sign up SIGN UP

SKINCARE

Muncul Jerawat di Dahi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Marissa Fenyapwain | Minggu, 19 Jul 2020 19:00 WIB
Muncul Jerawat di Dahi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
caption

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami pria dan wanita. Walaupun bukan masalah kulit yang serius, namun jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri. Jerawat yang tumbuh di area kulit yang begitu terlihat tentu menyebalkan, termasuk di area dahi.

Munculnya jerawat di dahi sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya perubahan hormon, stres, tidak mencuci rambut dan wajah secara teratur sehingga menimbulkan minyak berlebih, dan pemakaian makeup yang bertumpuk. Enggak perlu khawatir, segera atasi dengan cara berikut, yuk!

1. Double Cleansing

Double Cleansing hilangkan jerawat
Double Cleansing/ Foto: Freepik.com

Kamu harus membersihkan wajah dengan benar agar tidak membuat kotoran dan bakteri tertimbun ke dalam kulit. Mencuci muka saja tak cukup untuk mengangkat kotoran dalam kulit, Ladies.


Kamu perlu melakukan double cleansing untuk membersihkan kulit wajah dari makeup secara menyeluruh. Pertama, bersihkan makeup dengan micellar water atau oil cleansing. Kedua, barulah cuci muka menggunakan facial foam. Melakukan double cleansing akan lebih menjamin kebersihan kulit.

2. Menggunakan Bahan Alami

Bahan Alami
Bahan Alami/ Foto: Freepik.com

Bahan alami selalu jadi pilihan terbaik. Kamu bisa mengobati jerawat di dahi dengan menggunakan beberapa bahan alami, seperti aloe vera, tea tree oil, perasan air lemon atau jeruk nipis, dan cuka sari apel.

Caranya cukup dengan mengoleskan bahan alami tersebut ke area yang tumbuh jerawat secara rutin. Keuntungan memakai bahan alami tidak hanya lebih aman, namun juga lebih hemat.

3. Keramas Teratur

Rtin keramas menghilangkan jerawat di dahi
Rutin Keramas/ Foto: Freepik.com

Jarang keramas membuat rambut dan kulit kepala memproduksi minyak bercampur kotoran yang berlebih. Ini bisa menyebabkan dahi tumbuh jerawat, bahkan jerawat pasir. Mulailah menjaga kebersihan rambut dengan melakukan keramas secara teratur minimal 3 kali seminggu sebagai langkah awal untuk menghilangkan jerawat di dahi ya, Ladies.

4. Periksa ke Dokter

Kunjungi Dokter Kecantikan
Kunjungi Dokter Kecantikan/ Foto: Freepik.com

Bagi yang mengalami jerawat yang lebih parah, umumnya memerlukan obat resep dari dokter. Dokter dapat menilai gejala dan menentukan perawatan terbaik untuk jerawat. Ini bisa termasuk obat-obatan oral, gel, atau krim yang bisa langsung dioleskan ke dahi. Obat resep untuk jerawat di dahi biasanya berupa kortikosteroid, antimikroba, antibiotik, dan retinoid.

5. Jangan Menyentuh Jerawat 

Jangan Menyentuh Jerawat
Jangan Menyentuh Jerawat/ Foto: Freepik.com

Ini adalah cara paling sederhana yang kadang diabaikan kepentingannya. Tanpa kamu sadari, tangan memiliki banyak bakteri dan kuman dari berbagai barang yang dipegang atau disentuh, Ladies. Jika tangan menyentuh wajah, maka bakteri dan kuman di tangan dapat menimbulkan jerawat dan memperparah jerawat yang ada. Oleh karena itu, sebelum menyentuh wajah pastikan kamu mencucinya dengan bersih terlebih dahulu, ya.

Semoga bermanfaat!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id