sign up SIGN UP

SKINCARE

Timbul Rasa Gatal Pada Jerawat? Ternyata Ini Penyebabnya

Retno Wulandari | Senin, 22 Jun 2020 11:00 WIB
Timbul Rasa Gatal Pada Jerawat? Ternyata Ini Penyebabnya
caption
Jakarta -

Kemunculan jerawat di wajah memang mengganggu penampilan ya, Ladies. Selain merusak penampilan, terkadang jerawat yang baru muncul bisa menimbulkan rasa gatal atau bahkan sensasi panas lho. Nah, rasa gatal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Alergi

Penyebab Jerawat Gatal
Alergi/Freepik.com

Rasa gatal pada jerawat bisa disebabkan oleh produk atau obat jerawat yang tidak cocok, Ladies. Selain itu, rasa gatal juga bisa terjadi karena kamu alergi dengan salah satu kandungan di dalam produk skincare atau obat jerawat yang sedang kamu gunakan. Jika kamu merasakan sensasi gatal yang luar biasa setelah menggunakan produk skincare atau obat jerawat, sebaiknya langsung stop menggunakannya ya.


2. Reaksi Obat

Penyebab Jerawat Gatal
Reaksi Obat/Freepik.com

Ladies, perlu kamu ketahui bahwa rasa gatal setelah menggunakan obat jerawat tidak hanya menandakan kamu alergi dengan kandungan obat tersebut lho. Rasa gatal setelah menggunakan obat jerawat juga bisa menandakan jika obat tersebut sedang memberikan reaksi kepada kulit kamu. Reaksi ini akan muncul saat obat sudah terserap ke dalam tubuh, adanya kemungkinan sistem imun salah merespon kondisi ini yang mengakibatkan tubuh memproduksi imunoglobulin E atau antibodi IgE.

3. Paparan Sinar Matahari

Penyebab Jerawat Gatal
Paparan Sinar Matahari/Freepik.com

Tidak banyak yang tahu bahwa paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab rasa gatal pada jerawat. Reaksi gatal ini bisa muncul karena sistem imun pada tubuh salah mengenali senyawa yang diserap oleh kulit dari sinar matahari. Oleh karena itu, tubuh mulai mencoba melindungi diri dari sinar matahari dan menimbulkan reaksi gatal pada wajah yang berjerawat.

4. Produksi Minyak Berlebih

Penyebab Jerawat Gatal
Produksi Minyak Berlebih/Freepik.com

Rasa gatal juga bisa terjadi akibat kulit wajah memproduksi minyak yang berlebihan. Akibatnya pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat, Ladies. Bakteri jerawat inilah yang kemudian menyebabkan peradangan yang bisa memperparah jerawat dan menimbulkan rasa gatal.

5. Pertanda Jerawat Sembuh

Penyebab Jerawat Gatal
Pertanda Jerawat Sembuh/Freepik.com

Ladies, rasa gatal pada jerawat tidak selamanya pertanda hal buruk lho. Rasa gatal pada jerawat juga bisa menjadi pertanda jerawat kamu akan sembuh. Pada saat jerawat mulai membaik, kulit yang memerah akan diganti dengan kulit baru yang lebih sehat. Nah, selama proses pergantian kulit inilah yang akan menimbulkan rasa gatal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id