sign up SIGN UP

SKINCARE

Waspadai Tanda Ini Jika Kamu Mengalami Over Eksfoliasi

Penny Fatikasari | Minggu, 26 Jul 2020 20:30 WIB
Waspadai Tanda Ini Jika Kamu Mengalami Over Eksfoliasi
caption

Melakukan eksfoliasi merupakan salah satu cara yang baik untuk mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit agar terlihat cerah dan sehat. Namun, jika kamu melakukan eksfoliasi terlalu sering juga bisa menyebabkan hal yang fatal, lho! Mungkin beberapa hal berikut akan kamu alami jika sering melakukan eksfoliasi.

Munculnya Peradangan Pada Kulit

munculnya peradangan pada kulit
Munculnya Peradangan Pada Kulit/Freepik.com

Jika kamu sering melakukan eksfoliasi kulit hingga over-exfoliated maka akan timbul peradangan dengan munculnya kemerahan pada kulit wajah, gatal-gatal, rasa panas seperti terbakar bahkan kulit reaktif. Inilah salah satu penyebab yang ditimbulkan bahwa lapisan kulit mulai terganggu dan mengakibatkan peradangan, alergi bahkan iritasi, ditambah lagi dengan paparan sinar matahari kulitmu akan mengalami gatal tak tertahankan. Gejala kulit pada tahap ini pun bisa menyebabkan munculnya dermatitis.

Wajah Berjerawat

wajah berjerawat
Wajah Berjerawat/Freepik.com

Munculnya jerawat juga dapat dikarenakan oleh beberapa faktor tertentu. Namun siapa sangka jika sering melakukan eksfoliasi pun bisa menimbulkan terjadinya jerawat lho!


Jerawat yang muncul akibat skin barrier yang lemah, jika ditambah seringnya eksfoliasi mengakibatkan terjadinya penipisan pada kulit dan kamu memberikan peluang bagi jerawat untuk masuk ke permukaan kulitmu dengan mudah.

Kulit Menjadi Kering

kulit kering
Kulit Menjadi Kering/Freepik.com

Tanda lainnya yang menyebabkan kulitmu over-exfoliated adalah kulit menjadi kering dan retak. Hal ini dikarenakan kandungan minyak alami pada kulit terkuras ketika terlalu sering melakukan eksfoliasi, sehingga kulit kehilangan pelembab alaminya.

Kulit Lebih Banyak Berminyak

kulit berminyak
Kulit Lebih Banyak Berminyak/Freepik.com

Eksoliasi yang berlebihan juga bisa memproduksi minyak lebih banyak dari normalnya sebagai bagian dari upaya perlindungan diri akibat kekurangan cairan. Jika kulit lebih banyak mengeluarkan minyak berlebih pada wajah dan kamu sering kali mengusapkannya dengan kertas minyak, hal ini bertanda bahwa kulitmu kekurangan cairan. Yuk, lengkapi kebutuhan cairan pada tubuhmu!

Wajah Mengkilap

wajah mengkilap
Wajah Mengkilap/Freepik.com

Kamu pasti ingin mendambakan wajah yang sehat dan glowing ala-ala wanita Korea bukan? Dan salah satu langkah yang akan kamu pilih pasti dengan melakukan eksfoliasi,  tapi jika terlalu sering juga akan menimbulkan permasalahan pada kulit.

Jika kamu merasakan kulit yang menipis, transparan bahkan mengkilap, itu tandanya wajahmu sudah over eksfoliasi, Ladies!

Nah, itu dia tanda-tanda berbahaya jika kamu melakukan eksfoliasi terlalu sering bahkan berlebihan. Segala yang dilakukan berlebihan tentunya tidak baik.

Maka dari itu untuk menjaga regenerasi kulit cantikmu agar terus sehat dan terawat, kamu bisa melakukan eksfoliasi sebanyak satu hingga dua kali seminggu dengan memberikan jeda dua hingga tiga hari agar kulitmu terhindar dari inflamasi serta memulihkan kulit sensitif.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id