sign up SIGN UP

Tingkatkan Mood, Rajin Pakai Skincare Punya Manfaat Bagi Kesehatan Mental Lho!

Henny Alifah | Minggu, 22 Aug 2021 22:15 WIB
Tingkatkan Mood, Rajin Pakai Skincare Punya Manfaat Bagi Kesehatan Mental Lho!
caption

Di masa pandemi COVID-19 ini, penting bagi kita untuk menjaga ketenangan batin agar terhindar dari stres. Dengan demikian, imun dapat senantiasa terjaga dan tubuh pun tidak gampang sakit.

Rutin pakai skincare ternyata bisa jadi salah satu cara untuk terhindar dari stres lho. Bagaimana bisa?

1. Menemukan dan Mencapai Tujuan yang Realistis

Skincare
Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Hidup akan terasa lebih berarti jika kamu memiliki suatu tujuan. Saat kamu menetapkan suatu tujuan kecil dan berhasil mendapatkannya, hal itu akan memberikan dukungan psikologis sehingga kesehatan mental pun terjaga.

Menurut Get the Gloss, menetapkan tujuan sekecil rutin membersihkan dan melembapkan wajah dapat memberikan rasa kemenangan harian yang dapat kamu capai dengan cara sederhana.

2. Memberikan Rutinitas yang Konsisten

Skincare
Foto: Pexels.com/KoolShooters

Menurut penelitian di tahun 2018 yang diterbitkan oleh Lancet Psychiatry, orang yang kekurangan rutinitas yang konsisten berpotensi besar menderita gangguan kesehatan mental seperti depresi, bipolar, masalah mood, kesepian, dan juga kurang bahagia.

Rutinitas, termasuk kebiasaan makan yang sehat, olahraga, journaling, dan skincare, sangat penting untuk kesehatan tubuh maupun pikiran. Rutinitas yang konsisten bagus untuk tubuh dan pikiran karena bertindak sebagai kekuatan yang menghibur dalam hidup, memberikan labuhan bagi diri, menjadi titik stabilitas dalam hari-hari yang berat sepanjang minggu.

Saat ada banyak waktu menganggur, kecemasan cenderung meningkat. Adanya rutinitas yang konsisten memberikan perasaan lega, menunjukkan bahwa kamu sedang berproses atau telah mencapai sesuatu.

3. Memicu Pelepasan Bahan Kimia Baik di Otak

Skincare
Foto: Pexels.com/RODNAE Productions

Sebuah penelitian di tahun 2018 yang diterbitkan Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa membayangkan atau merencanakan peristiwa yang menyenangkan mampu melepaskan neurotransmiter perasaan baik di otak. Terlebih lagi jika benar-benar merealisasikan rencana tersebut.

Untuk menghindarkan diri dari stres, buatlah rutinitas skincare yang menyenangkan, termasuk memakai produk yang kamu sukai. Misalnya, memijat kulit secara lembut dengan washlap hangat untuk membersihkannya, meluangkan waktu ekstra untuk mengoleskan pelembap di wajah, atau memakai masker.

Pertimbangkan pula untuk mengatur suasana dengan menyalakan lilin aromaterapi, minum segelas teh, dan memutar beberapa lagu santai sambil duduk membiarkan masker di wajah bekerja.

4. Menghilangkan Penat

Skincare
Foto: Pexels.com/Burst

Saat melakukan perawatan kulit seperti membersihkan dan melembapkan wajah, kamu bisa membebaskan diri dari penat di kepala dan fokus pada aktivitas yang baik untuk diri sendiri. Memakai skincare juga baik untuk kesehatan mental karena memberikan kesempatan untuk lebih perhatian pada diri sendiri. Hal ini bisa menahan depresi dengan menghentikan kecemasan.

5. Menciptakan Kesempatan untuk Jalin Kedekatan dengan Orang Kesayangan

Skincare
Foto: Pexels.com/cottonbro

Secara umum, menghabiskan waktu bersama orang kesayangan dengan cara melakukan hobi atau sejenisnya dapat meningkatkan kebahagiaan yang lebih besar, sebagaimana menurut penelitian di tahun 2018 yang diterbitkan jurnal Psychological Science.

Nah, kamu bisa mengajak teman, pasangan, saudara, maupun anggota keluarga yang lain untuk melakukan rutinitas skincare. Dengan demikian, kamu dapat menciptakan momen bermakna yang akan meningkatkan kepuasan pribadi dan ikatan keluarga.

Tak harus beli produk baru, kamu bisa manfaatkan apa yang ada di rumah seperti minyak kelapa, alpukat, atau susu untuk membuat masker DIY bareng keluarga.

6. Memanjakan Diri Sendiri

Skincare
Foto: Pexels.com/Anna Shvets

Memanjakan diri dengan menghabiskan lima menit ekstra untuk merawat kulit adalah bentuk rasa sayang pada diri sendiri. Demikian pula ketika memakai maskara di pagi hari, mengoleskan blush on pada pipi untuk membuatnya menonjol, atau memakai tinted moisturizer yang membuat kulit tampak bersinar.

Menurut Everyday Health, akan lebih baik lagi jika kamu menemukan pelembap yang benar-benar disukai. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait dengan teksturnya yang nyaman di kulit hingga baunya yang menenangkan. Pelembap berfungsi untuk memperbaiki tampilan kulit secara keseluruhan sekaligus memulihkan dan mempertahankan fungsi kulit. Ini juga membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit, yang dapat membantu meningkatkan mood.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id