sign up SIGN UP

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dan Mencegahnya

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 13:00 WIB
Cara Menghilangkan Bau Sepatu dan Mencegahnya
caption

Sepatu merupakan opsi nyaman untuk dikenakan saat kita bepergian. Selain cocok dipakai untuk berolahraga, sepatu juga bisa digunakan untuk jalan-jalan atau traveling. Bentuknya yang tertutup dan stylish dengan alas insole empuk tidak akan menyiksa kaki saat berjalan jauh. Sepatu pun sering kita pilih untuk dipakai sehari-hari.

Namun karena hal ini pula yang menyebabkan sepatu beraroma tidak sedap, Beauties. Pemakaian berulang kali membuat bakteri akibat keringat menumpuk pada sepatu dan menyebabkan bau. Karena itu, terdapat beberapa cara menghilangkan bau sepatu serta cara pencegahannya agar sepatu kesayangan tidak menimbulkan bau. 

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Cara menghilangkan bau sepatu/
Cara menghilangkan bau sepatu/ Foto: pexels.com/Andrey Matveev

1. Cuci sepatu dan insole

Perawatan sepatu pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci sepatu beserta insole di dalamnya. Mencuci jadi cara paling ampuh untuk menghilangkan sepatu. Caranya cukup mudah, yaitu cuci menggunakan tangan menggunakan air dingin dan sabun cair yang lembut agar tidak merusak material sepatu. Setelah dicuci, keringkan secara alami dengan angin.

2. Jemur sepatu

Jika belum sempat mencuci, cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengusir bau sepatu adalah dengan menjemur sepatu di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Angin akan mengeringkan bagian sepatu yang lembap, sedangkan sinar UV dapat membunuh bakteri yang ada di dalam sepatu.

3. Bekukan sepatu

Cara instan menghilangkan bau sepatu lainnya adalah dengan membekukan sepatu dalam freezer. Masukan sepatu dalam kantung plastik dan diamkan dalam freezer semalaman. Langkah ini bisa dilakukan karena bakteria membutuhkan udara hangat dan ruang gelap untuk berkembang biak

 

Cara Mencegah Sepatu Bau

Cara mencegah bau sepatu/
Cara mencegah bau sepatu/ Foto: pexels.com/Taryn Elliott

1. Keringkan sepatu sebelum dipakai kembali

Setelah pemakaian sepatu, sebaiknya segera jemur sebelum pemakaian berikutnya. Kamu juga bisa memakai sepatu secara bergilir agar tidak hanya satu sepatu yang sering dipakai. Misalnya, setelah pemakaian sepatu A, jemur sepatu tersebut. Lalu, gunakan sepatu B selama sepatu A masih dijemur. Dengan begitu, sepatu akan kering sempurna dan siap dipakai kembali tanpa menimbulkan bau tidak sedap.

2. Simpan di tempat kering 

Selain dijemur, kamu juga bisa menyimpan sepatu di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur. Tempat gelap dan lembap bisa menambah perkembang biakkan bakteri.

3. Ganti dan cuci insole secara berkala

Insole yang lembab akibat keringat, yakni alas yang terletak di dalam sepatu merupakan salah satu penyebab munculnya aroma tidak sedap. Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan insole yang bisa dicuci dan cuci secara berkala untuk mencegah bau sepatu. 

4. Gunakan baking soda dan filter kopi

Opsi lain pencegahan dan menghilangkan bau sepatu yaitu dengan menyerap kelembapan dan bau tersebut. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan baking soda dan filter kopi. Trik mudah ini diambil dari situs Health, yaitu isi filter kopi dengan baking soda lalu rekatkan dengan selotip agar tidak tumpah. Masukkan tiap bungkusan pada masing-masing sepatu lalu diamkan semalaman.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id