sign up SIGN UP

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Rayakan Hari Raya Nyepi di Bali

ivanacete | Beautynesia
Kamis, 03 Mar 2022 10:00 WIB
4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Rayakan Hari Raya Nyepi di Bali
caption

Bulan Maret 2022 ini terasa spesial untuk teman-teman beragama Hindu karena ada satu hari raya yang ditunggu, yaitu Hari Raya Nyepi. Nyepi adalah satu perayaan umat Hindu, yang hanya ada di Indonesia, untuk memperingati Tahun Baru Saka.

Nah bicara tentang Hindu, Beauties pasti sudah tidak asing lagi pada satu pulau yang paling dikenal dengan adat dan budaya Hindu. Yap benar, Pulau Bali atau yang sering kita dengar Pulau Dewata.

Dilansir dari CNN Indonesia, Nyepi juga dikenal dengan larangannya yang unik. Dalam 1 hari itu, dimulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 pagi lagi keesokan harinya, ada 4 larangan yang tidak boleh dilanggar. Larangan Nyepi di Bali juga dikenal yang paling ketat di antara daerah lainnya.

Kalau kamu berencana liburan ke Bali pas Nyepi, coba perhatikan pantangan-pantangannya ya biar jangan sampai salah langkah. Simak yuk!

1. Amati Karya - Tidak Bekerja

Seorang Pecalang Memastikan Toko Tutup Saat Nyepi di Bali/Foto : news.detik.com/Aditya Mardiastuti
Seorang Pecalang Memastikan Toko Tutup Saat Nyepi di Bali/Foto : news.detik.com/Aditya Mardiastuti

Amati Karya berarti saat Nyepi, umat Hindu diharapkan untuk tidak sibuk pada pekerjaan duniawi. Tetapi mengambil waktu untuk sembahyang dan menemukan kedamaian batin lewat merenung.

Maka, tak heran bila Nyepi ditetapkan sebagai hari libur nasional. Di Bali, kamu akan menemukan hampir semua toko dan perkantoran tutup saat Nyepi. Beberapa instansi yang buka hanya yang yang bersifat darurat seperti rumah sakit, klinik, kantor polisi, dan pemadam kebakaran.

Pastikan saat Nyepi kamu udah punya banyak stok bahan makanan, camilan, dan keperluan yang kamu butuhkan ya Beauties.

2.  Amati Lelungan – Tidak Bepergian

Bandara Ngurah Rai Ditutup Saat Nyepi/Foto : news.detik.com/Aditya Mardiastuti
Bandara Ngurah Rai Ditutup Saat Nyepi/Foto : news.detik.com/Aditya Mardiastuti

Ini juga patut diperhatikan Beauties karena saat Nyepi, benar-benar tidak ada aktivitas apapun yang berkaitan dengan bepergian. Di hari raya Nyepi, tidak diperbolehkan reservasi hotel atau tempat penginapan apapun.

Selain itu, kamu tidak boleh mengendarai apa pun untuk ke mana pun. Tidak akan ada aktivitas transportasi apapun juga baik itu darat, laut, dan udara. Bandara, pelabuhan, stasiun bus dan kereta, bahkan jalan tol akan ditutup seharian.

Tidak hanya kendaraan, orang-orang juga dilarang bepergian keluar rumah. Untuk masjid dan mushola, diharapkan suara adzan tidak sampai terdengar ke luar. Kamu juga harus berjalan kaki kalau mau ke mesjid.

Kalau kamu tetap keluyuran tanpa ada kepentingan, bisa-bisa kamu ditertibkan sama pecalang atau petugas yang wajib menertibkan warga yang melanggar saat Nyepi.

3. Amati Geni – Tidak Ada Api/Listrik

Minim Polusi Cahaya Bikin Langit Malam Bali Jadi Keren Banget/Foto : news.detik.com/Fikri Yusuf
Minim Polusi Cahaya Bikin Langit Malam Bali Jadi Keren Banget/Foto : news.detik.com/Fikri Yusuf

Jangan heran kalau saat Nyepi, kamu tidak akan melihat satu rumah pun menyalakan lampu. Tempat penginapan pun tidak akan menyalakan lampu balkon.

Bahkan, wisatawan diharuskan menutup gorden hotel agar tidak ada cahaya yang keluar. Kalau kamu mau keluar dari tempat penginapan pun harus karena ada keperluan dan menggunakan senter.

Untuk teman-teman kita yang beragama Hindu dilarang menyalakan televisi dan handphone. Untuk pihak yang tidak merayakan Nyepi seperti tempat penginapan dan yang bukan beragama Hindu, boleh menonton tapi jaga agar suaranya tetap bervolume rendah. Boleh juga menyalakan lampu tapi cukup satu atau dua lampu dan jaga agar ruangan tetap remang.

4. Amati Lelaungan – Tidak Ada Hiburan

Hiburan Duniawi Dihentikan Sejenak Agar Fokus Beribadah/Foto : inet.detik.com/Agus Tri Haryanto
Hiburan Duniawi Dihentikan Sejenak Agar Fokus Beribadah/Foto : inet.detik.com/Agus Tri Haryanto

Saat Nyepi, tidak akan ada kafe ataupun mall yang buka. Bahkan berselfie ria, merekam kegiatan Nyepi dan mem-posting­-nya saat itu juga tidak diperbolehkan karena itu dianggap hiburan.

Dilansir dari detikNews, tidak akan ada saluran TV, radio dan internet data seluler. Internet tetap ada tapi untuk internet wifi di rumah maupun di tempat penginapan. Sinyal dan pulsa telepon seluler untuk telepon dan sms biasa juga masih bisa berjalan.

Wah, kalau kamu sedang di Bali pas Nyepi, berarti harus udah sedia stok YouTube offline dan jangan lupa download film ya Beauties.

Kalau semua serba dilarang, terus kita bisa apa ya Beauties? Saran buat kamu, coba deh amati bintang dan langit malam di Bali saat Nyepi. Pasti bagus banget karena minim polusi cahaya. Selain itu, kamu pun bisa lebih mendekatkan diri dengan keluarga di rumah dengan banyak mengobrol. Selamat mencoba dan Selamat Hari Raya Nyepi untuk Beauties yang merayakan!

[Gambas:Video Beautynesia]

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id