sign up SIGN UP

10 Karya Arsitektur Ridwan Kamil yang Telah Mendunia, Nggak Disangka Ada Marina Bay Singapura!

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 08:10 WIB
10 Karya Arsitektur Ridwan Kamil yang Telah Mendunia, Nggak Disangka Ada Marina Bay Singapura!
Deretan Karya Arsitektur Ridwan Kamil yang Telah Mendunia/Foto: Nur Azis/detikcom
Jakarta -

Ridwan Kamil, ia adalah Gubernur Jawa Barat yang begitu dekat dengan masyarakat. Di laman Instagramnya, ia sering mengunggah deretan konten lucu yang menarik masyarakat luas. 

Sebelum menjabat sebagai Gubernur, ternyata ia pernah bekerja sebagai seorang arsitek. Ia kuliah dengan jurusan teknik arsitektur di ITB, sebelum pergi ke Amerika Serikat untuk magang di firma arsitektur dan mendapat beasiswa tahun 1999 untuk belajar di College of Environmental Design, University of California. 

Sebagai seorang arsitek, sosok Ridwan Kamil ini ternyata telah merancang banyak bangunan ikonik di Indonesia dan negara-negara lain di Asia lewat firma arsitektur yang ia bangun, Urbane. 

Di laman Instagram pun, ia sering kali membagikan potret saat tengah membuat rancangan masjid-masjid, permintaan masyarakat daerah tersebut. Tak kalah mengagumkan, ia merancangnya dengan sukarela.

Berikut adalah 10 hasil mahakarya arsitektur yang dirancang oleh Ridwan Kamil. Simak yuk!

1. Museum Tsunami Aceh

Ridwan Kamil kunjungi Museum Tsunami AcehRidwan Kamil kunjungi Museum Tsunami Aceh/ Foto: Yudha Maulana

Beauties, seperti yang kita tahu, bencana tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam begitu mendunia. Tsunami dahsyat yang meluluhlantakkan, hingga banyak kehancuran, korban jiwa, dan kehilangan. 

Pada 2009 lahirlah Museum Tsunami Aceh yang sekaligus sebagai pengingat peristiwa. Siapa sangka, museum ini ternyata hasil rancangan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Tahun 2007, ia memenangkan sayembara desain Museum Tsunami tingkat internasional. Usai memenangkan, barulah dimulainya pembangunan.

Salah satu tempat terbaik di museum ini adalah Sumur Doa. Yang mana merupakan dinding menjulang tinggi dengan lafadz Allah di atasnya, lalu sekeliling dinding ada nama-nama korban yang meninggal akibat tsunami.

2. Marina Bay Waterfront Master Plan

Singapore, Singapore - April 24, 2018: Singapore skyline view during sunset. In the picture the Marina Bay Sands hotek, the Helix Bridge and the ArtScience MuseumMarina Bay Singapura/ Foto: iStock

Berkunjung ke Singapura, rasanya tak lengkap tanpa mengunjungi dan berfoto ria dengan pemandangan Marina Bay Waterfront Master Plan ini ya, Beauties. 

Nah ternyata, Marina Bay pun termasuk salah satu mahakarya Ridwan Kamil. Ia menjadi salah satu orang Indonesia yang turut andil dalam proyek Marina Bay yang menjadi ikonik di Singapura ini. 

Dalam wawancaranya, Ridwan Kamil mengatakan jika bentuk bangunannya ditandai dengan ikon kapal yang berdiri di atas tiga gedung pencakar langit sebagai fondasinya. Hayo... pasti kamu baru tahu bukan, Beauties?

3. Masjid 99 Kubah

Masjid Asmaul Husna 99 KubahMasjid Asmaul Husna 99 Kubah/ Foto: Sulselprov.go.id

"Indah dan megah", menjadi dua kata singkat yang menggambarkan Masjid 99 Kubah di Makassar ini. Saat masih menjadi Walikota Bandung, ternyata ia pernah mendesain salah satu masjid terbaik di Tanah Air ini. 

Ridwan Kamil mengatakan jika ia mendesain masjid ini atas permintaan Gubernur Sulawesi Selatan saat itu, pada 2016-2017. Adapun masjid ini dibangun dengan 99 kubah, yang mengikuti Asmaul Husna.

4. Masjid Al Mumtadz

Masjid Al Mumtadz menjadi sorotan karena lokasinya berdekatan dengan makam putra sulung Ridwan Kamil, Eril. Bangunan tersebut dirancang oleh Ridwan Kamil.Masjid Al Mumtadz / Foto: Tangkapan Layar Video Instagram @ridwankamil

Kepulangan putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz, beberapa waktu luka menyisakan duka tak hanya untuk keluarga besar, tapi juga masyarakat dunia. Meski demikian, tak terus terpuruk, justru keluarga besar Ridwan Kamil membuatkan masjid istimewa yang akan berdekatan dengan makam putranya. 

Masjid Al Mumtadz namanya. Nama masjid ini diambil dari nama akhir Eril, yang memiliki arti Terbaik. Saat ini pun, masjid tersebut tengah proses pembangun.

Beauties, itu dia beberapa mahakarya Ridwan Kamil yang mendunia. Masih ada daftar lainnya lagi, baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id