sign up SIGN UP

Netizen China Panik Lihat Harga Tas Chanel Naik Lagi! Ternyata....

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 10:30 WIB
Netizen China Panik Lihat Harga Tas Chanel Naik Lagi! Ternyata....
caption
Jakarta -

Kenaikan harga tas mewah memang selalu terjadi di setiap tahun. Namun kepanikan karenanya selalu dialami konsumen, baik itu karena persentase kenaikan ataupun jumlah barang yang terbatas sehingga perjuangan untuk mendapatkannya akan terasa semakin sulit.
Baru-baru ini para netizen di China dilanda kepanikan pasca mendapati kenaikan harga tas Chanel Classic Flap di situs resmi Chanel Hong Kong.

Laman Women's Wear Daily melaporkan bahwa seorang netizen China mengunggah screenshot dari situs Chanel Hong Kong di media sosial Xiaohongshu. Dalam tangkapan layar tersebut, harga tas Chanel Classic Flap dinilai naik sekitar 10 persen jadi 76.650 HK Dollar atau sekitar Rp145 jutaan.
Terkait kehebohan ini, pihak Chanel pun segera mengeluarkan pernyataan. Bahwa telah terjadi glitch atau eror di situs mereka. Tak lama harga pun kembali berubah normal.

Wajar jika para penikmat mode panik jika hal ini benar adanya terjadi. Chanel merupakan brand mewah yang paling sering memberlakukan kenaikan harga. Dalam setahun terakhir, Chanel sudah menaikkan harga sebanyak tiga kali untuk tas Classic Flap.
Bruno Pavlovsky selaku President of Fashion & Chanel SAS mengatakan bahwa kenaikan harga ini bertujuan agar tidak terjadi ketimpangan harga antar negara dan setiap konsumen bisa mendapatkan value yang sama.

PARIS, FRANCE - OCTOBER 05: A guest wears a white long coat, a white shopping bag from Chanel, a black shiny grained leather shoulder bag from Chanel, outside Chanel, during Paris Fashion Week - Womenswear Spring Summer 2022, on October 05, 2021 in Paris, France. (Photo by Edward Berthelot/Getty Images)PARIS, FRANCE - OCTOBER 05: A guest wears a white long coat, a white shopping bag from Chanel, a black shiny grained leather shoulder bag from Chanel, outside Chanel, during Paris Fashion Week - Womenswear Spring Summer 2022, on October 05, 2021 in Paris, France. (Photo by Edward Berthelot/Getty Images)/ Foto: Getty Images/Edward Berthelot

"Objektif kami adalah agar bisa menyetarakan harga di semua tempat agar tidak terjadi ketimpangan antara satu sama lain. Ini merupakan hal yang penting bagi konsumen kami, karena ini adalah cara paling transparan dalam menjangkau mereka. Sekarang sudah tidak layak untuk membandingkan harga yang dibayar konsumen di China dengan di Amerika. Adalah hal yang normal jika mereka membayar dengan harga yang sama untuk sebuah produk," terangnya seperti dikutip dari Women's Wear Daily.

Kelangkaan Barang Jadi Pemicu Kepanikan Lainnya

Chanel Fall/Winter 2022Chanel Fall/Winter 2022/ Foto: Courtesy of Chanel

Dapat dikatakan selain frekuensi kenaikan yang sering, kepanikan konsumen juga dilatari bahwa langkanya tas Chanel Classic Flap. Meski barang preloved nya banyak beredar, namun di butik tas ikonis tersebut terbilang sulit dibeli di butik Chanel.

Pengurangan kapasitas produksi ketika pandemi Covid-19 jadi awal mula akan kelangkaan tas ini di butik.
Tingginya minat konsumen, membuat Chanel memberlakukan kuota pembelian akan tas ini. Dihimpun dari Pursebop, setiap konsumen hanya berhak membeli dua tas Chanel Classic Flap per tahunnya.

Chanel ad campaignChanel ad campaign/ Foto: Courtesy of Chanel

Tak sedikit yang menilai bahwa upaya ini dilakukan Chanel demi bisa menyaingi Hermès yang memang terkenal akan citra eksklusif dan aturan ketatnya untuk pembelian tas Birkin dan Kelly.

Namun hal ini kembali dibantah oleh Bruno Pavlovsky.

"Koleksi tas Hermès amat lah luar biasa, namun kreasi tas kami berbeda. Baik dari segi konstruksi dan material. Bahkan cara memakainya pun berbeda. Memang benar, kami bersaing dengan Hermès, namun kami bukan berkompetisi secara spesifik untuk sebuah tas saja," terangnya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id