sign up SIGN UP

SKINCARE

Pentingnya Memilih Sunscreen untuk Mencegah Penuaan

Rumaysha Milhania | Minggu, 02 May 2021 11:30 WIB
Pentingnya Memilih Sunscreen untuk Mencegah Penuaan
caption

Tak perlu repot memikirkan rangkaian skincare anti-aging dengan harga fantastis. Kamu bisa memberikan perawatan ekstra untuk mencegah penuaan dini dengan rutin menggunakan pelembap dan sunscreen di wajah.

Kita semua tahu bahwa radiasi ultraviolet dari matahari tidak hanya dapat meningkatkan risiko kanker kulit tetapi juga dapat berkontribusi pada penuaan kulit. Selain itu, bentuk radiasi lain, seperti panas dan cahaya matahari itu sendiri juga, dapat berdampak negatif pada kulit, seperti halnya polusi. Itulah sebabnya melindungi kulit dari lingkungan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan penampilanmu.

Kita semua tahu bahwa tadiasi ultraviolet dari matahari tidak hanya dapat meningkatkan risiko kanker kulit tetapi juga dapat berkontribusi pada penuaan kulit.
Menggunakan tabir surya/ Sumber: Freepik.com

Perlu dipahami juga bahwa faktor lingkungan dapat merusak kulit dengan berbagai cara, mulai dari sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar dan pigmentasi yang tidak merata hingga UVA dan radiasi infra merah yang menembus lebih dalam ke dalam kulit. SInar ini dapat merusak kolagen yang ada dan mengurangi produksi kolagen, mengakibatkan kulit menjadi keriput dan kendur.

Keseharian kulit terpapar UV dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih menonjol, menyebabkan kemerahan pada kulit. Ditambah lagi dengan polusi yang dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, terutama pada jenis kulit yang lebih gelap.
 
Meskipun ada beberapa langkah mengesankan dalam perawatan anti-penuaan, tidak ada produk atau prosedur yang benar-benar dapat membalikkan efek jangka panjang dari keputusan perawatan kulit yang buruk. Itulah sebabnya perlindungan adalah landasan perawatan kulit yang baik.

Menggunakan tabir surya dapat membantu kamu melindungi diri sendiri, ini juga termasuk produk kosmetik dengan SPF.
Sunscreen Mencegah Penuaan/ Sumber: Freepik.com

Menggunakan tabir surya dapat membantu kamu melindungi diri sendiri, ini juga termasuk produk kosmetik dengan SPF. Tabir surya terbaik untuk setiap orang akan bergantung pada banyak faktor, termasuk faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. 
 
Karena kedua jenis sinar UV dapat merusak kulit, para ahli mengatakan bahwa sangat penting untuk menggunakan tabir surya spektrum luas yang memberikan perlindungan UVA dan UVB, dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Para dermatologis juga merekomendasikan tabir surya yang mengandung bahan aktif seng oksida atau titanium dioksida sebagai sumber perlindungan spektrum luas yang cocok untuk kulit sensitif.

Karena kedua jenis sinar UV dapat merusak kulit, para ahli mengatakan bahwa sangat penting untuk menggunakan tabir surya spektrum luas yang memberikan perlindungan UVA dan UVB, dengan SPF 30 atau lebih tinggi.
Tips Memilih Sunscreen/ Sumber: Freepik.com

Selain itu, formulasi yang mengandung antioksidan juga dapat memberikan perlindungan terhadap warna kulit yang tidak merata dan penuaan yang disebabkan oleh kerusakan radikal bebas dari sinar infra merah, cahaya matahari dan polusi.
 
Jadi, pastikan sunscreen yang kamu gunakan sudah memenuhi kriteria tersebut, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id