sign up SIGN UP

SKINCARE

Vitamin C Dicampur Niacinamide, Boleh atau Enggak?

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 04 May 2021 12:00 WIB
Vitamin C Dicampur Niacinamide, Boleh atau Enggak?
caption

Ladies, tentu tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap kandungan yang diformulasikan dalam skincare memiliki peran dan manfaat masing-masing bagi kulit. Oleh sebab itu pula lah, klaim yang diberikan masing-masing skincare akan berbeda, tergantung bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Di samping itu, kenyataan yang sering dihadapi adalah bahwa produk skincare yang digunakan tidak hanya satu jenis sehingga kandungan di masing-masing produk pun turut berbeda.

Dua di antaranya yang cukup sering ditemukan adalah kandungan Vitamin C dan Niacinamide. Keduanya bisa ditemukan di berbagai macam produk dan pada akhirnya menimbulkan pertanyaan ‘apakah aman apabila dicampur ataupun dipakai secara bersamaan?’.

Pertanyaan ini tentu wajar adanya mengingat adanya kemungkinan reaksi yang terjadi apabila dua kandungan berbeda bertemu. Hal ini semakin urgent untuk dibahas terlebih lagi karena berkaitan dengan kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Lantas, apa jawaban sebenarnya dari pertanyaan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Niacinamide dan Vitamin C

Ilustrasi kandungan skincare Niacinamide dan Vitamin C /freepik.com
Ilustrasi kandungan skincare/freepik.com

Sebelum membahas lebih lanjut tentang aman tidaknya mencampurkan Niacinamide dan Vitamin C dalam skincare, maka lebih baik dipahami terlebih dahulu karakteristik dari kandungan masing-masing.

Niacinamide sendiri merupakan bentuk Vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat termasuk mencerahkan, memperbaiki skin barrier, meningkatkan produksi kolagen bahkan memiliki efek anti inflamasi pada kulit. Sementara itu, Vitamin C merupakan kandungan yang bersifat antioksidan kuat sehingga memiliki kemampuan untuk menetralkan radikal bebas.

Oleh sebab itu, Vitamin C ini dapat melindungi dari berbagai potensi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga berperan penting untuk produksi kolagen, memperbaiki tampilan kerutan dan garus halus serta mengurangi hiperpigmentasi.

Apakah Aman Menggunakannya Bersamaan?

Ilustrasi Niacinamide dan Vitamin C saat digunakan bersamaan/freepik.com
Ilustrasi Niacinamide dan Vitamin C/freepik.com

Pertanyaan ini tentu menjadi inti dari segala bentuk kekhawatiran terkait percampuran kandungan skincare. Dilansir dari Byrdie.com, jawaban untuk pertanyaan ‘bisakah menggunakan Niacinamide dan Vitamin C secara bersamaan?’ adalah ‘bisa’. Lantas mengapa bisa?

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kekhawatiran yang selama ini muncul terkait penggabungan Niacinamide dan Vitamin C berawal dari beberapa penelitian pada tahun 1960. Dalam beberapa penelitian yang ada menunjukkan adanya interaksi negatif dan keduanya beraksi menghasilkan asam nikotinat yang adapat menyebabkan kemerahan dan gatal pada kulit.

Dengan catatan bahwa itu semua terjadi apabila menggunakan asam askorbat murni dan Niacimide yang ditahan pada suhu tinggi. Namun jika merujuk pada keadaan yang ada pada saat ini, maka penelitian tersebut tidak lagi relevan untuk dijadikan alasan tidak aman menggabungkan keduanya.

Hal tersebut dikarenakan formulasi modern pada saat ini tidak menggunakan suhu tinggi lagi melainkan suhu kamar. Selain itu, sebagian besar produk perawatan kulit saat ini telah menggunakan bentuk Vitamin C yang berbeda dan lebih stabil seperti Ascorbyl Palmitate dan Magnesium Ascorbyl Phospate daripada asam askorbat.

Apakah Bermanfaat Menggabungkan Niacinamide dan Vitamin C?

Ilustrasi Niacinamide dan Vitamin C saat digunakan bersamaan/freepik.com
Ilustrasi Niacinamide dan Vitamin C/freepik.com

Selain pertanyaan aman atau tidak aman menggabungkan Niacinamide dan Vitamin C, maka muncul pertanyaan lainnya yaitu apakah ada manfaat atau reaksi positif yang dihasilkan saat kedua kandungan ini digabungkan. Jawabannya adalah ‘ya, ada manfaatnya’.

Menggabungkan Niacinamide dan Vitamin C membuatnya bekerja lebih kuat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti tanda penuaan. Vitamin C akan bekerja dengan menghambat enzim yang dikenal sebagai tirosinase sementara Niacinamide bekerja dengan cara mencegah transfer pigmen di dalam sel.

Cara Tepat Menggunakan Niacinamide dan Vitamin C

Ilustrasi Niacinamide dan Vitamin C saat digunakan dalam rangkaian skincare/freepik.com
Ilustrasi Niacinamide dan Vitamin C/freepik.com

Satu hal lagi yang juga penting untuk diketahui adalah terkait cara tepat menggunakan Niacinamide dan Vitamin C. Nah, sejauh cara yang tepat untuk menggunakan Niacinamide dan Vitamin C secara bersamaan adalah mencari satu produk yang mengandung keduanya ataupun melapisinya secara terpisah.

Meski demikian, beberapa ahli lebih setuju cara menggunakan dengan melapisi secara terpisah. Adapun alasannya dikarenakan Vitamin C merupakan molekul yang kurang stabil dan mudah menjadi tidak aktif oleh paparan sinar matahari, oksigen dan lainnya.

Sementara itu, Niacinamide dapat bekerja lebih baik pada pH yang netral ataupun lebih tinggi. Oleh sebab itu, penggunaan dari masing-masing produk berbeda dengan menerapkan pelapisan memang lebih disarankan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id