sign up SIGN UP

Penasaran Kenapa Day Cream dan Night Cream Harus Digunakan di Waktu Berbeda? Yuk, Ketahui Alasannya!

Raudiya Nurfadilah H | Jumat, 13 Aug 2021 14:30 WIB
Penasaran Kenapa Day Cream dan Night Cream Harus Digunakan di Waktu Berbeda? Yuk, Ketahui Alasannya!
caption

Memiliki wajah yang bersih merupakan keinginan kita semua, dan untuk mendapakannya diperlukan berbagai macam usaha seperti rutin pakai day cream dan night cream.

Kedua jenis krim pelembap itu diketahui berfungsi untuk melembapkan, memudarkan noda hitam, mencegah kerutan, serta dapat mengencangkan kulit wajah.

krim siang (day cream) dan krim malam (night cream)
Day cream dan night cream/ Foto: Freepik/ Jcomp

Beauties, apakah kamu pernah berpikiran mengapa krim pelembap perlu digunakan berbeda sesuai waktu? Dan apa perbedaan day cream dan night cream? Nah, biar nggak penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Day Cream dan Night Cream

Pada siang hari, kulit sering terpapar sinar UV, polusi, dan kotoran yang dapat merusak kulit jika tidak dilindungi dengan tepat. Oleh karena itu, day cream diformulasikan untuk melindungi kulit dari sinar UV dan lainnya.

Pada siang hari, kulit sering terpapar sinar UV, polusi dan kotoran yang dapat merusak kulit jika tidak dilindungi dengan tepat
Day cream mengandung SPF/ Foto: Freepik/ Senivpetro

“Krim siang biasanya memiliki SPF, yang merupakan satu-satunya bagian terpenting dari anti-penuaan,” ujar dr. Bhanusali, seorang dokter kulit yang dikutip dari laman Skincare.

Day cream juga memiliki konsistensi yang lebih ringan sehingga bisa digunakan sebelum ditimpa oleh berbagai macam produk makeup dan bisa memberikan perlindungan sepanjang hari tanpa terasa berminyak pada kulit.

“Krim siang juga biasanya tidak mengandung bahan aktif seperti retinol, asam glikolat, atau asam alfa hidroksi yang dapat menyebabkan  fotosensitivitas di siang hari,” kata dr. Gretchen Frieling, MD, ahli dermatopatologi yang berbasis di Boston, dikutip dari Well and Good.

night cream mengandung bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan terbaiknya saat tidur dan tidak terkena sinar matahari yang berbahaya
Night cream biasanya mengandung bahan retinol/ Foto: Freepik/ Senivpetro

Sedangkan night cream mengandung bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan terbaiknya saat tidur dan tidak terkena sinar matahari yang berbahaya.

“Tidur adalah saat kulit melakukan pekerjaan berat. Jadi produk yang digunakan di malam hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dalam semalam,” ujar dr. Frieling.

Pada saat tidur, night cream akan bekerja untuk memulihkan dan memperbaiki kulit wajah.

Oleh karena itu, dalam night cream terdapat kandungan yang lebih berat dibanding day cream dan krim malam cenderung memiliki bahan seperti peptida, hialuronat, dan retinol yang baik digunakan pada malam hari, karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

karena perbedaan kegunaan dan tujuan, dr. Frieling tidak menyarankan menggunakan satu atau krim lain di waktu yang sebaliknya
Gunakan day cream dan night cream sesuai kebutuhan/ Foto: Freepik/ Freepik

Beauties, karena perbedaan kegunaan dan tujuan krim pelembap, dr. Frieling tidak menyarankan menggunakan satu atau krim lain di waktu yang sebaliknya.

Misalnya kamu menggunakan night cream di siang hari, maka kulit wajah akan tampak berminyak dan tidak terlindungi dari sinar matahari. Lalu day cream yang digunakan di malam hari, kulit akan terasa lembap dan ternutrisi tapi tidak mendapatkan bahan anti-penuaan dan pelembap.

Jadi, sekarang sudah tahu kan perbedaan serta mengapa day cream dan night cream digunakan pada waktu yang berbeda? So, lebih baik menggunakan krim pelembap yang sesuai dengan tujuan memakainya, ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id