sign up SIGN UP

Lebih Dari 1 Dekade, Ini Sederet Fashion Trends 2010 yang Masih Digemari! Sudah Coba Semua?

Ida Ayu Putu Eka Marenita Putri | Beautynesia
Jumat, 29 Jul 2022 07:30 WIB
Lebih Dari 1 Dekade, Ini Sederet Fashion Trends 2010 yang Masih Digemari! Sudah Coba Semua?
caption

Berbicara mengenai fashion, seakan tidak ada habisnya, setiap tahunnya, fashion selalu memberikan trend-trend baru yang menjadikan banyaknya perubahan dalam cara berpakaian manusia. Beberapa fashion trends terkadang bersifat timeless (tak lekang oleh waktu).  Bisa dilihat street style, hingga saat ini masih menjadi primadona bagi kalangan penikmat mode, atau gaya berbusana ala Royal Family yang saat ini menjadi pusat perhatian.

Melansir dari Women's Wear Daily, berikut rekapan sejumlah fashion trend yang muncul dari tahun 2010. Mari simak beauties!

The Royal Effect

Royal family potraits/ foto: vogue.com
Royal family potraits/ foto: vogue.com

Gaya berbusana ala Royal Family, belakangan ini menjadi salah satu idaman bagi para penikmat mode. Di tahun 90-an, Lady Diana menjadi salah satu anggota kerajaan yang paling banyak mendapat atensi terkait fashion style yang ia gunakan. Sama seperti Lady Diana, kedua Duchess yakni Kate dan Meghan tampaknya mewarisi bakat fashion style yang dipunya oleh sang ibu mertua. Kedua Duchess tersebut membuktikan setiap pakaian yang mereka kenakan memiliki sentuhan ajaib di dalamnya, yang kemudian berhasil meningkatkan daya beli konsumen.

Sebut saja Kate, dengan berpegang pada aturan kerajaan, pakaian seperti mantel, gaun lengan panjang selutut, celana panjang berpinggang tinggi, hingga sepatu hak tinggi, menjadi salah satu pakaian dengan harga jual tinggi, atau Meghan yang berhasil meningkatkan nilai jual para desainer kecil dan baru seperti Mackage dan Grenta Constantine, Aritzia, Club Monaco, hingga Reformation.

Street Style

Street style from paris fashion week/ foto: harpersbazaar.com
Street style from paris fashion week/ foto: harpersbazaar.com

Street Style telah muncul sejak tahun 80-an, namun baru mulai berkembang di tahun 2010-an. Perkembangan street style sendiri dipengaruhi oleh adanya internet dan media sosial. Semakin berkembang pesat, street style menjadi salah satu tren fashion yang digemari masyarakat, bersifat santai dan casual, menjadikan street style sebagai gaya pakaian yang paling mudah untuk ditiru. Umumnya tampilan street style, hanya bermodal sweater, t-shirt, jeans, dan sneaker, namun seiring berjalanannya waktu, sudah banyak modifikasi pada tampilan street style.

Awalnya street style hanya dijadikan sebagai gaya jalanan saja, tetapi perkembangannya yang pesat membawa street style merambah ke penjualan pakaian. Sebut saja seperti Nike, Adidas, hingga Supreme yang kini mulai menghadirkan seri street style pada setiap koleksinya. Beberapa kali street style juga mulai ditampilkan pada pagelaran mode besar, seperti Fashion Week di beberapa negara.

Athleisure

Gigi Hadid on Athleisure outfit/foto: pinterest.com/ @whowhatwearuk
Gigi Hadid on Athleisure outfit/foto: pinterest.com/ @whowhatwearuk

Tren fashion satu ini memiliki kemiripan dengan street style, pakaiannya yang casual dan santai, perbedaannya terletak dari gaya sporty yang ditunjukkan dalam fashion tren ini. Istilah athleisure ini mulai muncul di publik sekitar tahun 2014, dan hingga saat ini athleisure masih menunjukkan popularitasnya di dunia fashion. Banyak selebriti yang sangat menyukai tren athleisure ini, sebut saja Gigi Hadid, hingga ia dikenal sebagai Queen of Athleisure, Hailey Bieber, hingga Jennie Blackpink kerap kali terlihat berpenampilan athleisure.

Tidak hanya terbatas pada fashion, tren athleisure sendiri juga mulai merambah ke industri kecantikan, dimana sejumlah merek mulai menawarkan produk untuk perawatan kulit sebelum dan sesudah berolahraga. Perkembangannya yang stabil, menjadikan beberapa brand sukses dalam perkenalan koleksi athleisure milik mereka, sebut saja Outdoor Voices, Vuori Clothing hingga Bandier.

Flower Crown

Flower crown with casual outfit/ foto: pinterest.com/ @gigiandolive
Flower crown with casual outfit/ foto: pinterest.com/ @gigiandolive

Di tahun 2011 hingga 2015, flower crown menjadi aksesoris paling laris digunakan oleh para khalayak umum. Kemunculan flower crown tersebut, dimulai ketika beberapa selebriti ternama menggunakan flower crown sebagai aksesori untuk mempercantik penampilan mereka. Sebelumnya flower crown lebih sering terlihat pada pesta pernikahan. Namun, berkat penampilan memukau Lana Del Rey dan juga Vanessa Hudgens di Coachella pada saat itu, menjadikan permintaan flower crown meningkat, dan menjadikan trend fashion selama beberapa waktu. Kental dengan suasana bohemian, flower crown menjadi atribut yang paling banyak digunakan ketika berhubungan dengan festival fashion.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id