sign up SIGN UP

SKINCARE

Catat! Ini Kandungan Anti Aging yang Cocok untuk Remaja Usia 20-an

Dimitrie Hardjo | Senin, 05 Apr 2021 21:30 WIB
Catat! Ini Kandungan Anti Aging yang Cocok untuk Remaja Usia 20-an
Anti aging ingredients untuk usia 20an. Foto: pexels.com
Jakarta -

Ladies, kalian pasti sudah tahukan, semakin bertambahnya usia, produksi kolagen juga semakin berkurang? Kolagen sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit. Karena itu, ketika produksinya berkurang, maka garis-garis halus dan kerutan pada wajah akan muncul. Tidak hanya karena faktor usia, tapi faktor eksternal seperti polusi dan sinar UV juga bisa mempercepat proses penuaan.

Bagi kalian yang sudah memasuki usia 20an, usia ini merupakan usia yang rentan munculnya tanda-tanda penuaan tersebut lho! Tapi jangan khawatir, Ladies! Kamu bisa mulai menggunakan perawatan skincare yang bisa menunda penuaan dini mulai dari sekarang. Berikut ini adalah daftar kandungan dalam skincare yang bisa kamu cari dan kamu gunakan untuk membantu memperlambat penuaan.

1. SPF

Sunscreen dengan broad spectrum.
Sunscreen dengan broad spectrum. Foto: pexels.com

Proteksi kulit dari faktor eksternal untuk usia 20an sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Walaupun SPF bukan suatu “ingredient”, tapi SPF menjadi salah satu hal wajib digunakan untuk menghindari penuaan dini. Cari sunscreen dengan minimal SPF 30 yang memiliki broad spectrum untuk proteksi maksimal ya, Ladies!

2. Ceramide

Ceramide.
Ceramide. Foto: pexels.com

Skin barrier menjadi perlindungan utama kulit yang harus dijaga. Karena itu, kandungan ceramide dalam skincare bisa kamu gunakan untuk menahan hidrasi di dalam kulit sehingga garis-garis halus tidak lekas muncul.

3. Retinol

Retinol.
Retinol. Foto: freepik.com

Bekerja dengan cara mempercepat regenerasi sel kulit, vitamin A atau retinol merupakan kandungan anti-aging yang sudah banyak dibuktikan oleh penelitian para ahli. Tidak cuma usia 30, kalian yang berusia 20-an sudah bisa menggunakan produk retinol dengan memperhatikan cara pemakaiannya agar tidak menimbulkan iritasi.

4. Bakuchiol

Bakuchiol.
Bakuchiol. Foto: freepik.com

Bagi kalian yang memiliki kulit sensitif, bakuchiol bisa menjadi alternatif kalian yang ingin mencoba retinol. Penelitian menunjukkan bahwa bakuchiol memiliki manfaat yang sama dengan retinol, hanya saja kandungan ini lebih ringan dan sensitive-skin friendly

5. Antioksidan

Produk dengan antioksidan sebagai anti aging yang baik.
Vitamin C yang kaya akan antioksidan. Foto: unsplash.com

Kandungan yang memiliki banyak antioksidan sangat baik untuk meremajakan kulit. Kamu bisa menemukannya pada vitamin C, vitamin E, dan green tea. Vitamin C dan E juga membantu menetralkan radikal bebas akibat dari faktor eksternal, seperti polusi dan sinar matahari, serta menstimulasi produksi kolagen lho!

6. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid.
Hyaluronic acid. Foto: freepik.com

Kulit kita memproduksi hyaluronic acid secara alami, hanya saja jumlahnya tidak banyak. Hyaluronic acid bekerja dengan cara menarik air ke dalam kulit dan menahannya sehingga kulit senantiasa terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih plump, garis halus dan keriput pun dapat dicegah, Ladies!

7. AHA dan BHA

AHA dan BHA.
AHA dan BHA. Foto: pexels.com

Hydroxy acids, seperti AHA dan BHA, merupakan kandungan untuk eksfoliasi kulit dari dalam. Karena itu, kedua kandungan ini bisa mengurangi tampilan garis halus pada permukaan wajah.

8. Niacinamide

Niacinamide.
Niacinamide. Foto: pexels.com

Selain baik untuk menjaga kekuatan skin barrier dan meratakan warna kulit, niacinamide juga kandungan yang baik untuk anti-aging, lho! Vitamin B3 ini cenderung bisa diterima oleh semua jenis kulit dan aman untuk digunakan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id