sign up SIGN UP

Bukan Belajar atau Baca Buku, Ini 3 Kegiatan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasanmu! Cobain Deh!

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 13:45 WIB
Bukan Belajar atau Baca Buku, Ini 3 Kegiatan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasanmu! Cobain Deh!
caption
Jakarta -

Setiap orang membawa kecerdasan yang berbeda-beda ketika lahir ke dunia. Namun, seiring bertambahnya usia, kecerdasan pada setiap orang bisa mengalami perubahan, baik itu menurun atau bahkan meningkat.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa literasi dan penelitian mengatakan bahwa membaca dan terus belajar adalah dua cara untuk meningkatkan kualitas berpikir dan kecerdasan.

Itu tidak salah. Namun, ada kegiatan lain atau kebiasaan lain yang juga bisa mendukung peningkatan kecerdasan otak. Tentunya, kegiatan-kegiatan itu merupakan upaya mempraktikkan kebiasaan gaya hidup yang mendukung dan melindungi otak kamu, Beauties.

Orang cerdasOrang cerdas. / Foto: Getty Images/iStockphoto/BartekSzewczyk

Seperti beberapa kebiasaan gaya hidup berikut ini, misalnya. Dihimpun dari Health Line, kebiasaan berikut ini bisa membantu meningkatkan kecerdasan kamu secara keseluruhan. Apa saja?

Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk fungsi otak. Dikutip dari Health Line, menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2018, olahraga ringan bisa meningkatkan aktivitas di hippocampus, yaitu bagian yang terlibat dalam memori.

Olahraga Angkat Beban/freepik.com/freepikIlustrasi olahraga. (Foto: freepik.com/freepik)

Selain itu, olahraga juga meningkatkan hubungan antara hippocampus dengan daerah otak lain yang mengatur memori. Penelitian pada 2014 juga mendukung hal ini. Penelitian tersebut menemukan bahwa olahraga meningkatkan volume hipokampus.

Kamu nggak perlu berolahraga keras, kok, Beauties. Cukup melakukan olahraga ringan secara teratur untuk menikmati manfaat kognitif dari olahraga. Kamu bisa berjalan, yoga, atau nge-gym untuk meningkatkan fungsi otak kamu.

Tidur Cukup

Tidur bukan hanya sebagai salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Lebih dari itu, tidur juga penting untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal. Pasalnya, ketika tidur, otak kamu menggabungkan ingatan yang kamu bentuk sepanjang hari, Beauties.

Tidur yang cukup/freepik.com/drobotdeanTidur yang cukup. (Foto: freepik.com/drobotdean)

Ditambah, tidur juga meningkatkan kemampuan otak kamu untuk mempelajari informasi baru ketika kamu bangun. Penelitian pada 2019 menunjukkan bahwa bahkan kurang tidur yang ringan berdampak pada cara kerja memori otak.

Main Alat Musik

Jika kamu kurang tertarik untuk membaca buku, kamu bisa mencoba untuk memainkan alat musik, Beauties. Dikutip dari Health Line, memainkan alat musik bisa meningkatkan kecerdasan dengan cara yang menyenangkan. Kok bisa?

Bisa, dong. Pasalnya, kegiatan ini melibatkan beberapa keterampilan, seperti persepsi pendengaran, koordinasi fisik, penyimpanan, dan pengenalan pola. Menurut penelitian, keterlibatan tersebut menantang kemampuan sensorik dan kognitif kamu.

Ilustrasi ibu dan anak main alat musik gitarIlustrasi ibu dan anak main alat musik gitar. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph

Bahkan, jika kamu sama sekali tidak bisa memainkan alat musik, jangan takut untuk memulai, karena tidak ada kata terlambat untuk menjadi cerdas. Kamu bisa belajar dari materi-materi yang tersebar di internet.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id