sign up SIGN UP

Makeup Tebal Berpotensi Bikin Muka Jadi Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Nisrina Salsabila | Jumat, 26 Nov 2021 10:00 WIB
Makeup Tebal Berpotensi Bikin Muka Jadi Jerawatan, Mitos atau Fakta?
Makeup Tebal Berpotensi Bikin Muka Jadi Jerawatan, Mitos atau Fakta?/Foto: Unsplash.com/Annie Spratt

Sejumlah orang mungkin akan mengaitkan masalah jerawat dengan penggunaan makeup yang terlalu sering. Memang, jawaban untuk pertanyaan “apakah makeup menyebabkan jerawat?” tidak sesederhana itu, karena ada beberapa faktor berbeda yang harus kamu pertimbangkan.

Intinya, mengenakan makeup tidak akan menyebabkan jerawat jika kamu menggunakan jenis produk kosmetik yang tepat. Untuk lebih jelasnya, terus scroll ke bawah pada artikel berikut.

Perhatikan Kandungan Bahan pada Kosmetik

jerawat
Baca label produk/Foto: Pexel.com/Suzy Hazelwood

Poin pertama yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan bahwa produk kosmetikmu tidak menyebabkan jerawat.

David Lortscher, MD, dokter kulit dan pendiri Curology, menyarankan untuk bacalah label pada kemasan produk. Cari produk makeup yang memiliki klaim non-komedogenik, antiacne, bebas minyak, ringan, atau tidak menyumbat pori-pori. Namun bila kamu tidak menemukan label tersebut, cobalah cek kandungan bahan-bahan dalam produk favoritmu melalui situs cosDNA.

Ketika jerawatmu sedang meradang, Lortscher merekomendasikan untuk menjauhi produk kosmetik dengan kandungan isopropyl myristate, sodium lauryl sulfate (SLS), myristyl myristate, silikon/dimethicone, dan alkohol yang semuanya disebut sebagai bahan iritan dan penyumbat pori-pori.

Pilih Produk Makeup Berbahan Antiacne

jerawat
Mineral-based foundation/Foto: Instagram.com/roseallday.co

Kamu bisa menggunakan foundation atau bedak yang formulanya mengandung bahan untuk melawan jerawat, seperti salicylic acid atau tea tree.

Solusi terbaik? Para ahli kecantikan kulit setuju bahwa menggunakan mineral-based makeup paling aman jika kamu sedang mengalami jerawat jenis apa pun. Kandungan zinc dalam kosmetik berbasis mineral mampu bekerja sebagai soothing agent sekaligus tidak menyumbat pori-pori.

Beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba adalah Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation yang non-komedogenik, Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation dengan zinc dan hyaluronic acid, atau pun Mineral Botanica Acne Care Loose Foundation dengan mineral dan salicylic acid.

Jaga Kebersihan Alat Makeup

jerawat
Rajin bersihkan alat makeup/Foto: Pexels.com/Anderson Guerra

Mengaplikasikan makeup menggunakan jari atau kuas yang belum dibersihkan berpotensi menyebarkan kuman penyebab jerawat, khususnya bagi kulit acne-prone.

Sebaiknya, kamu membersihkan brush makeup untuk mengaplikasikan produk cair setidaknya seminggu sekali, sementara untuk brush lainnya dicuci tiap 1-2 minggu. Gunakanlah produk pembersih brush atau sampo bayi yang diencerkan dengan air hangat.

Teknik Deep Cleansing itu Penting!

jerawat
Deep cleansing untuk wajah yang sehat dan bersih/Foto: Pexels.com/Ron Lach

Bukan cuma sekadar rajin membersihkan wajah, tetapi kamu pun perlu tahu cara membersihkan wajah supaya benar-benar bersih dari sisa makeup melalui tahapan deep cleansing.

Deep cleansing adalah metode membersihkan wajah dalam dua tahap, yakni sekali dengan pembersih berbahan dasar minyak dan sekali lagi dengan pembersih berbahan dasar air. Deep cleansing menjadi cara mencegah jerawat yang ampuh karena mampu membersihkan kotoran, keringat, debu, minyak, dan sisa sunscreen/makeup yang menempel di kulitmu sepanjang hari.

Tidak Memberi Riasan pada Luka Terbuka

jerawat
Hindari memencet jerawat/Foto: Pexels.com/Anna Nekrashevich

Satu-satunya hal di sini yang tidak boleh kamu lakukan adalah memencet jerawat meradang lalu mengaplikasikan makeup di atasnya.

Menurut dermatolog David Lortscher, MD, pada dasarnya memencet jerawat akan menciptakan luka terbuka yang cenderung basah. Justru menutupinya dengan makeup malah dapat mengganggu proses penyembuhan jerawat dan produk juga tidak akan menempel sempurna.

Jadi, tahan godaan untuk memencet jerawat. Sebagai gantinya kamu bisa gunakan pimple patch untuk menutupi jerawat meradang.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id