sign up SIGN UP

Jangan Dibuang! Kamu Bisa Bikin Aksesori Fashion Cantik dengan Barang Bekas Berikut

Krisyanti Asri | Beautynesia
Sabtu, 18 Jun 2022 18:00 WIB
Jangan Dibuang! Kamu Bisa Bikin Aksesori Fashion Cantik dengan Barang Bekas Berikut
caption

Bumi kita tengah dihadapkan oleh permasalahan kerusakan lingkungan paling mengancam, yaitu pengelolaan sampah yang tidak baik dan benar. Bahkan Indonesia tercatat menghasilkan paling sedikit 64 juta ton sampah per tahunnya.

Dari sekian banyak sampah yang dihasilkan, hanya 10 persen saja yang didaur ulang. Selebihnya, sampah dibuang ke tempat pembuangan akhir atau dibiarkan menimbun hingga mencemari lingkungan. Salah satu cara mengurangi resiko pencemaran lingkungan akibat sampah adalah dengan mendaur ulang atau recycle. 

Bicara tentang daur ulang, industri fashion juga turut ambil andil dalam gerakan ini. Tidak hanya menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan untuk produksi fashion, ada pula orang-orang yang tergerak hatinya untuk ikut membuat aksesori fashion dari barang-barang bekas.

Apakah kamu tertarik untuk ikut serta dalam mendaur ulang barang bekas menjadi aksesoris fashion? Yuk kita simak barang-barang bekas yang bisa didaur ulang menjadi aksesoris fashion unik berikut ini!

Kemasan Makanan atau Minuman

Kemasan minuman sachet dapat didaur ulang menjadi tas tangan yang cantik
Tas daur ulang/Foto : antardesa.id

Pembungkus makanan atau minuman sachet biasanya terbuat dari alumunium foil. Bahan ini membutuhkan waktu 400 tahun untuk terurai sempurna di alam. Daripada menjadi sampah dan merusak lingkungan, kita bisa mengolah kemasan makanan dan minuman ini menjadi aksesoris cantik dan unik. Kemasan makanan dan minuman sachet banyak didaur ulang menjadi tas dan dompet yang trendi. Kamu juga bisa membuat aksesoris kepala seperti ornamen pada bando dan jepit rambut yang lucu.

Ban Dalam Bekas

ban bekas bisa didaur ulang menjadi bahan utama pembuatan sandal dan sepatu
Sandal dari ban bekas/Foto : sragenkab.go.id

Di alam bebas, ban bekas membutuhkan waktu kurang lebih 80 tahun untuk terurai. Zat-zat kimia yang ditambahkan dalam pembuatan ban malah akan menambah lama proses terurai di alam. Selain didaur ulang untuk keperluan industri otomotif, ban bekas juga bisa dijadikan aksesoris fashion. Pilihlah ban dalam bekas motor atau sepeda yang mempunyai bahan lebih ringan dan elastis.

Kamu bisa membuat aksesori seperti sandal, ikat pinggang, gelang, tali tas, dan anting. Karena bersifat kuat dan tahan lama, ban bekas bisa dijadikan bahan pengganti kulit sintetis. 

Pecahan Kaca

Limbah kaca bisa didaur ulang menjadi anting yang cantik
Anting dari limbah kaca/Foto : instagram.com/ivanooz

Kaca termasuk sampah atau limbah yang membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terurai sempurna di alam. Karena membutuhkan waktu lama, tak heran kaca bekas yang menumpuk bisa menjadi sampah yang dapat merusak lingkungan. Pecahan kaca yang berserakan di jalan akan membahayakan orang yang tidak sengaja menginjaknya.

Salah satu cara memanfaatkan limbah kaca bekas adalah dengan mendaur ulang menjadi aksesoris fashion yang unik. Kaca yang didapat dari pecahan botol, gelas, atau lampu bisa kamu bawa ke pengrajin kaca untuk di daur ulang. Mereka biasanya mengolah semua pecahan kaca menjadi bandul atau gantungan kunci untuk tas, bandul anting, liontin, hingga pengganti batu zircon sebagai permata imitasi pada cincin.

Plastik

Clutch terbuat dari limbah plastik yang didaur ulang
Clutch dari plastik/Foto : salvierath.com

Tidak bisa dipungkiri kalau kita masih membutuhkan plastik sebagai media pengemas makanan dan minuman, paket-paket belanja online, dan masih banyak lagi. Kita bisa ikut menjaga lingkungan dengan mengolah sampah plastik menjadi barang yang berguna seperti aksesoris fashion. Belakangan ini muncul banyak pengrajin tas dan clutch yang memanfaatkan plastik sebagai bahan bakunya. Ada juga perhiasan seperti anting, gelang, dan gantungan kunci yang terbuat dari plastik.

Karung goni dan Kantung Semen

Kantung semen bisa didaur ulang  menjadi tas laptop yang kuat dan trendi
Tas laptop dari kantung semen/Foto : morethanhip.com

Meski terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, karung goni dan kantung semen seringkali dibuang karena tidak dianggap bermanfaat. Namun di tangan orang-orang yang tepat, karung goni dan kantung semen bisa menjadi bahan baku pembuat aksesoris fashion yang trendi lho! Karung goni terbuat dari serat tanaman dan mempunyai ciri khas bahan berlubang atau berpori.

Bahan ini bisa dipakai untuk membuat tote bag, bucket hat, tas pinggang, serta perhiasan seperti anting dan gelang. Kantung semen terbuat dari kertas tebal dan kuat untuk membawa beban berat. Karenanya, beberapa orang memanfaatkan kantung semen sebagai bahan pembuat tas ransel dan tas laptop.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id