sign up SIGN UP

Gara-gara Sandal Ini, Kanye West Lontarkan Tuduhan Plagiat ke Adidas

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 14:30 WIB
Gara-gara Sandal Ini, Kanye West Lontarkan Tuduhan Plagiat ke Adidas
caption

Kreasi brand Adidas tidak terbatas pada sepatu khusus dirancang untuk olahraga, tapi juga varian sandal yang masuk dalam koleksi Slides. Pada bulan Mei 2022 lalu, mereka merilis sandal selop Adidas Adilette 22 Slides yang langsung habis terjual di hari peluncuran. Menemukan kemiripan dengan sandal kreasi brand miliknya, Kanye West segera menukas Adidas melakukan plagiasi terhadap sandal Yeezy, hasil kolaborasinya dengan Adidas pada tahun 2019.

Adidas Adilette 22 Slides/
Adidas Adilette 22 Slides varian St Desert Sand/ Foto: adidas.com

Adilette 22 Slides mudah dikenali berkat wujud fisik yang unik, yaitu permukaan bertekstur geometris dan terdiri dari 3 varian warna, diantaranya St Desert Sand (krem), Magic Lime (hijau muda), dan campuran St Desert Sand & Magic Lime. Hanya saja bagian alas tebal dan bagian strap yang menyatu menunjukkan persamaan karakteristik dengan sandal Yeezy. Sandal keluaran brand rintisan Ye tersebut berdesain lebih minimalis serta material ringan antikeringat.

Sandal Yeezy/
Sandal Yeezy/ Foto: instagram.com/yeezymafia

Adapun sepasang Adilette 22 dibanderol seharga 55 USD atau setara Rp 809 ribu, sedangkan sandal Yeezy berkisar 50 USD atau sekitar Rp 700 ribuan. Walaupun Adilette lebih mahal, pangsa pasar yang berpotensial mendorong Adidas untuk merilis sandal ini kembali pada bulan Juli mendatang.

Bagian strap dan sol yang menyatu pada Adilette 22/
Bagian strap dan sol yang menyatu pada Adilette 22/ Foto: adidas.com

Tidak terima atas kemiripan desain ini, tuduhan pun disampaikan Kanye West itu dalam unggahan Instagram-nya yang kini sudah dihapus. Pada postingan itu, ia memperlihatkan gambar Adilette 22 varian Magic Lime berwarna hijau muda. Mengutip laman Wolipop, tulisan Ye terang-terangan merujuk Kasper Røsted selaku CEO Adidas. Pelantun lagu Praise God itu mengungkapkan ketidaksetujuan dengan tindakan peniruan secara gamblang tersebut.

“Produk ini merepresentasikan tindakan semena-mena orang-orang yang berkuasa terhadap mereka yang bertalenta,” ujar sang rapper, dilanjutkan dengan ungkapan Adidas Adilette 22 merupakan versi palsu sandal Yeezy. 

Meskipun begitu, masih belum ada tanggapan dari pihak Adidas atas singgungan salah satu kolaboratornya itu. Sejak pertama bekerjasama membangun Yeezy tahun 2016, Kanye West masih terikat kontrak dengan Adidas yang berakhir tahun 2026. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id