sign up SIGN UP

SKINCARE

Mengenal Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Jerawat Saat Menstruasi

Dian Aprilia | Sabtu, 17 Jul 2021 16:30 WIB
Mengenal Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Jerawat Saat Menstruasi
caption

Menstrual acne adalah jerawat yang muncul saat memasuki fase menstruasi. Hal ini dikarenakan fase menstruasi bisa mempengaruhi hormon perempuan, mulai dari hormon estrogen, progesteron dan juga testosteron. Untuk itu, setiap perempuan perlu mengetahui cara mengatasi jerawat yang muncul karena menstruasi agar jerawat mudah kempes dan meminimalisir peradangan.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat menstruasi, kamu perlu tahu dulu kondisi kulit selama fase menstruasi. Di awal menstruasi, kulit wajah akan terasa kering tetapi berangsur-angsur akan menjadi lembap. Salah satu masalah yang sering dihadapi ialah produksi sebum yang meningkat sehingga menghasilkan jerawat hormonal. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menghilangkan jerawat hormonal atau menstrual acne:

Pilih Produk Oil Control

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/cottonbro

Cara menghilangkan jerawat hormonal atau menstrual acne yang pertama adalah memilih produk oil control. Sebab, saat fase menstruasi, kulit biasanya sangat berminyak, sensitif dan juga berjerawat.

Produk skincare yang bisa membantu mengontrol minyak dan mengurangi jerawat adalah yang mengandung benzoyl perokside, niacinamide dan salicylic acid. Contohnya adalah berbagai merek serum, toner, dan obat jerawat.

Pilih Produk Antibacterial

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/Pavel Danilyuk

Cara mengatasi jerawat yang berikutnya adalah memilih produk antibacterial. Sebab saat menstruasi, biasanya pori-pori kulit jadi tersumbat dan menyebabkan jerawat. Hal ini perlu diatasi dengan produk skincare yang mengandung antibacterial agar bakteri tidak menyebabkan peradangan atau jerawat menjadi lebih parah. Contohnya adalah tea tree oil, centella asiatica, sulfur dan witch hazel.

Gunakan Masker Wajah

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/Monstera

Cara mengatasi jerawat berikutnya adalah penggunaan masker wajah. Sebaiknya pilih clay mask sebab bisa mencegah terbentuknya jerawat dan mengatasi noda bekas jerawat. Selain itu clay mask juga ampuh untuk menyerap produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Pilih clay mask yang mengandung bentonite dan kaolin agar efektif menyerap minyak yang berlebih di pori-pori wajah.

Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara mengempeskan jerawat selanjutnya adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup bisa menekan pembentukan kortisol atau hormon stres sehingga bisa mencegah terbentuknya jerawat. Sebaiknya luangkan waktu 6-8 jam untuk tidur dan hindari begadang terus menerus.

Hindari Stres

Cara mengatasi jerawat
Cara mengatasi jerawat/pexels.com/Claudia Barbosa

Terakhir, cara mengempeskan jerawat adalah dengan menghindari stres.  Sebab semakin sering stres maka akan semakin tinggi kadar kortisol. Akibatnya kelenjar sebaceous di kulit semakin tinggi dan memicu munculnya jerawat. Sesekali ambil waktu luang untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai dan rebahan agar tidak terus-terusan dalam kondisi tegang dan tertekan.

Itulah penyebab dan 5 cara mengatasi menstrual acne yang muncul tiap bulan. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id