sign up SIGN UP

4 Cara Unik Menabung Uang Recehan Jadi Jutaan, Wajib Dicoba Nih!

Shinta Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 24 Jul 2021 21:15 WIB
4 Cara Unik Menabung Uang Recehan Jadi Jutaan, Wajib Dicoba Nih!
caption

Menabung merupakan salah satu cara efektif untuk menyisihkan uang dan menggunakannya di saat darurat, atau bisa juga digunakan sebagai investasi. Dengan menabung, kamu juga bisa membeli barang yang sudah lama kamu inginkan.

Seperti yang diulas dalam detikOto, sepasang suami istri bahkan bisa membeli mobil impian dengan menggunakan tabungan recehan yang terkumpul hingga ratusan juta.

Mungkin kamu berpikir bahwa menabung adalah hal yang sulit. Padahal dengan menabung kamu bisa merasakan beberapa manfaat seperti, bisa lebih berhemat, terampil mengelola keuangan, memiliki dana cadangan, dan bisa diinvestasikan menjadi sumber penghasilan sampingan.

Jika kamu merasa sulit untuk menabung, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan recehan dengan cara unik seperti berikut ini.

Mengumpulkan Koin

koin
Menabung koin/ Foto: freepik.com

Meski nominalnya kecil, namun jika kamu bisa mengumpulkan koin dalam jumlah banyak maka lama-kelamaan nominalnya juga bisa besar, lho. Kamu bisa mengumpulkan koin yang mungkin terselip dalam saku, dalam dompet, atau ketika mendapatkan kembalian dari minimarket.

Koin-koin tersebut bisa kamu masukkan ke dalam toples atau celengan. Jika sudah penuh, kamu bisa gunakan toples kosong lainnya. Ketika sudah banyak toples atau celengan yang terisi penuh, kamu bisa hitung dan akan terkejut dengan jumlahnya yang tidak sedikit itu.

Menabung Sesuai Tanggal

kalender
Menabung sesuai tanggal/ Foto: freepik.com

Cara ini mungkin sudah banyak dilakukan, karena selain mudah kamu juga bisa mengira-ngira jumlah uang yang mungkin sudah terkumpul. Menabung sesuai tanggal bisa kamu lakukan dengan menyisihkan uang sesuai angka pada kalender.

Misal di tanggal 1 kamu menabung sebanyak Rp 1000, kemudian di tanggal 2, kamu menabung sebanyak Rp2 ribu, dan seterusnya hingga akhir bulan. Bukan tidak mungkin kamu mengumpulkan uang sekitar 400 ratus ribuan setiap bulannya atau sekitar 5 jutaan setiap tahunnya. Wah, jumlah yang lumayan ya, Beauties!

Menyingkirkan Uang Recehan di Dompet

uang receh
Menyisihkan uang receh/ Foto: freepik.com

Cara unik menabung selanjutnya adalah dengan menyisihkan uang recehan dari dompet. Kamu bisa menentukan sendiri uang recehan yang bisa disisihkan. Misal kamu berniat menyisihkan uang dengan nominal di bawah Rp10 ribu dari dompet. Maka jika ada uang koin, uang seribuan, uang dua ribuan, dan uang lima ribuan, kamu bisa singkirkan dan masukkan ke dalam celengan.

Semakin banyak uang receh di dalam dompet, maka kamu akan sering-sering menabung. Namun kuncinya, kamu harus konsisten ya, Beauties!

Menabung Rp20 Ribuan

uang 20 ribuan
Uang 20 ribuan/ Foto: freepik.com

Cara menabung yang satu ini terhitung unik. Peraturannya adalah, jika kamu menemukan selembar uang dengan nominal 20 ribuan baik di dompet atau hasil kembalian, maka kamu wajib menyisihkannya untuk ditabung. Jika dalam satu hari kamu memiliki 5 lembar uang 20 ribuan, maka kamu wajib memasukkan semuanya ke dalam celengan.

Tidak harus 20 ribuan, kamu bisa menentukan sendiri nominal uang kertas yang ingin kamu tabung. Semakin besar nominalnya, maka semakin besar pula jumlah uang yang terkumpul.

Nah, itu tadi beberapa cara unik untuk menabung. Selamat mencoba ya, Beauties!


Our Sister Site

mommyasia.id