STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

BUZZ CORNER

3 Content Creator Perempuan Indonesia yang Mendukung Gerakan Feminisme

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 18:15 WIB
3 Content Creator Perempuan Indonesia yang Mendukung Gerakan Feminisme

Banyak pencapaian telah diraih para feminis untuk memperjuangkan kesetaraan gender. Hak ini tidak lepas dari peran serta banyak tokoh masyarakat, tak terkecuali dari kalangan content creator di dunia maya. Konten-konten yang menarik terkait isu pembatasan hak perempuan telah membuka mata banyak orang tentang pentingnya memberikan hak yang sederajat pada semua manusia, termasuk perempuan.

Para perempuan Indonesia ternyata juga ikut ambil bagian dari pencapaian saat ini. Para content creator ini sangat aktif menyuarakan hak perempuan lewat konten-konten yang dikemas apik dan inspiratif. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa kreator perempuan Indonesia yang mendukung feminisme.

1. Gita Savitri Devi

Gita Savitri Devi/Foto: Instagram.com/gitasav
Gita Savitri Devi/Foto: Instagram.com/gitasav

Gita Savitri Devi adalah perempuan Indonesia yang memutuskan menetap di Jerman sejak menempuh pendidikan Kimia Murni di Freie Universit├Ąt Berlin. Dia dikenal karena pemikirannya yang open minded namun sangat kritis mengangkat berbagai isu sosial, terutama berkaitan dengan perempuan dan kesetaraan gender.

Perempuan yang juga akrab disapa Gitasav ini cukup aktif mengunggah konten di YouTube, TikTok, dan Instagram dan membicarakan problematika patriarki yang membelenggu perempuan. Lewat berbagai unggahan yang dipublikasikan, dia berusaha membuka mata publik untuk melawan maskulinitas di berbagai kalangan.

Sebagai kreator, Gitasav sempat menjadi sorotan karena memutuskan untuk tidak memiliki anak bersama suaminya (childfree). Namun terlepas dari itu, dia memiliki cukup banyak penggemar di dunia maya, yang terlihat dari jutaan orang yang mengikuti akun media sosial dan YouTube-nya. Hal ini dikarenakan perjalanan hidupnya yang penuh kerja keras untuk bisa mencapai kesuksesan. Perjalanan dan konten Gitasav bisa kamu temukan di akun YouTube: Gita Savitri Devi, TikTok: @therealgitasav, dan Instagram: gitasav.

2. Erryen

Erryen/Foto: TikTok.com/@erryen
Erryen/Foto: TikTok.com/@erryen

Pemilik akun TikTok bernama @erryen ini cukup vokal menyuarakan isu kesetaraan gender di media sosial. Hal ini terlihat dari sebagian besar konten yang menyoroti problematika perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam halaman profilnya dia telah terang-terangan menuliskan tagar #lawanpatriarki.

Hal-hal menarik dari unggahannya adalah Erryen sering menampilkan hal-hal receh dalam kehidupan perempuan, namun berperan besar dalam pemberdayaan perempuan. Dia menyoroti bagaimana kehidupan rumah tangga, mendidik anak, hingga omongan tetangga yang umum namun sebenarnya sangat tidak relevan dengan kesetaraan gender.

Bukan hanya sekedar memberikan paparan isu feminisme dengan cara yang kocak dan menarik, Erryen juga sering menyampaikan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa kesetaraan gender bukan hal yang tidak diakui dalam agama.

Erryen sendiri saat ini telah memiliki jutaan pengikut di TikTok. Selain sebagai kreator, perempuan berhijab ini juga berprofesi sebagai seller online yang menyediakan berbagai produk perempuan. Ikuti unggahan Erryen pada akun TikTok: @erryen.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE