sign up SIGN UP

Terjerat Skandal, Para Selebriti China Ini Dipecat oleh Brand Mewah! Dari Dugaan Penelantaran Anak hingga Kasus Pemerkosaan

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 10:30 WIB
Terjerat Skandal, Para Selebriti China Ini Dipecat oleh Brand Mewah! Dari Dugaan Penelantaran Anak hingga Kasus Pemerkosaan
Foto: dok. Instagram kriswu
Jakarta -

Bisa bekerja sama dengan label mewah bertaraf internasional tentu jadi impian para selebriti. Sayangnya ketika mereka berhasil menggapai impian tersebut, sebuah skandal bisa menghancurkan segalanya. Tak hanya bagi selebriti bersangkutan tapi juga brand. Meski tidak terlibat namun brand bisa kena getahnya karena terlanjur pernah menjalin kerja sama.

Apalagi jika hal ini terjadi di negara China yang merupakan pasar utama barang mewah. Citra brand di mata publik dan bagaimana brand tersebut bisa menghormati budaya dan aturan yang berlaku selalu jadi sorotan. Salah membuat konsep pemasaran bisa berujung boikot.

"Memboikot para brand telah jadi sebuah rutinitas bagi netizen China ketika brand tersebut terlibat dengan bintang yang terjerat skandal. Jika brand tidak bertindak secara cepat, penjualan dan reputasi akan pasti terdampak," ujar Ye Chen seorang analis dari Reach24h dikutip dari Glossy.

Tindakan yang sering dilakukan para brand adalah langsung memutus kontrak dan menghapus semua foto atau aktivitas mereka dengan artis yang terjerat skandal. Lalu siapa saja selebriti China yang diputus kontraknya karena terjerat skandal? Berikut ulasannya.

Kris Wu

Kris wu/Foto: Instagram/kriswuKris wu/Foto: Instagram/kriswu

Penyanyi Kris Wu yang sebelumnya tergabung di boyband EXO kehilangan kontraknya dengan sejumlah brand besar seperti Louis Vuitton, Bulgari, dan Porsche pasca terjerat kasus pemerkosaan terhadap gadis di bawah umur. Keputusan ini diambil sekalipun kala itu Kris Wu membantah atas tuduhan tersebut. Kini ia sudah ditahan oleh pemerintah China dan masih menjalani proses persidangan.

Zheng Shuang

Zheng ShuangZheng Shuang/ Foto: Prada

Baru seminggu ditunjuk jadi brand ambassador oleh Prada, aktris Zheng Shuang langsung diputus kontraknya oleh label asal Italia tersebut. Penyebabnya adalah Zheng dituduh oleh mantan pasangannya yakni Zhang Heng, telah menelantarkan dua anak mereka yang lahir dari ibu pengganti di Amerika Serikat.

Melalui akun Weibo miliknya Zhang menceritakan ia bertahan di Amerika Serikat demi menjaga dua buah hatinya tersebut. Setelah media China menemukan akte kelahiran kedua anak tersebut dan memuat nama Zhang dan Zheng sebagai orangtua, muncul seseorang yang mengaku teman Zhang dan kemudian merilis rekaman pembicaraan kedua pasangan tersebut.

Kala itu keduanya sudah berpisah dan mendiskusikan nasib dari anak yang masih ada di kandungan si ibu pengganti. Zheng terdengar mengusulkan agar si Ibu pengganti melakukan aborsi. Sementara ayah sang aktris memberi ide untuk anak tersebut diadopsi orang lain.

Masyarakat China dengan segera mempertanyakan sikap Prada atas Zheng, yang kemudian berakhir dengan pemutusan kontrak.

Zhang Zhehan

Zhang ZhehanZhang Zhehan/ Foto: Internet

Dinilai tidak peka terhadap sejarahnya, aktor Zhang Zhehan kehilangan kontrak kerja sama dengan brand seperti Pandora dan Lanvin yang bahkan langsung menghapus foto Zhang di akun media sosialnya.

Pada Agustus 2021 lalu, Zhang mengunggah foto ke media sosial saat sedang mengunjungi kuil Yasukuni di Tokyo, Jepang. Di Jepang, kuil tersebut jadi bentuk penghormatan bagi para pahlawan mereka yang gugur di Perang Dunia.

Bagi negara China yang pernah dijajah Jepang selama Perang Dunia II, kedatangan Zhang ke kuil tersebut dianggap kurang peka.

Zhang langsung merilis permintaan maaf. Laman Jing Daily melaporkan pernyataan tersebut mendapat kritikan pedas dari media pemerintah yakni People's Daily yang menuliskan "Sebagai tokoh publik, ia kurang pengetahuan akan sejarah dan sama sekali tidak menyadari trauma yang dialami bangsa ini, sungguh tidak masuk akal".

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id