sign up SIGN UP

Mengenal Circular Fashion, Kurangi Limbah Tekstil dengan Beri Umur Panjang Pada Pakaian

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 10:30 WIB
Mengenal Circular Fashion, Kurangi Limbah Tekstil dengan Beri Umur Panjang Pada Pakaian
caption

Sudah bukan rahasia jika limbah tekstil banyak tertimbun di pembuangan. Berdasarkan data yang dilansir dari BBC, sebanyak 92 juta ton limbah tekstil bertambah di tempat pembuangan secara global setiap tahunnya. Semakin buruk, angka ini diprediksi akan meningkat di tahun 2030 menjadi 134 juta ton. Beauties, kamu bisa membayangkan bagaimana material pakaian sulit terurai, tumpukan pun kian membukit, dan akan tetap bertahan mencemari lingkungan selama puluhan tahun? 

Kondisi membahayakan ekosistem ini memang patut diwaspadai semua orang, terutama mereka yang gemar mengonsumsi barang fesyen. Alhasil, fesyen sirkular pun muncul dan semakin dipopulerkan ditengah maraknya fashion berkelanjutan. Yuk kenali apa itu fesyen sirkular dan perbedaannya dengan fesyen linear yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Pengertian Circular fashion

Pengertian fesyen sirkular/
Pengertian fesyen sirkular/ Foto: pinterest.com/harpersbazaar.com

Circular fashion adalah sebuah konsep di mana pakaian, sepatu, atau aksesori dirancang, diambil bahan bakunya, diproduksi, dan disediakan dengan memerhatikan kualitas dan ketahanan sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama dan terurai sempurna jika sudah tidak kayak pakai. Siklus hidup dari sebuah pakaian berupa lingkaran atau siklus tertutup karena pemakaian yang dimaksimalkan.

Proses fesyen sirkular di mulai dari desain yang tak lekang waktu sehingga tetap relevan dalam periode waktu kapanpun. Lalu, pemilihan material yang berkelanjutan, diikuti dengan proses pembuatan yang ramah lingkungan dan etis. Jika pakaian tersebut sudah usang, maka pakaian bisa diperbaiki dan didesain ulang untuk disewakan, ditukar, atau dijual kembali, bukan dibuang.

 

Perbedaan Fesyen Sirkular dan Linear

Fesyen linear & sirkular/
Fesyen linear & sirkular/ Foto: pinterest.com/The R Collective

Circular fashion dilakukan dengan tujuan meminimalisir limbah tekstil yang terakumulasi di tempat pembuangan serta untuk mengurangi perilaku berbelanja konsumen. Fesyen sirkular memperpanjang masa hidup sebuah pakaian dengan memakainya berulang dan memperbaiki atau mendesain ulang jika sudah tidak dipakai. Tentu hal ini berbeda dengan fesyen linear di mana pakaian langsung dibuang jika sudah rusak atau tidak layak.

 

Penerapan Fesyen Sirkular oleh Brand

Sirkular fesyen oleh brand/
Sirkular fesyen oleh brand/ Foto: pexels.com/Ksenia Chernaya

Circular fashion bisa dilakukan siapapun, Beauties, baik dari pihak brand itu sendiri maupun konsumen. Kerjasama keduanya akan menciptakan siklus sirkular yang sempurna. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan brand saat menciptakan produk, yaitu desain pakaian yang tidak hanya mengandalkan tren semata, tapi desain yang timeless.

Selanjutnya, material yang digunakan harus tahan lama walaupun digunakan berulang serta biodegradable. Pembuatan harus dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan serta etis bagi para pekerja dan komunitas di sekitarnya. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pakaian tersebut bisa diperbaiki atau didesain kembali.

Penerapan Fesyen Sirkular oleh Konsumen

Sirkular fesyen oleh konsumen/
Sirkular fesyen oleh konsumen/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagai konsumen, Beauties bisa menerapkan circular fashion dengan cara memakai fashion items yang kamu beli lebih dari sekali atau sampai benda tersebut tidak bisa dipakai kembali. Jika sudah rusak, maka kamu bisa melakukan reparasi atau jika sudah usang, donasikan untuk di-upcycle atau didesain kembali. Selain itu, kamu juga menahan diri untuk berbelanja, kecuali sangat dibutuhkan, Beauties. Belanja barang preloved juga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendukung fesyen sirkular.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id