sign up SIGN UP

5 Rekomendasi Brand Lokal dengan Konsep Body Positivity

Ira Syafira | Beautynesia
Jumat, 27 May 2022 18:00 WIB
5 Rekomendasi Brand Lokal dengan Konsep Body Positivity
caption

Belakangan ini, kampanye mengenai kesehatan mental seperti self care dan self love menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Semua ini bermula karena orang-orang mulai sadar betapa berpengaruhnya kesehatan mental di kehidupan sehari-hari.

Dalam dunia fashion, kampanye yang juga berhubungan dengan mental biasanya dikenal dengan body postivity. Gerakan ini dasarnya mengajak semua orang untuk menerima kondisi fisik masing-masing tanpa membandingkannya dengan orang lain. 

Tak hanya sekedar kampanye saja, beberapa industri fashion lokal mulai menjadikannya inspirasi untuk menghasilkan produk bertajuk body positivity. Umumnya, brand lokal ini akan menyediakan beragam pilihan ukuran sehingga semua bisa menggunakan model yang sama. Penasaran apa saja brand-brand tersebut? Yuk, langsung simak informasinya berikut ini!

1. Jiniso

Jiniso/Foto: Instagram/@jiniso.id
Jiniso/Foto: Instagram/@jiniso.id

Mencari jeans dengan ukuran besar saat ini memang susah-susah gampang. Namun, Jiniso hadir untuk memberikan solusi bagi kamu yang kesulitan mencari ukuran jeans tersebut. Sejak didirikan pada 2019 oleh Roby Chandra dan Dian Fiona, Jiniso telah mengusung tema body inclusivity

Jiniso memproduksi celana mulai ukuran 27 hingga 38 di setiap modelnya. Bahkan Jiniso memberikan tag #SizeDontMatter pada setiap jeans dengan ukuran plus size. Baru-baru ini Jiniso tidak hanya memperbarui koleksi celana saja, mereka mulai merilis kaus, outer, dan kemeja yang tentu tersedia hingga ukuran besar.

2. Barekurve

Kurve/Foto: barekurve.com
Kurve/Foto: barekurve.com

Berdiri sejak 2019, Barekurve menjadi salah satu local brand yang berfokus ke prosuk basic wear. Kurve diciptakan oleh Paula Anselmi berdasarkan pengalamannya saat melawan ketidaknyamanan dari bentuk tubuhnya. Sehingga, brand ini dibuat berdasarkan nilai untuk saling mendukung para perempuan agar lebih percaya diri. Paula sempat mengkampanyekan body positivity saat merilis produknya.

Dalam menciptakan produknya, ia memilih mengedepankan kesederhanaan dan kualitas yang apik. Barekurve bisa dikatakan sebagai pakaian "Konfidencewear", karena material yang digunakan adalah jersey berkualitas dan kain terry. Kedua bahan tersebut akan membuatnya nyaman dan terlihat sempurna saat mengenakannya. 

3. Monomolly

Monomolly/Foto: Instagram/@monomolly.id
Monomolly/Foto: Instagram/@monomolly.id

Jika kamu mencari pakaian yang lebih manis dan feminin, sepertinya Monomolly bisa untuk dicoba. Walaupun awalnya Monomolly tidak fokus ke body positivity, namun akhirnya ia mulai mencoba. Hal ini terjadi karena banyak pelanggan yang mengeluhkan ingin membeli tapi ukurannya tidak tersedia. 

Akhirnya Monomolly inisiatif untuk membuat pakaian yang bisa digunakan hingga berat badan 100 kg. Produknya sendiri sangat beragam, mulai dari dress, atasan, outer, setelah, rok, dan celana kulit. Kamu juga nggak perlu mengira-ngira bagaimana modelnya saat digunakan, karena monomolly selalu melakukan pemotretan dengan beberapa model sesuai ukurannya.

4. Cottonink

Cottonink/Foto: Instagram/@cottonink
Cottonink/Foto: Instagram/@cottonink

Cottonink merupakan produk lokal yang sudah terkenal cukup lama. Berangkat dari kesadaran bahwa kecantikan Indonesia yang cukup beragam, Cottonink memunculkan The Everbody Campaign. Gerakan ini menekankan bahwa menjadi cantik merupakan hak semua orang tanpa melihat latar belakang diri mereka.

Kecantikan tersebut tak terkecuali dalam memilih pakaian. Apapun bentuk tubuh dan warna kulitnya, kamu berhak diperlakukan sama. Sehingga disini Conttonink memberikan pilihan pakaian sehari-hari mulai dari kaus, kemeja, outer, celana, hingga dress dengan ukuran yang beragam. Siapapun bisa melakukan hal yang sama apapun bentuk tubuhnya, terutama dalam bergaya.

5. Nipplets

Nipplets/Foto: Instagram/@nipplets_official
Nipplets/Foto: Instagram/@nipplets_official

Jika sebelumnya merupakan brand yang memproduksi pakaian sehari-hari, kali ini saatnya membahas baju tidur. Nipplets, brand yang menyadari bahwa orang bertubuh plus size hingga saat ini masih kurang percaya diri untuk menunjukkan sisi seksi mereka. Produk yang diciptakan oleh Nipplets adalah pakaian tidur dengan model seksi yang tersedia untuk semua ukuran.

Nipplets sempat menyuarakan Real People Real Body, dimana gerakan ini untuk mendukung kepercayaan diri perempuan dengan apapun bentuk tubuh mereka. Produk yang mereka miliki tersedia mulai ukuran S hingga XXL. Model pakaian tidurnya pun stylish dan modern, dijamin kamu pasti akan jatuh cinta.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id