sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Waspada! Intip Tanda-Tanda Toxic Marriage Berikut Ini

Rumaysha Milhania | Selasa, 20 Apr 2021 21:30 WIB
Waspada! Intip Tanda-Tanda Toxic Marriage Berikut Ini
caption

Hidup dalam pernikahan yang toxic dapat menghilangkan semua kebahagiaan dari hidup, memperburuk kesehatan mental dan perasaan tenang dalam diri. Ini juga berisiko mendorong kamu ke dalam perasaan ragu-ragu dan tidak percaya diri yang terus-menerus dan bahkan membuat kamu memiliki pikiran untuk bunuh diri. Berikut ini adalah beberapa tanda rumah tangga toxic yang harus kamu antisipasi.

Hidup dalam pernikahan yang toxic dapat menghilangkan semua kebahagiaan dari hidup, memperburuk kesehatan mental dan perasaan tenang dalam diri.
Pernikahan Toxic/ Sumber: Freepik.com

1. Kurangnya Komunikasi Dua Arah

Berbicara satu sama lain dianggap sebagai cara yang bagus untuk menghilangkan kesalahpahaman dan mengembangkan ikatan antara dua orang. Namun, jika salah satu dari pasangan menjadi lebih dominan dan menuntut untuk dimengerti tanpa memikirkan pasangannya, ada baiknya kamu mulai waspada. Komunikasi satu arah yang mendominasi dapat menjadi salah satu ciri rumah tangga toxic yang berbahaya bagi kesehatan mentalmu.

2. Kecemburuan Berlebihan

Jika pasanganmu terus-menerus mengirim pesan kepadamu dan ingin tahu ke mana kamu pergi, dengan siapa kamu bergaul, ini menunjukkan ketidakamanan mereka dan kebutuhan mereka untuk mengendalikanmu, kamu perlu hati-hati.

Kecemburuan ini memang merupakan bagian dari cinta, tetapi jika itu berlebihan semua tidak akan baik. Tidak memiliki kepercayaan dalam suatu hubungan adalah tanda yang jelas bahwa pernikahan kamu tidak dilandasi fondasi yang kuat. 

Jika pasanganmu terus-menerus mengirim pesan kepadamu dan ingin tahu ke mana kamu pergi, dengan siapa kamu bergaul, ini menunjukkan ketidakamanan mereka dan kebutuhan mereka untuk mengendalikanmu, kamu perlu hati-hati.
Masalah Pernikahan/ Sumber: Freepik.com

3. Ancaman dan Selalu Menyalahkan

Apabila pasanganmu selalu mengancam atau menyalahkanmu dalam semua situasi hingga menyebabkan kamu tertekan, ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu harus mengantisipasi hal yang buruk dalam pernikahanmu. Seberapa besar seseorang menyalahkan pasangannya bergantung pada persepsi mereka, dan itu juga menentukan seberapa besar mereka menghargai dan memikirkan pasangannya.

4. Perkelahian dan Pertengkaran Tanpa Henti

Pasangan suami istri memang perlu belajar lebih banyak tentang satu sama lain selama bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik yang membantu mereka meminimalkan konflik perkawinan dan meningkatkan cinta di antara mereka. Namun, jika pertengkaran terjadi tanpa henti setiap saat, kamu sudah bisa mempertimbangkan apakah rumah tangga ini toxic?

5. Merasa Cemas Setiap Saat

Jika kamu hidup dalam pernikahan yang toxic, pada akhirnya kamu akan selalu merasa cemas dan takut melakukan apa pun yang menurut kamu dapat menyinggung atau mengecewakan pasanganmu. Semua ini sepenuhnya karena takut dikritik atau diteriaki. Jika kamu merasa seperti "berjalan di atas telur" yang berarti selalu ada rasa takut dan hati-hati, ini pertanda besar bahwa kamu tidak bahagia dalam pernikahan ini.

Jika kamu hidup dalam pernikahan yang toxic, pada akhirnya kamu akan selalu merasa cemas dan takut melakukan apa pun yang menurut kamu dapat menyinggung atau mengecewakan pasanganmu.
Konflik Pernikahan/ Sumber: Freepik.com

Segera lakukan konsultasi dan carilah penengah untuk mendapatkan solusi atas masalahmu ini. Dalam beberapa kasus, pernikahan toxic masih dapat diselamatkan dengan komunikasi dan keterbukaan untuk saling memperbaiki diri. Jadi, jangan ragu untuk mulai memperbaiki hubungan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id