sign up SIGN UP

4 Cara Belajar Biar Nggak Gampang Bosan dan Cepat Paham, Pelajar Wajib Tahu!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 17:30 WIB
4 Cara Belajar Biar Nggak Gampang Bosan dan Cepat Paham, Pelajar Wajib Tahu!
Deretan Cara Belajar Biar Nggak Gampang Bosan/Foto: Freepik.com/jcomp

Belajar merupakan kebutuhan sekaligus kewajiban untuk para pelajar. Baik anak SD, SMP, SMA, hingga Mahasiswa sekalipun. Belajar membantu untuk lebih memahami apa yang telah disampaikan oleh pengajar di kelas serta menambah wawasan dalam berbagai hal.

Sebagaimana rutinitas pada umumnya, adakalanya belajar juga terasa sangat membosankan. Oleh karena itu setiap pelajar perlu membangun kebiasaan belajar yang cocok untuk diri sendiri agar tidak mudah bosan saat belajar.

Sehingga bisa menjadikan semakin fokus mengerjakan pekerjaan rumah (PR), tugas kelompok, maupun ujian sekolah. Nah, berikut 4 cara agar belajar tidak membuatmu bosan. Simak yuk!

1. Buat Jadwal Teratur

jadwal membuat kita belajar tertib
ilustrasi jadwal belajar/foto: pinterest.com/joyy

Pepatah Jawa mengatakan, witing tresno jalaran seko kulino yang artinya cinta hadir karena terbiasa. Hal ini bisa juga dipakai saat seseorang ingin fokus untuk belajar.

Dengan adanya jadwal teratur, di jam yang sama setiap harinya akan memudahkan mereka untuk mempersiapkan dan relax saat belajar. Lama-lama belajar akan menjadi kebiasaan karena dilakukan lagi dan lagi.

2. Garis Bawahi Poin Penting dengan Spidol Warna-warni

menggaris bawahi buku hampir sama dengan merangkum
annotation/foto: pinterest.com/E

Setiap warna dipercaya memiliki maknanya masing-masing. Warna juga membuat sesuatu menjadi enak dilihat.

Misalnya saja saat seseorang dapat dengan mudah mendapat inti dari suatu bacaan saat membaca kembali buku yang telah ia garis bawahi sebelumnya. Selain itu, highlight spidol warna-warni juga membantu seseorang agar lebih fokus dan tidak mengantuk selama proses belajar.

3. Buat Rangkuman Setiap Mata Pelajaran

rangkuman pelajaran mempermudah saat belajar
rangkuman pelajaran/foto: pinterest.com/Samiha Siddiqua

Rangkuman merupakan ringkasan yang dibuat dari apa yang telah seseorang dengar, lihat, maupun pelajari. Sama halnya dengan meng-highlight materi, rangkuman juga berguna untuk mendapatkan dan memahami poin inti dari bab tersebut.

Sehingga tidak perlu menghabiskan waktu lagi untuk membaca ulang keseluruhan materi. Singkatnya, rangkuman membantu dalam menghemat waktu, tenaga, dan juga pikiran.

4. Jauhi Barang yang Mengganggu Fokus

Aplikasi chatting favorit orang KoreaPonsel/Foto: gizguide.com

Teknologi membuat banyak orang lebih fokus pada apa yang ada di dalam layar daripada kenyataan yang ada. Bisa dibilang, ponsel merusak konsentrasi saat belajar.

Bagaimana bisa? Bayangkan saja saat sedang fokusnya belajar ada deringan ponsel, bikin hilang fokus kan? Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyimpan semua barang yang mengganggu fokus saat waktunya belajar. Sehingga materi yang dipelajari bisa dipahami dengan baik.

Itulah 4 cara agar belajar tak lagi membuatmu bosan, beauties. Apakah kamu juga punya tips jitu dalam belajar juga yang belum orang tahu? Share yuk!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id