sign up SIGN UP

Stop Buang-buang Duit! Serum Wajah Nggak Akan Berguna Kalau Kamu Masih Lakukan 4 Hal Ini

Febriyani Rahmania | Kamis, 25 Nov 2021 13:58 WIB
Stop Buang-buang Duit! Serum Wajah Nggak Akan Berguna Kalau Kamu Masih Lakukan 4 Hal Ini
Jangan lakukan empat hal ini kalau nggak mau bikin serum wajahmu sia-sia. (Foto: pexels.com/Arina Shilyaeva)
Jakarta -

Dari tahun ke tahun, skincare mengalami evolusi, baik dari segi teknologi yang digunakan dalam prosesnya, maupun komposisi skincare itu sendiri. Beberapa tahun belakangan ini, skincare bernama serum tengah naik daun. Disebut-sebut oleh para produsen, serum memiliki kandungan konsentrasi bahan aktif sehingga memberi banyak keuntungan.

Namun, itu tidak sepenuhnya benar. Semua kembali lagi kepada kebutuhan dan bagaimana kamu memperlakukan wajah dan skincare yang kamu pakai. Beberapa orang tidak mendapat khasiat dari serum yang dipakai karena melakukan beberapa kesalahan.

Seperti kesalahan yang diungkap oleh celebrity esthetician Gina Mari kepada Well and Good berikut ini.

Tidak Melakukan Eksfoliasi

Mencegah kulit over eksfoliasiIlustrasi eksfoliasi. (Foto: Freepik/wayhomestudio) / Foto: Hijria Khatimi

Eksfoliasi adalah tahap penting dalam perawatan wajah. Selain untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, eksfoliasi juga membuat serum yang kamu pakai lebih mudah meresap.

"Eskfoliasi sebelum memakai serum akan memungkinkan penetrasi produk yang lebih dalam," kata Mari. Kamu nggak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari, kok, Beauties. Kamu bisa melakukan rutinitas ini dua hingga tiga kali seminggu. Pastikan kamu melakukannya dengan baik.

Salah Urutan

Apakah selama ini kamu telah melakukan urutan dalam mengaplikasikan skincare dengan benar? Sebab, untuk mendapatkan hasil maksimal dari serum, kamu harus memastikan dalam urutan yang benar.

kandungan skincare yang berbahaya / freepik.com / suhriiIlustrasi skincare. (Foto: freepik.com / suhrii)/ Foto: Risma Oktaviani

Menurut Mari, pertama, kamu perlu memulai dengan cleanser, kemudian eksfoliasi jika perlu, lalu toner, baru kemudian oleskan serum. Rangkaian ini akan membuat kulitmu siap untuk menerima bahan aktif apa pun yang kamu gunakan sehingga mendapat manfaatnya.

Setelah serum, tunggu 5-10 menit agar meresap ke dalam kulit, lalu tutup dengan pelembab.

Malah Menggosok Bukan Menepuk

Selanjutnya, penyebab serum nggak bekerja dengan baik adalah cara kamu mengaplikasikannya. Alih-alih menggosok ke wajah, kamu bisa menepuk-nepuk sehingga terjadi penetrasi yang baik ke dalam kulit.

Pori-pori wajah tidak bisa mengecil atau membesar/ Foto: Pexels/ Polina KovalevaIlustrasi skincare. (Foto: Pexels/ Polina Kovaleva) / Foto: Raudiya Nurfadilah

Sebaliknya, ketika kamu menggosok serum, kamu berpotensi membuang produk karena sebagian hanya akan tertinggal di tangan. "Saat mengoleskan serum, selalu oleskan dengan gerakan ke atas dan hindari menggosok dan menarik kulit," kata Mari.

Mencampurkan Bahan

Apakah kamu tipe pengguna skincare yang suka mencampur beberapa produk? Jika "ya", lebih baik berhenti sekarang juga, sebab mencampur beberapa bahan bisa menghilangkan manfaat dari bahan aktif yang ada. Parahnya, bisa menyebabkan iritasi.

Perbedaan bakuchiol dan retinol pada skincare antianging kamu/Foto: pexels.com/Pavel DanilyukIlustrasi skincare. (Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk)/ Foto: Dian Purnamasari

Contohnya ketika kamu mencampurkan retinol dan vitamin C. Lebih baik cari campuran formula yang telah teruji pada sebuah produk daripada kamu mencampurnya sendiri tanpa mengetahui batas risiko.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id