan merona. Vitamin yang penting untuk kulit dapat ditemukan dalam produk skincare dan makanan-makanan sehat. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 4 vitamin terbaik untuk kulit sehat, cerah, dan cantik.

1. Vitamin D

Ilustrasi suplemen vitamin D.
Ilustrasi suplemen vitamin D/Freepik

Kulit bisa mendapatkan asupan vitamin D dari matahari. Vitamin D yang terserap diambil oleh hati dan ginjal untuk diangkut ke seluruh tubuh dan menciptakan sel-sel yang sehat, termasuk sel kulit. The Linus Pauling Institute di Oregon State University merekomendasikan asupan vitamin D harian sekitar 600 IU per hari.

Bagi perempuan hamil atau perempuan berusia di atas 70 tahun, mungkin membutuhkan asupan vitamin D lebih banyak.

Meningkatkan asupan vitamin D bisa dilakukan dengan berjemur selama 10 menit setiap hari, konsumsi yogurt, sereal, salom, tuna, dan ikan cod.

2. Vitamin C

Ilustrasi vitamin C.
Ilustrasi vitamin C/Freepik

Vitamin C bersifat melawan kanker sekaligus berperan dalam produksi kolagen yang membantu menjaga fleksibilitas kulit. Tak heran jika produk antiaging banyak mengandung vitamin C. Selain melalui produk skincare, vitamin C juga banyak tersedia dalam bentuk suplemen. Jumlah vitamin C yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 1000 mg.

Sementara itu, makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, stroberi, brokoli, dan bayam. Makanan-makanan tersebut harus dikonsumsi secara rutin untuk memenuhi asupan harian vitamin C.

3. Vitamin E

Ilustrasi suplemen vitamin E.
Ilustrasi suplemen vitamin E/Freepik

Vitamin E merupakan antioksidan yang fungsi utamanya adalah merawat kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Memberikan asupan vitamin E yang cukup akan menjauhkan kulit dari kerutan dan bintik hitam.

Vitamin E memang banyak tersedia dalam produk skincare, namun lebih disarankan untuk memperoleh vitamin E dari makanan. Jumlah asupan yang direkomendasikan adalah 15 mg per hari.

Adapun makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang almond, hazelnut, dan biji bunga matahari.

4. Vitamin K

Ilustrasi suplemen vitamin K.
Ilustrasi suplemen vitamin K/Freepik

Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah yang membantu penyembuhan luka. Selain itu, vitamin K juga mampu mengatasi noda gelap, stretch mark, dan lingkar hitam di bawah mata.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 90 dan 120 ug vitamin K per hari. Tambah asupan vitamin K dengan mengonsumsi kubis, bayam, selada, dan kacang hijau.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id