sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips Menggelar Pernikahan di Tengah Pandemi Corona

tyana | Senin, 07 Sep 2020 09:30 WIB
Tips Menggelar Pernikahan di Tengah Pandemi Corona
caption

Pandemi corona yang telah menyerang Indonesia selama enam bulan belakang ini menyebabkan perubahan dalam kehidupan kita. Tak hanya aktivitas sehari-hari seperti bersekolah, bekerja, ataupun komunikasi dengan sosial tetapi juga dalam menggelar pernikahan. 

Selama pandemi corona ini, Pemerintah melarang untuk menggelar acara yang membuat keramaian. Bukan tanpa alasan, keramaian dapat menjadi tempat penyebaran virus corona.

Kabar baiknya, pada Juni lalu Kementerian Agama telah membuat kebijakan untuk masyarakat dapat menggelar pernikahan di luar KUA. Untuk tetap sehat dan aman! Inilah beberapa tips yang wajib kamu lakukan saat menggelar pernikahan. 


Membatasi Tamu Undangan

Cara menggelar pernikahan selama pandemi corona
Ilustrasi Pernikahan/pinterest.com/kristaphee

Salah satu syarat dari Kementerian Agama (Kemenag) untuk menggelar pernikahan pandemi corona adalah dengan membatasi tamu undangan dan tidak menggelar acara yang dapat menarik orang banyak. 

Untuk itu saat mengundang tamu, pastikan hanya orang terdekat yang datang dan yang memiliki kepentingan. Hindari juga untuk mengundang tamu dari luar kota karena beresiko tinggi dalam penyebaran virus corona. Hal ini dilakukan tak hanya untuk menjaga diri kita tetapi juga orang-orang yang kita sayangi.

Melaksanakan Protokol Kesehatan

Cara menggelar pernikahan saat pandemi corona
Ilustrasi Pernikahan saat Pandemi/pinterest.com/mujerde10/

Tak hanya membatasi tamu undangan, saat menggelar pernikahan walaupun hanya keluarga terdekat juga perlu melaksanakan protokol kesehatan selama new normal seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Pada masa pandemi seperti sekarang salamanpun sangat dihindari karena dapat menyebarkan virus corona. Untuk itu, walaupun bersalaman dengan pengantin sebagai simbol selamat berbahagia merupakan kebiasaan  tetapi sangat perlu dihindari. Salaman secara langsung dapat diganti dengan salaman tanpa sentuhan langsung.

Perhatikan Ventilasi Udara

Cara menggelar pernikahan saat pandemi corona
Ilustrasi Pernikahan/pinterest.com/cichocka0588

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah mengeluarkan penemuan baru bahwa virus corona dapat menyebar melalui udara. Untuk menggelar pernikahan tetap aman, kita perlu memperhatikan ventilasi udara. Kemenag juga telah membatasi maksimal orang yang datang dalam pernikahan sebanyak 10 orang apabila digelar di rumah dan 30 orang apabila tempatnya cukup luas dengan ventilasi udara yang baik.

Untuk itu menggelar pernikahan di tempat terbuka lebih disarankan daripada menggelar di dalam rumah. 

Menghindari Sistem Parasmanan

Cara menggelar pernikhan saat pandemi
Ilustrasi Pernikahan/pinterest.com/sofiaamutenya

Menggelar pernikahan tanpa makan-makan pastinya ada yang kurang. Acara makan-makan bukan hanya simbol syukur dari kebahagian keluarga pengantin tetapi juga acara silaturahmi agar kedua belah pihat tetap berhubungan baik. 

Sayangnya acara ini harus memiliki perhatian khusus, apalagi acara makan-makan saat pernikahan selalu digelar dengan cara prasmanan. Prasmanan membuat kita dapat memilih dan membawa makanan sendiri. Hal ini yang dapat mempertinggi resiko penyebaran virus corona. Untuk itu acara prasmanan dapat diganti dengan makanan yang telah disiapkan dalam piring atau box sehingga tamu undangan tak perlu lagi saling bergantian membawa makanan. 

Apabila tetap ingin menggunakan sistem prasmanan, pastikan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan kebersihan. Siapkan orang dengan menggunakan masker dan sarung tangan untuk membantu tamu membawa makanan, sehingga tamu tak akan bergantian menyentuh sendok makanan. 

Menggunakan Undangan Online

Cara menggelar pernikhan saat pandemi corona
Ilustrasi Pernikahan/pinterest.com/whiteinvitations/

Apabila ingin mengundang teman ataupun kerabat dekat ke pernikahan, disarankan untuk mengundang secara online tanpa adanya bentuk fisik ataupun interaksi langsung. Undangan secara online bukan hanya dapat mengurangi risiko penyebaran virus tetapi juga dapat memudahkan dalam proses mengundang tamu. 

Sekarang ini banyak cara untuk mengundang tamu secara online seperti menggunakan telepon ataupun melalui social media. Kamu juga dapat menggunakan situs website yang khusus untuk mengundang tamu undangan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id