sign up SIGN UP

Desainer Legendaris Issey Miyake Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Selasa, 09 Aug 2022 18:00 WIB
Desainer Legendaris Issey Miyake Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun
caption
Jakarta -

Desainer legendaris Issey Miyake dilaporkan telah menghembuskan napas terakhirnya pada 5 Agustus 2022 di usia 84 tahun.

Berdasarkan keterangan pers yang dirilis, ia meninggal setelah berjuang melawan penyakit hepatocellular carcinoma. Perwakilan Issey Miyake Group dan Miyake Design Studio juga menyatakan bahwa sesuai wasiat bahwa tidak akan digelar upacara pemakaman.

Lahir di Hiroshima, Jepang pada tahun 1938, Miyake baru berusia 7 tahun kala tentara Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota tersebut. Berhasil selamat dari peristiwa mengerikan tersebut, Miyake sendiri tak pernah ingin membicarakan pengalamannya atau "dikenal sebagai desainer yang selamat dari bom atom" ujarnya kepada New York Times.

NEW YORK CITY - DECEMBER 8:   Fashion designer Issey Miyake attends the Metropolitan Museum of Art's Costume Institute Gala Exhibition of NEW YORK CITY - DECEMBER 8: Fashion designer Issey Miyake attends the Metropolitan Museum of Art's Costume Institute Gala Exhibition of "Dance" on December 8, 1986 at the Metropolitan Museum of Art in New York City. (Photo by Ron Galella, Ltd./Ron Galella Collection via Getty Images)/ Foto: Ron Galella Collection via Getty/Ron Galella

Miyake mulai mendirikan label fashion pada tahun 1970 di Paris. Bersama Kenzo Takada, ia jadi salah satu desainer Jepang pertama yang mempresentasikan koleksinya di pekan mode Paris.

Di era sekarang ini, masyarakat luas mungkin lebih mengenal nama Issey Miyake lewat parfum, kreasi label Pleats Please dan tas Bao Bao. Pleats atau lipit memang jadi salah satu kreasi andalan Miyake di runway.

Issey Miyake Spring 1995Issey Miyake Spring 1995/ Foto: Conde Nast Archive/Vogue

Pleats ditangan Miyake tak hanya jadi detail pada kreasi gaun cantik tapi dieksplorasi lebih lanjut dalam berbagai siluet busana. Seperti pada koleksi musim semi 1995 ia menampilkan dress dengan konstruksi yang terinspirasi lampion, di mana bagian bawah bisa naik-turun seperti dilansir dari Vogue.

Issey Miyake sendiri sebenarnya sudah lama tak merancang kreasi runway atau lini label lain asuhannya. Ia lebih memilih memberi kesempatan kepada desainer lain untuk meneruskan visi desain dari tiap label. Per tahun 2019, Satoshi Kondo jadi desainer yang diberi kepercayaan untuk menangani label utamanya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id