sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Mengelola Stres dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis Bersama Suami

Shinta Nikmah | Senin, 23 Nov 2020 19:45 WIB
Mengelola Stres dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis Bersama Suami
caption

Pernikahan yang bahagia adalah impian semua orang. Sungguh sangat bahagia ketika memiliki pasangan sebagai tempat berbagi suka maupun duka, menemani di kala senang maupun susah. Terlebih apabila sudah memiliki buah hati, tentu kebahagiaan dalam berumah tangga akan semakin lengkap. Tingkah menggemaskan sang anak dan perhatian utuh dari suami sungguh menjadi dambaan.

Seiring berjalannya waktu, wanita pasti mengalami permasalahan dalam rumah tangga. Stres dalam pernikahan bisa terjadi kapan saja. Apabila tidak dikelola dengan baik, maka stres bisa memicu keretakan rumah tangga. Ibu yang mengalami stres juga akan berdampak pada perkembangan buah hati. 

Wanita berpotensi lebih tinggi mengalami stres dalam rumah tangga, untuk itu stres perlu dikelola agar tidak berdampak buruk di kemudian hari. Sebab stres tidak hanya mengurangi keharmonisan rumah tangga, namun bisa berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan. Tips-tips berikut perlu dicoba agar bisa terhindar dari stres yang berlebihan.

Berkomunikasi dengan Pasangan

KomunikasiKomunikasi dengan Pasangan/ Foto: Freepik.com

Suami dan istri adalah sejoli yang harus melengkapi satu sama lain. Termasuk ketika mengalami suatu masalah, maka pasangan tidak boleh cuek dan mengabaikan. Komunikasi adalah kunci penting dalam membangun sebuah hubungan. Apabila segalanya tidak dikomunikasikan, maka sebuah pernikahan tidak akan bisa harmonis.

Jadi, istri dan suami wajib terbuka tentang segala hal dan jangan sampai memendam masalah. Pasangan bisa memanfaatkan waktu sebelum tidur untuk membahas permasalahan-permasalahan rumah tangga. Ketika anak sudah tidur, ngobrol bersama pasangan pasti lebih menyenangkan dan tanpa gangguan.

Mengungkapkan Apa yang Diinginkan

Mengungkapkan Keinginan
Mengungkapkan Keinginan/ Foto: Freepik.com

Terkadang wanita lupa bahwa laki-laki sangat susah menangkap isyarat yang kita lempar. Faktanya laki-laki malah sangat mengapresiasi ketika pasangannya mau mengungkapkan apa yang diinginkan. Termasuk dalam berhubungan intim, laki-laki akan sangat senang apabila pasangannya yang minta duluan.

Nah, sebagai wanita kamu harus secara lugas mengatakan apa yang kamu inginkan kepada suami agar tidak ada salah paham dan menganggap suami tidak peka.

Jangan Saling Egois

Jangan egois
Jangan Saling Egois/ Foto: Freepik.com

Ketika menemui permasalahan sangat disarankan untuk duduk bersama dengan kepala dingin alih-alih saling berteriak bahkan melempar barang. Jangan saling menyalahkan hanya karena ego yang terlalu tinggi. Semua yang dimulai dengan emosi biasanya tidak berakhir baik. Alangkah baiknya bila saling mengalah dan mulai mengatasi permasalahan bersama-sama. 

Saling Peduli dan Saling Perhatian

Saling Peduli
Saling Peduli dengan Pasangan/ Foto: Freepik.com

Cinta adalah suatu perasaan yang harus berbalas. Cinta tidak bisa bertahan lama apabila salah satu pihak hanya cuek dan kurang peduli. Saling memberi perhatian meskipun dari hal-hal kecil mampu membuat pernikahan menjadi semakin harmonis.

Saling bertukar kabar ketika sedang tidak bersama, saling mengingatkan untuk tetap makan teratur atau menjaga kesehatan merupakan perhatian-perhatian kecil yang menunjukkan bahwa satu sama lain memiliki kepedulian.

Sering Berhubungan Intim

Menggoda Suami
Menggoda Suami/ Foto: Freepik.com

Berhubungan intim terbukti mampu menghilangkan stres dan membuat wajah lebih berseri. Berhubungan intim dengan pasangan secara teratur bahkan sangat menyehatkan dan bisa membuat awet muda.

Coba sesekali berdandan yang cantik dan memakai lingerie yang seksi untuk menggoda suami. Kegiatan seks yang sehat dan teratur pasti membuat rumah tangga lebih bahagia, dan tentunya bisa terhindar dari stres.

Kencan Berdua

Kencan
Kencan Bersama Pasangan/ Foto: Freepik.com

Sesekali melakukan kencan berdua tanpa anak menjadi salah satu cara untuk menghindari stres. Buatlah jadwal rutin melakukan kencan romantis dengan pasangan. Tidak harus mahal dan mewah. Bahkan belanja berdua di supermarket pun bisa menjadi kencan yang sederhana namun menyenangkan. Biarkan anak bersama nenek atau kakeknya sementara kalian keluar makan malah romantis di restoran favorit.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id