sign up SIGN UP

Dulu Dijauhi Kini Jadi Aksesori yang Fashionable, Ini Sejarah Singkat Sepatu Docmart

Ineza quintania Irianti Vinanda | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 17:45 WIB
Dulu Dijauhi Kini Jadi Aksesori yang Fashionable, Ini Sejarah Singkat Sepatu Docmart
caption

Docmart kerap kali menjadi pilihan sepatu yang paling sering digunakan para pencinta fashion untuk melengkapi penampilan nya. Sepatu ini digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, dari yang muda hingga orang tua sekalipun.

Sepatu yang belakangan sempat menjadi perbincangan warganet ini ternyata memiliki sejarah yang tidak disangka loh, Beauties. Ternyata pada awal nya sepatu yang sudah ada dari tahun 1945 ini merupakan sepatu untuk kelas pekerja.

Sepatu Docmart
Sepatu Docmart/Foto: instagram.com/drmartensofficial

Kata Docmart yang merupakan singkatan Dr. Martens, merujuk pada nama dari sang pendiri yakni Klaus Martens.

Pada awal nya Martens mengalami cedera pada kaki nya. Namun sepatu tentara yang ia kenakan, dinilai sangat kurang nyaman untuk kondisi kaki nya pada saat itu. akhirnya ia memutuskan untuk berinovasi dengan menambahkan kulit yang lembut serta sol yang lebih nyaman pada sepatu nya.

Sepatu Docmart
Sepatu Docmart/Foto: instagram.com/drmartensofficial

Kemudian pada tahun 1947, Dr.Martens bersama rekan bisnis nya mulai menjadikan inovasi nya tersebut menjadi peluang bisnis dengan memodifikasi sepatu menjadi lebih nyaman.

Hingga pada tahun 1959 penjualan sepatu pun mengalami peningkatan yang pesat. kemudian sepatu buatan Dr.Martens pun dibeli oleh sebuah perusahaan asal Inggris. Setelah itu, sepatu tersebut banyak dikenakan oleh para pekerja sehingga hal ini lah yang menyebabkan muncul nya stigma mengenai sepatu Docmart.

Namun, pada era tahun 60-an perkembangan sepatu docmart mulai dikenakan oleh komunitas Vespa di Inggris di mana turut mengubah citra dari sepatu ini dari semula benda esensial jadi aksesori fashion.

Sepatu Docmart
Sepatu Docmart/Foto: instagram.com/drmartensofficial

Seiring perkembangan zaman sepatu Docmart mulai diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Modifikasi sepatu pun semakin beragam. Contohnya seperti menambahkan design lukisan hingga graffiti.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id